Diving Pertama Kali di Lautan Indonesia? Baca Dulu Tipsnya Berikut Ini, Ya!

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa indah. Wilayah bawah lautnya saja berada di jantung segitiga coral dunia dan merupakan rumah bagi setidaknya 18 persen terumbu karang dunia. Hebat, kan?

Nah, dengan kekayaan terumbu karang dan biota laut yang begitu menakjubkan, sayang banget kalau kamu nggak mencoba diving alias menyelam ke lautan Indonesia. Nah, kalau kamu termasuk orang yang belum pernah mencoba diving, ada beberapa tips yang bisa kamu manfaatkan sebelum meluncur masuk ke dalam kerajaan terumbu karang Indonesia yang begitu mempesona.

1. Cari Operator yang Terpercaya

Jangan langsung menyewa peralatan selam sembarangan. Hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah mencari operator yang terpercaya dan aman. Lakukan riset kecil terlebih dulu dengan sabar dan baca komentar atau review orang lain yang diberikan untuk masing-masing operator.

Diving
Diving

Biasanya buku traveling yang bagus dan berkualitas akan merekomendasikan beberapa informasi tentang operator diving yang terpercaya. Dengan melakukan riset terlebih dulu dan nggak terburu-buru, kamu bisa memilih operator yang benar-benar berkualitas dan bisa membuatmu tetap aman.

2. Kenali Dulu Lokasi Menyelam Tersebut

Langkah selanjutnya adalah berusaha mencari tahu atau mengenali lokasi penyelaman. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang area yang ingin kamu kunjungi. Beberapa informasi penting yang perlu kamu dapatkan adalah seperti apakah ombaknya kencang, bagaimana kontur dasar lautnya, suhu air, kehidupan bawah lautnya, waktu terbaik untuk menyelam, dan sebagainya.

Menyelam
Menyelam

Informasi ini nggak hanya berguna untuk meningkatkan pengalaman serumu dalam menyelam. Tapi juga demi faktor keamanan. Pasalnya, beberapa tempat tertentu biasanya hanya cocok untuk penyelam yang berpengalaman. Cari tahu apakah lokasi yang akan kamu kunjungi tersebut cukup aman untuk penyelam pemula.

3. Banyak Belajar Tentang Terumbu Karang

Indonesia sangat kaya dengan terumbu karang yang berwarna-warni, tapi mereka semua sangatlah rentan mati dan rusak. Jadi sebelum kamu terjun dan mengunjungi biota laut yang menakjubkan ini, pelajari dulu banyak-banyak tentang hidup mereka.

Terumbu Karang dan Biota Laut
Terumbu Karang dan Biota Laut

Hal yang nggak boleh kamu lupakan adalah bahwa terumbu karang ini sebenarnya juga merupakan binatang yang bernafas dan hidup. Mereka bisa dengan mudah rusak atau mati hanya dengan sentuhan jari tanganmu, apalagi kalau sampai terinjak atau tersapu fin diving yang kamu ayunkan.

4. Nggak Usah Buru-buru Bawa Kamera

Siapa sih yang kepengen berfoto di dasar laut bersama dengan cantiknya terumbu karang dan biota laut lainnya? Tapi kalau kamu benar-benar masih pemula dalam urusan menyelam, sebaiknya kamu tunda keinginanmu untuk membawa kamera.

Kamera Bawah Air
Kamera Bawah Air

Ada baiknya kamu belajar mengontrol kemampuanmu mengapung dan menyelam sebelum membawa kamera bawah air. Karena jika kamu masih belum benar-benar bisa mengontrol tubuhmu sendiri saat menyelam, membawa kamera hanya akan membuatmu repot sendiri.

5. Rutin Memeriksa Kedalaman

Wilayah terbaik di Indonesia untuk menikmati terumbu karang adalah di kawasan Timur. Daerah ini berair jernih, punya jarak penglihatan yang bagus, dan sinar matahari masih mampu masuk jauh ke dalam lautan.

Menyelam
Menyelam

Dengan kondisi seperti ini, sangat mungkin penyelam terbuai dan terpesona melihat keindahan biota laut sampai tidak sadar terus menyelam ke wilayah lautan dalam. Nah, untuk menghindari hal ini, pastikan untuk selalu memeriksa kedalaman tempat kamu berada. Dengan demikian, kamu nggak sampai nyasar terlalu jauh ke lautan dalam.

Nah, itu tadi sebagian tips yang bisa kamu ikuti sebelum mulai mencoba untuk menyelam. Jangan takut mencoba hal ini karena kamu bisa bertemu dengan pemandangan menakjubkan yang hanya bisa dilihat di bawah laut saja. Asalkan, pastikan kamu memiliki pelatih dan operator yang profesional dan berpengalaman, ya!

One Comment

Leave a Reply
  1. Agar lebih menikmati scuba diving, sebaiknya seseorang mengambil license. Bukan sekedar bergaya memiliki card, tapi dalam pelatihan tersebut kita diajarkan hal-hal yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan. Karena dalam Diving, setiap orang bertanggung jawab atas keselamatannya masing – masing.

    Selain mengenai skill dan sickness, dalam pelatihan akan diajarkan pula mengenai bagaimana memperlakukan alam laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *