Deretan Barang yang Sebenarnya Nggak Perlu Kamu Bawa Waktu Liburan

Traveling itu kegiatan yang seru dan menyenangkan. Tapi karena saat traveling kamu bakal berada jauh dari rumah, sering kali kamu membawa begitu banyak barang yang menurutmu akan kamu butuhkan. Begitu semua barang sudah dibawa dengan begitu repotnya di tempat tujuan, barulah kamu sadar bahwa nggak semua barang yang dibawa itu benar-benar dibutuhkan.

Nah, biar kamu nggak kerepotan untuk urusan packing dan waktu membawanya, sudah saatnya kamu benar-benar memilah barang mana yang perlu dibawa dan nggak. Berikut ini adalah daftar barang yang nggak perlu kamu bawa untuk liburan berikutnya.

1. Perhiasan dan Barang Berharga

Perhiasan itu termasuk benda yang nggak perlu dibawa-bawa waktu liburan. Kamu mungkin juga cuma akan memakainya satu atau dua kali saja. Selain nggak perlu, membawa perhiasan waktu liburan juga cuma akan meningkatkan resiko hilangnya perhiasan kamu.

Perhiasan dan Barang Berharga
Perhiasan dan Barang Berharga

Kalau kamu memang benar-benar sayang dengan perhiasan kamu, lebih baik kamu meninggalkannya di rumah karena turis biasanya menjadi target para copet. Selain itu, dengan nggak memakai perhiasan berlebih, kamu juga bisa lebih gampang kalau mau melakukan tawar menawar dengan penjual.

2. Lensa Kamera Telezoom

Kebanyakan orang pasti pengen punya foto liburan yang bagus. Nah, itulah kenapa mereka yang punya hobi fotografi bakal bersemangat banget membawa segala macam gadget fotografinya. Tapi saat liburan, belum tentu kamu membutuhkan lensa zoom yang besar dan berat itu.

Lensa Telezoom
Lensa Telezoom

Kecuali kamu adalah benar-benar seorang fotografer profesional, kecil kemungkinan kamu memakai lensa tersebut. Kemungkinan besar kamu bakal lebih sering menggunakan lensa yang biasa (kit) karena lebih praktis dan cepat.

3. Perlengkapan Mandi Tambahan

Kamu cuma perlu membawa perlengkapan mandi yang paling penting saja. Sisanya, kamu bisa membelinya di kota tujuanmu. Kalau kamu memang berwisata ke tempat yang nggak benar-benar terpencil, kamu nggak perlu sampai harus membawa obat atau perlengkapan mandi yang bisa dibeli di mana saja.

Perlengkapan Mandi Tambahan
Perlengkapan Mandi Tambahan

Kalau kamu memang khawatir barangmu tersebut nggak tersedia atau sulit dicari, cukup bawa yang travel size atau yang ukuran sample. Apalagi kalau kamu memang cuma akan berlibur selama seminggu atau kurang dari itu.

4. Buku Panduan

Buku itu berat dan membawa buku panduan yang benar-benar lengkap akan memakan banyak tempat. Jika kamu hanya butuh beberapa halaman atau satu bab saja, lebih mudah kalau kamu mengcopy halaman yang dibutuhkan itu saja.
Buku Panduan
Buku Panduan

Selain itu, sekarang ini internet juga jauh lebih mudah diakses. Jadi kalau kamu butuh informasi saat dalam perjalanan, manfaatkan saja Google di smartphone kamu dan dalam sekejap kamu sudah bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang kamu butuhkan. Nggak perlu repot sampai membawa bukunya kemana-mana.

5. Gadget Tambahan

Kamu akan liburan dan menikmati pemandangan di kota tujuanmu. Jadi sebenarnya kamu nggak perlu membawa gadget terlalu banyak. USB, kamera, smartphone, laptop, converter, semua memang terlihat penting. Tapi kecil kemungkinan kamu akan menggunakan semua barang tersebut di tempatmu berada nanti.

Gadget Tambahan
Gadget Tambahan

Ada baiknya kamu membatasi gadget yang benar-benar penting seperti smartphone. Dengan smartphone, kamu sudah bisa menangkap gambar, mendengarkan musik, serta menggunakan fungsinya sebagai alat komunikasi. Jadi kamu nggak perlu harus kerepotan karena membawa terlalu banyak gadget.

Intinya adalah, saat liburan lebih baik kamu membawa barang-barang yang sesuai dengan tempat tujuanmum tapi jangan membawa barang yang kamu nggak yakin akan kamu gunakan. Berangkatlah seringan mungkin dan ingatlah kamu bisa membeli hampir semua barang yang mungkin kamu butuhkan di tempat tujuanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *