Toilet Umum Paling Top di Dunia, Kamu Bakal Betah di Dalamnya

Salah satu fasilitas yang harus ada di setiap destinasi traveling adalah toilet. Namun tidak semua destinasi memiliki fasilitas ini atau jika pun ada kondisinya sangat memprihatinkan sampai-sampai traveler enggan untuk menggunakannya dan lebih memilih mencari toilet lain atau menahan hasrat buang air. Pun demikian di dunia ini terdapat toilet umum yang sangat nyaman digunakan serta memiliki desain yang menarik. Dimana saja kita bisa menemukan toilet-toilet keren ini?

Bagi traveler menemukan toilet umum yang bersih dan nyaman adalah sebuah keuntungan sendiri. Layaknya bermain judi, butuh keberuntungan untuk menemukan toilet yang seperti itu. Namun hampir dipastikan traveler akan menemukan toilet umum yang top jika berkunjung ke tempat-tempat ini. Dilansir Indonesia Flight dari situs Design Curial, inilah hitung mundur toilet umum terbaik di dunia tahun 2015.

10. Centennial Park Amenities, Sydney

Kalau kamu sedang berlibur di Sydney jangan lupa untuk mengunjungi kawasan Centennial Park. Di taman ini akan dijumpai sebuah toilet keren dan masuk pada peringkat kesepuluh terbaik di dunia. Awalnya traveler tidak akan mengenali bangunan toilet ini sebab desainnya lebih mirip sebagai cottage mini ketimbang toilet.

11-sydney

Centennial Park Amenities, Sydney [image source]

Bangunan seperti cottage akan langsung terlihat dengan jelas dari kejauhan dan itulah toilet umum yang sedang kita bahas ini. Desain toilet keren ini dikerjakan oleh Lahz Nimmo Architechs dengan konsep ramah lingkungan. Sebagai bukti, desainer tidak menempatkan cermin di depan wastafel. Sebagai gantinya pemandangan terbuka berupa taman yang hijau menjadi suguhan apik bagi pengguna toilet ini.

9. Uster, Swiss

Sepintas bentuk dari toilet di tepi jalan kota Uster, Swiss ini terlihat seperti ketupat. Bentuknya kotak dengan kombinasi warna kuning dan hijau. Inilah toilet kece yang dimiliki Swiss yang membuatnya menempati peringkat ke-9 dunia sebagai toilet terbaik tahun 2015.

GK Picture

Uster, Swiss [image source]

Bentuk kotak yang simpel terlihat unik dengan detil dinding berwarna hijau cerah berbentuk kotak-kota seperti sisik ikan. Pada mulanya toilet umum ini adalah model awal infrstruktur modern di kota Uster. Material penyusunnya berupa lempengan aluminium yang terbagi menjadi dua bilik. Untuk menggunakan toilet ini seseorang harus memasukkan koin terlebih dahulu.

8. The Tokinokura Lavatories Shimodate, Jepang

The Tokinokura Lavatories Shimodate adalah toilet terbaik di dunia berikutnya yang bertengger di posisi delapan. Toilet ini bisa traveler temukan di Kota Chikusei, Jepang. Ada alasan mendasar mengapa toilet ini masuk dalam jajaran terbaik.

13-jepang

The Tokinokura Lavatories Shimodate, Jepang [image source]

Alasan paling utama adalah bentuk apresiasi untuk sang desainer, Shuichiro Yoshida Architects yang berhasil membuat inovasi berupa toilet yang nyaman dan bersih di sebuah gang sempit yang hanya berukuran sembilan meter persegi. Sebagai pencahayaan dipasanglah suatu panel kaca di bagian atap. Toilet ini bentuknya ramping dan memanjang dengan cat warna hitam.

7. Trail Restroom, Texas, Amerika Serikat

Berada di ujung sungai Colorado, Trail Restroom menjadi salah satu toilet yang menyabet gelar terbaik selama dua tahun berturut-turut. Hal ini disebabkan oleh desainnya yang unik serta ruangannya yang nyaman digunakan. Secara administratif, toilet ini berada di wilayah Kota Austin, Texas, Amerika Serikat.
14-texas
Trail Restroom, Texas, Amerika Serikat [image source]

Desainer di balik kerennya Trail Restroom adalah Miro Rivera Architects. Penampakan bangunannya terlihat begitu menyatu dengan alam. Material penyusunnya bahkan tidak berasal dari batu bata ataupun beton melainkan menggunakan lempengan besi yang dicat cokelat seperti potongan kayu.

6. Wembley WCS, Inggris

Namanya Wembley WCS, tapi ini bukanlah stadion sepakbola kebanggaan tim nasional Inggris melainkan sebuah toilet umum yang berada di tepian jalanan London. Toilet ini berada tepat di area pejalan kaki di kawasan Wembley, London Utara.

15-wembley

Wembley WCS, Inggris [image source]

Menariknya sang desainer, Gort Scott menyematkan warna emas pada bangunan toilet ini yang membuatnya tampak anggun dengan kesan mewah. Traveler yang kebetulan sedang berjalan-jalan di kawasan ini tentu akan tertarik untuk menggunakan toilet yang menurut versi Design Curial menempatkannya di posisi enam terbaik dunia.

5. UriLift, Inggris & Belanda

Dari sekian daftar toilet terbaik di dunia mungkin UriLift menjadi salah satu toilet dengan desain futuristik yang paling keren. Bagaimana tidak, toilet ini tidak menempati ruang terbuka secara permanen namun didesain portabel yang hanya akan keluar jika hendak digunakan.

16-urilift

UriLift, Inggris & Belanda [image source]

Model toilet seperti ini tengah diaplikasikan di beberapa kota besar di Eropa termasuk London dan Amsterdam. Desain bangunan toilet ini berbentuk lingkaran yang memiliki teknologi seperti lift yang bisa naik turun. Jika ada orang yang akan menggunakan tinggal memasukkan koin dan perlahan toilet ini akan muncul ke permukaan dari dalam area pejalan kaki. Keren!

4. L’Uritonnoir Sustainable Toilet, Prancis

Lain cerita dengan toilet umum di Prancis. Toilet yang menempati peringkat empat terbaik di dunia ini tidak memiliki bangunan permanen dengan dinding tertutup. Bentuknya hanya berupa gulungan jerami dan diletakkan di tempat terbuka.

17-prancis

L’Uritonnoir Sustainable Toilet, Prancis [image source]

Toilet desainan dari L’Uritonnoir ini dibikin ramah lingkungan dan hanya dikhususkan untuk pria saja. Air seni yang ditampung dalam gulungan jerami ini dalam kurun waktu 6 bulan akan berubah menjadi kompos yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik.

3. Kumutoto, New Zealand

Traveler yang berlibur di Wellington, Selandia Baru pasti akan tertarik dengan kehadiran suatu bangunan unik berbentuk seperti dinosaurus tanpa kepala berwarna merah dan putih. Siapa sangka jika bangunan unik dan nyentrik tersebut hanyalah toilet umum.

10-kumutoto

Kumutoto, New Zealand, via Instagram

Adalah Kumutoto, toilet buatan Studio Pacific Architecture menjadi sebuah landmark unik di kota Wellington. Ide pembuatan toilet umum dengan bentuk unik ini bermula dari keinginan pengembang untuk membuatkan sarana yang mengakomodasi hasrat traveler buang air kecil namun juga membuat bangunan yang ikonik hingga akhirnya terciptalah toilet unik ini.

2. Transparent Toilet, Swiss

Bila kota Uster di Swiss punya toilet seperti ketupat berwarna hijau maka Lausanne memiliki toilet keren lainnya yang menduduki peringkat 2 terbaik di dunia. Toilet ini dikenal dengan nama toilet transparan. Ya, toilet ini memiliki dinding kaca yang transparan.

18-transparentt

Transparent Toilet, Swiss [image source]

Tapi jangan khawatir, kaca transparan ini hanya terlihat jika kondisi toilet sedang kosong. Sedangkan saat ada orang di dalamnya maka kaca akan secara otomatis berubah menjadi gelap dan menutupi segala aktivitas di dalamnya. Model toilet buatan Oliview Lambert of Oloom pernah memenangkan RSA Competition di tahun 2002.

1. Stegastein Lookout, Norwegia

Toilet terbaik tahun 2015 di peringkat pertama disandang oleh Stegastein Lookout di Norwegia. Tidak hanya nyaman dan bersih saat digunakan, toilet ini juga dibangun di tempat dengan pemandangan alam yang luar biasa indah.

19-norway

Stegastein Lookout, Norwegia [image source]

Tidak seperti toilet umum yang berada di pinggir jalan, Stegastein Lookout dibangun di atas bukit dengan pemandangan super keren. Jadi tidak heran jika traveler yang berada di Stegastein, Aurland, Nowegia banyak yang mampir ke toilet bikinan Saunders & Wilhelmsen baik untuk buang air kecil atau sekedar menyaksikan pemandangan dari toilet ini. Wow!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *