Menikmati Pahawang, Pulau Eksotis di Bandar Lampung

Di Lampung terdapat kawasan wisata yang sudah mulai menjadi primadona bagi para wisatawan yang berkunjung ke provinsi ini. Wisata yang dimaksud adalah Pulau Pahawang yang berlokasi di Teluk Lampung. Apalagi kalau bukan karena kecantikan dan keeksotisannya.

Meski sudah mulai terkenal, ternyata masih belum banyak yang tahu bahwa Pahawang ternyata menjadi spot menyelam sejak bertahun-tahun lalu. Bagaimana tidak, di Pulau Pahawang ini ternyata cukup kaya dengan pemandangan surga bawah laut. Luas lautan dengan terumbu karangnya saja mencapai 67 hektare!

Nggak perlu bingung membawa peralatan snorkeling, karena di sini juga sudah menyediakan pelampung, alat snorkeling, dan sepatu katak hanya dengan 40 ribu rupiah per hari. Kalau hanya ingin berenang saja, kamu juga bisa menyewa pelampungnya saja dengan harga sekitar 20 ribu rupiah. Cukup terjangkau bukan harganya?

Birunya Laut Pahawang [via instagram account: bellayuliana]
Birunya Laut Pahawang [via instagram account: bellayuliana]
Kawasan bawah laut Pulau Pahawang ini juga terkenal sebagai tempat tinggal berbagai jenis ikan. Salah satu ikan lucu yang bisa kamu temui di sini adalah ikan badut atau yang sering mendapat julukan dengan nama nemo. Tapi awas, biarkan ikan lucu ini berenang-renang sendiri ya! Jangan sampai menangkapnya dan mengambil ikan ini dari habitat aslinya.

Menyelam di kawasan ini, kamu juga akan bertemu dengan ubur-ubur di musim-musim tertentu. Ubur-ubur ini berukuran cukup besar, tapi hati-hati, jangan sampai kamu menyentuh tentakelnya. Karena tentakel-tentakel ini bisa membuat kulitmu jadi gatal-gatal.

Tapi dengan ditemani guide atau pemandu berpengalaman, kamu bisa mendapatkan pengalaman seru menyentuh bagian atas ubur-ubur. Kamu akan merasakan sensasi lembut dan kenyal dari tubuh si ubur-ubur ini tadi.

Pulau Pahawang [via instagram account: bumiiadv]
Pulau Pahawang [via instagram account: bumiiadv]
Selain terumbu karang yang cantik tersebut, pulau ini juga memiliki potensi keindahan alam yang lain. 72 hektare dari wilayahnya adalah hutan bakau, sementara 18 hektare lainnya adalah pantai berpasir. Di sinilah kamu bisa menikmati berbagai wisata lautnya yang menawan dan nggak kalah dengan wisata pantai lainnya.

Selain itu, ada juga Pulau Pahawang Kecil yang hanya berjarak 10 menit perjalanan dengan naik perahu dari Pahawang Besar. Pulau ini juga nggak kalah cantik dari Pahawang Besar dengan pasirnya yang berwarna putih dan airnya yang sangat jernih. Perairan di kawasan Pahawang Kecil ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga cocok untuk berenang.

Kalaupun ingin snorkeling di Pahawang Kecil, kamu hanya perlu berenang sekitar 10-15 meter dari pinggir pantai saja. Jadi nggak perlu sampai harus terlalu ke tengah, kamu sudah bisa melihat pemandangan bawah laut yang cantik dan mengagumkan.

Pahawang [via instagram account: agitprasetio]
Pahawang [via instagram account: agitprasetio]
Uniknya lagi, tanaman di Pulau Pahawang terdapat kebun kelapa yang ternyata adalah peninggalan zaman penjajahan. Sebagian lainnya akan ditemukan tanaman kakao, mangga, pisang, cengkeh, serta kawasan hutan. Dengan banyaknya tanaman dan pepohonan di kawasan ini, kamu nggak cuma dimanjakan oleh indahnya laut, tapi juga dengan sejuknya udara berkat tanaman yang masih rimbun dan hijau ini.

Untuk menuju ke Pulau Cantik ini, pertama kamu harus menuju ke Ketapang. Dari Bandar Lampung, kamu bisa berangkat ke Gudang Garam yang banyak menyediakan angkutan umum ke Ketapang. Nah, sesampainya di Ketapang, kamu tinggal menyewa speed boat atau kapal kayu menuju Pulau Pahawang.

Sayangnya di Pahawang sendiri belum ada penginapan. Tapi kalau kamu memang ingin bermalam di pulau ini, beberapa warga menyediakan kamar yang biasa disewakan untuk para wisatawan.

Jadi, kapan nih kamu berangkat ke Pulau Pahawang yang mempesona ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *