Tips Buat Traveler Introvert Biar Nggak Terlalu Sering Terganggu Keramaian

Introvert bukan berarti nggak doyan traveling. Ada kalanya mereka juga ingin traveling dan menikmati perjalanan ke berbagai tempat-tempat baru seperti kebanyakan orang lainnya. Tapi, kadang traveling juga menjadi tantangan tersendiri buat para introvert.

Ini bukan berarti karena orang yang introvert itu anti-sosial atau tidak suka bersosialisasi dengan orang lain, tapi karena mereka akan merasa cepat terkuras energinya jika terlalu sering berkumpul dengan orang banyak. Karena itulah, buat kamu yang introvert dan ingin traveling tanpa harus kelelahan, terganggu keramaian, dan tetap bisa menikmati petualanganmu, baca tips berikut ini terlebih dulu, ya!

1. Jangan Pernah Traveling Tanpa Membawa Buku, Headphone, Atau Penutup Mata

Ngobrol dan berbasa-basi dengan orang lain di dalam angkutan umum memang bisa jadi hal yang menyenangkan. Tapi kalau terlalu lama juga bisa jadi sangat melelahkan, apalagi buat para introvert.

Membaca Buku
Membaca Buku

Nah, barang-barang sederhana seperti headphone, buku, atau penutup mata bisa jadi penyelamatmu dari percakapan kecil macam ini. Jika kamu khawatir terlihat nggak sopan, cara paling gampang adalah segera memakai headphone atau membaca buku yang kamu bawa. Dengan demikian, kamu nggak memberi kesempatan buat orang lain untuk mengajakmu berbicara.

2. Sisipkan Waktu Untuk Sendirian dalam Jadwalmu

Saat kamu traveling dalam kelompok, kamu mungkin ingin tidak ikut beberapa kegiatan yang dijadwalkan. Idealnya sih yang menurutmu kurang penting. Misalnya, kamu nggak harus pergi makan malam bersama dengan kelompokmu setiap malam.

Luangkan waktu untuk sendiri
Luangkan waktu untuk sendiri

Kemungkinan lainnya adalah jika mungkin kelompokmu tersebut ingin pergi ke tempat yang menurutmu nggak menarik, bukan masalah kalau kamu memilih tetap diam di hotel atau jalan-jalan sendirian untuk mengisi ulang energi. Kamu mungkin takut ketinggalan berita, tapi lebih baik seperti itu daripada menyesal karena kelelahan. Yang penting adalah menyegarkan kembali energi dan pikiranmu.

3. Lebih Baik Menjelajah Sendirian daripada Ikut Group Tour

Group tour alias tur kelompok itu memang menyenangkan, tapi ya bagi orang-orang yang suka saja. Tapi, kebanyakan orang introvert itu sesungguhnya adalah pengamat yang sangat baik. Artinya, mereka nggak masalah berada di antara banyak orang, asalkan mereka nggak menjadi bagian di dalamnya.

Group Tour
Group Tour

Nah, karena itulah kamu mungkin sebenarnya akan lebih suka sekadar berjalan-jalan sendirian dan menangkap nuansa keseluruhan tempat tujuanmu sendirian. Dan bukan bersama orang yang menceritakannya kepadamu.

4. Jika Kamu Traveling dengan Seorang Ekstrovert, Pastikan Kamu Tetap Punya Waktu Luang Untuk Sendirian

Pada umumnya, para ekstrovert ingin melakukan sesuatu, dan terlibat dalam hal-hal baru, sementara para introvert biasanya lebih menikmati menyerap suasana lingkungan dengan lebih perlahan dan tenang.

Jalan-jalan
Jalan-jalan

Nah, karena itulah saat traveling bersama seorang ekstrovert, pastikan kamu masih punya waktu untuk menyendiri. Kamu bisa mengatur waktu berdua kapan kalian pergi bersama-sama, dan kapan kalian berpisah untuk melakukan hal-hal yang ingin kalian lakukan sendiri-sendiri.

5. Kenali Apa yang Kamu Butuhkan dan Bagaimana Mendapatkannya

Mengenali apa yang kamu butuhkan dan bagaimana cara mendapatkannya adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Perjalananmu akan lebih memuaskan dan menyenangkan ketika kamu tidak mengalami stres atau kekhawatiran.

Traveling
Traveling

Traveling bersama seorang teman adalah hal yang seru, tapi kamu tetap harus tahu kapan kamu perlu istirahat dan meluangkan waktu sendirian di museum. Jadi, saat kamu sudah mulai merasa lelah, pastikan kamu tahu bagaimana caranya mengembalikan energimu. Daripada kamu jadi badmood selama perjalanan karena merasa nggak nyaman.

Hanya karena kamu seorang introvert, bukan berarti kamu nggak cocok melakukan traveling. Justru dengan melakukan perjalanan, kamu bisa melihat bagaimana dunia berjalan tanpa harus melakukan apapun. Traveling bisa menjadi pengalaman yang hebat untuk para introvert karena ini adalah kesempatan untuk mendapatkan ketenangan dan refleksi diri serta untuk bisa keluar dari zona nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *