Cantiknya Telaga Sarawandori, Keindahan yang Tersembunyi di Pulau Papua

Kalau bicara soal wisata di Papua, kebanyakan orang pasti langsung terbayang dengan indahnya Raja Ampat. Ya, Raja Ampat memang sangat menakjubkan, tapi banyak surga lain di Papua yang menyajikan keindahan yang nggak kalah luar biasa. Salah satunya adalah Telaga Sarawandori yang bagikan mutiara indah yang tersimpan dan tersembunyi di Papua.

Letaknya 10 kilometer ke arah Barat dari Kota Serui kurang lebih 15-20 menit perjalanan menggunakan mobil atau motor. Telaga ini terletak di Kampung Sarawandori dan masih belum terlalu dikenal oleh para wisatawan dari luar Papua. Jadi jangan heran jika kamu datang ke sini nanti, tidak banyak orang yang berwisata atau liburan di telaga yang cantik luar biasa ini.

Yang istimewa dari telaga ini adalah karena letaknya yang langsung terhubung ke Teluk Mioka di sebelah Utara telaga. Karena langsung terhubung dengan laut, maka air di telaga ini juga merupakan campuran dari air laut yang asin dan air danau yang tawar. Dari hasil gabungan ini pula menciptakan kolaborasi warna yang berlapis-lapis dan tampak begitu mempesona.

Telaga Sarawandori [via instagram account: william.johan]
Telaga Sarawandori [via instagram account: william.johan]
Di sisi dalam telaga, air akan terlihat berwarna lebih gelap kehijauan. Tapi di sisi yang dekat dengan luar telaga dan dekat dengan Teluk Mioka, air berwarna hijau muda dan biru. Gradasi warna ini masih dipercantik lagi dengan rerimbunan hutan yang penuh pepohonan hijau yang membuat suasana di sekitar danau makin terasa sejuk menyegarkan.

Warna airnya yang jernih membuat kamu bisa dengan mudah melihat bintang-bintang laut yang banyak ditemukan di dasar telaga. Sementara itu, hutan yang rimbun di tepi telaga juga membuat pemandangan telaga terlihat sempurna. Berenang dan bermain air di kawasan ini akan membuatmu makin merasa segar dan memanjakan mata kamu setelah lelah dengan rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Telaga cantik ini memang bisa dibilang masih perawan dan belum banyak dikunjungi kecuali oleh para penduduk lokal. Pemerintah Kabupaten Yapen kemudian membangun pondok-pondok untuk melengkapi fasilitas wisatawan di telaga ini.

Birunya Telaga Sarawandori [via instagram account: ayuriskaayu]
Birunya Telaga Sarawandori [via instagram account: ayuriskaayu]
Di Telaga ini, kamu bisa menyewa perahu dan berkeliling mendayung sambil menikmati keindahan telaga. Suasananya yang tenang dengan pemandangan indah dan sejuk akan memberikan sensasi tersendiri. Apalagi dengan keramahan penduduk di sekitarnya, kamu akan merasa seperti berada di surga dunia yang ramah, indah, dan menakjubkan!

Selain pemandangannya yang cantik, telaga ini ternyata juga punya kisah unik, lho. Konon Telaga yang diapit dua Tanjung ini pernah menjadi tempat persembunyian kapal perang sekutu yang dipimpin Amerika Serikat!

Telaga ini masih bertahan dengan kemurnian alam dan keasriannya karena masih jauh dari pencemaran limbah. Selain itu, tempat ini juga jauh dari polusi kendaraan seperti yang banyak ditemukan di kota-kota besar. Karena itulah, tempat ini cocok untuk kamu yang ingin merasakan kesejukan dan keindahan alam yang masih asri.

Cantiknya Telaga Sarawandori [via instagram account: ayuriskaayu]
Cantiknya Telaga Sarawandori [via instagram account: ayuriskaayu]
Tapi, justru karena tempatnya yang masih asri dan alami ini, jangan sampai kamu merusak tempat yang cantik ini. Meski hanya berkunjung, kamu juga wajib menjaga kebersihan dan kelestarian alamnya agar tidak terjadi pencemaran. Karena bagaimanapun juga, kita harus bersahabat dengan alam, maka alam akan memberikan yang terbaik untuk kita.

Nah, makanya, ayo persiapkan dirimu dan mulailah berkemas. Segera berangkat ke tempat indah ini dan kamu akan bisa melihat sendiri betapa menakjubkannya mutiara yang tersembunyi di Papua ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *