Berpetualang Jelajahi Taman Batu di Ketinggian Padalarang, Kamu Berani?

Kalau bicara soal wisata Bandung, sebagian orang mungkin akan menyebutkan wisata belanja. Padahal, kota kembang ini juga punya potensi wisata lain yang nggak kalah menakjubkan. Salah satunya adalah wisata alamnya yang juga nggak kalah cantik dari kota-kota lainnya.

Di Bandung Barat, tepatnya di daerah Padalarang, terdapat sebuah wisata menarik yang dikenal dengan nama Stone Garden. Tempatnya berada di daerah dataran tinggi Bukit Moto, Tebing Keraton, Gunung Lembu. Lokasinya berada di puncak bukit Pasir Pawon di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Di ketinggian inilah, kamu akan menemukan hamparan tanah perbukitan luas dengan batu-batu yang menancap di lahan berumput tersebut. Itulah mengapa tempat ini disebut sebagai Stone Garden alias taman batu. Kini, tempat ini telah menjadi situs Geopark wilayah Bandung yang dijaga dan dirawat kelestariannya serta tidak boleh dieksploitasi sembarangan.

Stone Garden [via instagram account: rijalbadar]
Stone Garden [via instagram account: rijalbadar]
Di sini, kamu akan menemukan banyak bebatuan unik dalam segala bentuk dan macam. Ada yang berongga-rongga, tapi juga ada yang padat. Menurut cerita, daerah perbukitan ini dulunya berada di dasar laut. Tapi kemudian karena aktivitas bumi dan pergeseran lempeng-lempeng bumi, tempat ini kemudian terangkat hingga ke permukaan dan menjadi perbukitan seperti sekarang ini. Itulah kenapa di tempat ini banyak ditemukan bebatuan berongga seperti karang-karang yang biasa ditemukan di lautan.

Di ketinggian Stone Garden, kamu akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan. Pegunungan tinggi berbatu-batu dipadu dengan rerumputan yang tumbuh di sekitarnya akan membuatmu merasa seperti berada di negeri dongeng. Kalau kamu pernah melihat film Lord of The Ring, nah pemandangan pegunungan cantik seperti itulah yang akan menyambutmu.

Perbukitan Cantik dengan Taman Bebatuan [via instagram account: tika_moven]
Perbukitan Cantik dengan Taman Bebatuan [via instagram account: tika_moven]
Selain Stone Garden, kamu juga bisa menemui sebuah gua cantik di sini yaitu Gua Pawon. Gua ini kering dengan banyak ruangan di dalamnya menyerupai pintu-pintu dan jendela. Mulut gua memang sempit, tapi kamu masih bisa masuk dan menjelajahi bagian dalamnya dan masuk dengan sedikit menunduk.

Di bagian dalam gua akan terlihat agak gelap karena minim pencahayaan. Tapi di beberapa tempat ada lubang-lubang yang masih memungkinkan sinar matahari masuk dan menerangi beberapa bagian gua. Lantai gua juga berbentuk tanjakan dan turunan, sehingga kamu perlu berhati-hati saat menjelajahi bagian dalamnya.

Goa Pawon [via instagram account: pryabimantara]
Goa Pawon [via instagram account: pryabimantara]
Di gua inilah terdapat replika tulang manusia purba yang sedang meringkuk. Sedangkan yang asli telah dipindahkan ke Balai Arkeologi Bandung. Tulang belulang tersebut konon merupakan nenek moyangnya orang Sunda. Selain menyaksikan replika tulang manusia purba ini, kamu juga akan menemukan lubang-lubang yang menyerupai pintu dan jendela.

Melalui lubang-lubang di dalam gua inilah kamu bisa menyaksikan pemandangan cantik alam Bandung Barat dari ketinggian. Pepohonan hijau yang ada di sekitarnya membuat tempat ini terlihat makin eksotis dan menawan.

Goa Pawon [via instagram account: mfarhan58]
Goa Pawon [via instagram account: mfarhan58]
Dua tempat wisata yang unik dan keren ini masih berada dalam satu kawasan. Jadi sayang sekali kalau kamu melewatkan keduanya saat sedang berkunjung ke Bandung.

Nah, itulah tadi taman batu dan gua menakjubkan yang bisa kamu temukan di kawasan Bandung Barat. Pemandangan cantik ini bisa kamu dapatkan dengan rute yang nggak terlalu sulit dan biaya masuk yang sangat terjangkau. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan tempat mempesona ini, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *