7 Landmark Nyeleneh di Seluruh Dunia, Bikin Geleng Kepala

Ada banyak patung, tugu maupun menara yang dibuat di dunia yang kemudian menjelma menjadi sebuah landmark terkenal dari daerah tempat keberadaannya. Sebagai contoh kecil sebut saja Patung Liberty di Amerika dan Menara Eiffel di Paris, Prancis. Kini mereka menjadi salah satu landmark yang paling banyak dikunjungi traveler di dunia.

Seiring berjalannya waktu kota-kota lain di dunia juga membangun landmark mereka sendiri dengan harapan dapat menarik wisatawan. Namun kadang-kadang ada patung atau tugu yang pembangunannya tidak ditujukan untuk kepentingan komersil akan tetapi tetap menarik perhatian traveler lantaran bentuknya yang unik dan menonjol diantara bangunan lainnya. Berikut Indonesia Flight kumpulkan aneka landmark yang paling nyeleneh di dunia.

1. Rumah Sepatu, Hellam, Pennsylvania, Amerika Serikat

Sebuah rumah di kawasan Hellam, Pennsylvania, Amerika Serikat menjadi landmark yang mengundang rasa penasaran traveler untuk datang dan melihatnya. Berbeda dari rumah kebanyakan, rumah yang satu ini memiliki bentuk yang nyeleneh menyerupai sebuah sepatu sehingga dinamakan Rumah Sepatu.

46-sepatu

Rumah Sepatu, Hellam, Pennsylvania, Amerika Serikat [image source]

Rumah Sepatu ini memiliki tinggi 8 meter dengan dominasi cat berwarna cokelat. Diketahui bahwa rumah berbentuk sepatu ini dibangun oleh seorang ahli pembuat sepatu yang bernama Kolonel Mahlon M. Haines di tahun 1948. Rumah ini terdiri dari tiga kamar tidur, dua kamar mandi, dapur dan ruang keluarga. Saat ini Rumah Sepatu telah dibuka untuk kepentingan wisata dan dimanfaatkan sebagai museum yang bisa dikunjungi wisatawan umum.

2. Starship Enterprise, Vulcan, Kanada

Ada satu kota kecil di Kanada yang memanfaatkan ketenaran film Star Trek untuk menjaring wisatawan berkunjung ke wilayahnya. Adalah Vulcan sebuah kota kecil yang terletak di antara kota Calgary dan Lethbridge atau berada di sisi selatan dari kota Alberta. Kebetulan nama kota ini sama dengan nama planet fiksi yang ada di film Star Trek dengan tokohnya bernama Spock yang memiliki telinga runcing dan potongan rambut yang unik.

47-pesawat

Starship Enterprise, Vulcan, Kanada [image source]

Kota ini kemudian membuat replika dari pesawat ruang angkasa Enterprise yang kini menjadi landmark yang begitu ikonik. Bukan hanya itu di kawasan tersebut juga dibangun obyek wisata bertema Star Trek lengkap dengan museum, hingga aneka zona bertema termasuk ruang Vulcan dimana traveler akan diajari menulis bahasa bangsa Vulcan yaitu Klingon. Inilah satu-satunya tempat di bumi yang diciptakan untuk mengobati kerinduan traveler pecinta film Star Trek.

3. Termometer Tertinggi di Dunia, Baker, California

Landmark paling unik bin nyeleneh berikutnya bisa kamu jumpai di kota Baker, California, Amerika Serikat. Sebuah termometer raksasa di letakkan di pinggir jalan yang kemudian banyak mencuri perhatian pengendara. Tak tanggung-tanggung alat pengukur suhu ini memiliki ukuran lebih dari 40 meter dan berfungsi dengan baik.

53-termometer-raksasa

Termometer Tertinggi di Dunia, Baker, California [image source]

Dari ujung jalan di Interstate 15, Baker, California, termometer raksasa ini sudah terlihat dengan jelas lantaran ukuran tingginya yang begitu menonjol. Keberadaan termometer ini semakin mengamini bahwa kawasan tersebut memang pas mendapat julukan sebagai The Gateway to Death Valley atau jalan menuju ke lembah kematian.

Pasalnya daerah di Baker ini terkenal memiliki suhu udara yang rata-rata lebih tinggi di banding daerah lain. Termometer ini secara teratur memberikan catatan temperatur lebih dari 100 derajat Fahrenheit di musim panas atau setara dengan 37,7 derajat Celcius. Bahkan pada tahun 1991 suhu di Baker tercatat mencapai angka tertingginya yakni 134 derajat Fahrenheit atau 56 derajat Celcius. Ini menjadi suhu tertinggi yang pernah tercatat terjadi di Amerika Serikat.

4. Patung Tarian Rakyat, Pekanbaru, Indonesia

Sepintas tidak ada yang aneh dengan patung yang berdiri di tengah jantung kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia ini. Patung yang menampilkan sosok pria dan wanita yang sedang menari ini berada tepat di perlintasan Jalan Sudirman dan jalan gajah Mada atau tepat berada di depan kantor Gubernur Provinsi Riau. Tapi inilah patung penuh kontroversi yang berada di waktu dan tempat yang salah.
57-tarian-rakyat
Patung Tarian Rakyat, Pekanbaru, Indonesia, via instagram

Mengapa dikatakan salah? Sebab patung ini banyak menuai polemik di kalangan warga, budayawan hingga ulama lantaran pose patung perempuan yang dianggap terlalu bahenol dan erotis. Hal ini merujuk pada budaya warga di Riau yang agamis sehingga menganggap patung tersebut tidak tepat berada disana. Namanya pun sempat gonta-ganti dari semula Tugu Zapin, Tugu Nol Kilometer hingga sekarang Patung Tarian Rakyat.

5. Buaya Tinju, Humpty Doo, Australia

Beralih ke Australia tepatnya di kota kecil bernama Humpty Doo. Kota ini terletak di Wilayah Utara Australia atau sebelah selatan dari Arnhem Highway, sekitar 40 km dari Darwin. Tidak jauh beda dengan kota-kota lain yang berada di benua Australia yang mana dikenal memiliki alam yang liar. Hewan-hewan buas bisa saja muncul di tengah perkotaan atau perumahan warga.

48-buaya

Buaya Tinju, Humpty Doo, Australia [image source]

Kota Humpty Doo ini punya cara yang lucu untuk menanggapi keliaran alam kotanya. Pada kawasan stasiun pengisian bahan bakar United atau yang dulu dikenal dengan Bush Shop dibuat patung buaya. Bukan dalam posisi yang biasa sebab buaya ini dibuat dengan posisi berdiri dengan memakai sarung tinju berwarna merah. Selain nyeleneh patung ini juga menjadi penanda bahwa kota Humpty Doo memang terkenal memiliki populasi buaya yang sangat besar.

6. Rumah Bengkok, Dudley, Inggris

Crooked House atau disebut juga rumah bengkok maupun rumah miring umumnya didesain untuk kebutuhan seni dan wisata. Rumah seperti ini memiliki struktur yang kokoh dengan menerapkan ilmu arsitektur yang penuh ketelitian. Namun crooked house yang satu ini beda, miringnya rumah ini terbentuk karena proses alami bukan suatu kesengajaan.

50-rumah-miring

Rumah Bengkok, Dudley, Inggris [image source]

Terletak di Dudley, Inggris, crooked house sebelumnya adalah rumah dari seorang petani yang kini telah dirubah fungsinya menjadi restoran. Menurut sejarah, rumah bengkok tersebut dibangun pada tahun 1765. Pada tahun 1800-an terjadi penambangan besar-besaran di kawasan tersebut yang mengakibatkan tanah amblas dan membuat sisi bangunan ikut tenggelam dan miring.

Pemerintah setempat sempat memerintahkan untuk merobohkan bangunan tersebut karena dianggap berbahaya. Namun perusahaan minuman Dudley Breweries menyelamatkan bangunan tersebut dengan membangun penopang yang kokoh dan mempertahankan bentuk miringnya. Akhirnya kini rumah tersebut malah menjadi landmark yang unik dari sebuah restoran dan bar di Inggris.

7. Telur Raksasa, Winlock, Washington, Amerika Serikat

Landmark terakhir berupa telur raksasa yang berada di Winlock, Washington, Amerika Serikat. Telur berukuran panjang 4 meter dengan berat lebih dari 3 kwintal ini diletakkan pada sebuah tiang penyangga dari baja dengan bagian bawahnya tertulis “telur terbesar di dunia.” Patung telur raksasa ini memang telah menjadi ikon sekaligus landmark kota tersebut yang menunjukkan bahwa Winlock adalah penghasil telur terbesar kedua di Amerika Serikat.

51-telur-raksasa

Telur Raksasa, Winlock, Washington, Amerika Serikat [image source]

Awalnya di tahun 1923 patung telur ini hanya terbuat dari kanvas hingga akhirnya diganti dengan versi plastik pada tahun 1944. Telur raksasa yang ada saat ini adalah hasil dari modifikasi yang dilakukan pada tahun 2000-an. Menariknya pada tahun 2001 saat terjadi serangan 11 September telur ini pernah di cat menyerupai bendera Amerika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *