5 Tips yang Wajib Diketahui Buat Solo Traveler Wanita

Melakukan traveling solo terkadang juga bisa menyeramkan, apalagi bagi para wanita. Pasalnya saat traveling, kamu akan keluar dari zona nyamanmu dan menghadapi banyak hal-hal baru di luar sana.

Menjadi seorang wanita bukan berarti kamu hanya bisa traveling beramai-ramai. Nggak ada salahnya kamu mencoba keluar dari zona nyamanmu dengan traveling sendirian. Tapi biar kamu tetap merasa aman dan bisa menikmati kesendirianmu saat traveling, baca dulu beberapa tips berikut ini.

1. Percaya Diri Itu Penting!

Wanita yang kemana-mana sendirian itu kadang mengundang perhatian orang lain. Terkadang kamu akan bertemu dengan orang-orang yang berusaha menggoda, mengganggu atau memanfaatkanmu saat sedang traveling sendirian.

Traveling
Traveling

Nah, untuk meminimalisir hal seperti ini, usahakan untuk selalu bersikap dan berjalan dengan percaya diri bahkan meski kamu sebenarnya takut dan ragu-ragu. Pastikan kamu tetap terlihat tegas dan penuh perhatian setiap saat. Jangan terlihat seperti orang yang tersesat atau melamun. Karena kelihatan bingung seperti ini bisa membuatmu menjadi sasaran orang yang ingin memanfaatkanmu.

2. Ikut Tur atau Ekskursi

Ada kalanya kamu akan merasa kesepian saat traveling sendirian. Jadi, nggak ada salahnya untuk ikut tur atau eksekursi singkat. Dengan demikian, kamu bisa belajar banyak tentang tempat yang kamu tuju sekaligus menghilangkan rasa kesepian.

Tur kelompok
Tur kelompok

Ikut tur adalah salah satu cara yang bagus agar kamu bisa bertemu dengan para petualang lainnya. Pada akhirnya, kamu bahkan bisa mendapatkan teman baru dengan orang-orang yang awalnya asing ini. Siapa tahu untuk beberapa lama kamu bisa traveling bareng temang barumu ini.

3. Lakukan Apapun yang Kamu Mau

Liburan sendiri kadang bisa membuatmu merasa bingung. Kamu nggak harus memaksa diri untuk berkunjung dari museum satu ke museum lainnya, atau harus jalan-jalan dengan traveler lain yang kamu kenal di jalan. Ini adalah liburanmu dan kamu berhak menikmatinya sesuka hati asalkan nggak merugikan orang lain.

Pantai
Pantai

Kalau kamu memang ingin menghabiskan sore kamu dengan duduk di café, menulis jurnal di dalam kamar hotel, atau jalan-jalan dengan teman-teman barumu, lakukan saja! Jangan terlalu menekan diri dengan daftar tujuan dan kegiatan yang harus kamu lakukan. Tapi pastikan kamu tetap berhati-hati, ya!

4. Jangan Terlalu Mencolok Atau Berpakaian yang Terlalu Provokatif

Ya, kebanyakan orang pasti akan selalu mengatakan bahwa setiap orang seharusnya bebas mengenakan apa yang mereka mau. Tapi mari berpikir realistis, berpakaian dengan gaya tertentu sudah pasti akan menarik perhatian orang lain dan tidak jarang dalam artian yang negatif.

Jalan-jalan
Jalan-jalan

Memakai celana pendek dan pakaian yang ringan dan tipis memang bisa sangat menyenangkan di tempat bercuaca panas. Tapi gaya seperti itu sering mengundang mata nakal orang lain. Jadi kalau kamu memang nggak mau terganggu dengan orang-orang seperti ini, pastikan kamu nggak berpakaian yang terlalu mencolok. Selain itu, dengan tampil biasa saja juga bisa membuat liburanmu terasa makin menyenangkan karena memperkecil kemungkinan diganggu.

5. Selalu Pastikan Kamu Tahu di Mana Akan Tidur

Sebagai seorang wanita yang traveling sendirian, pastikan kamu selalu berada di tempat tujuanmu yang aman sebelum malam tiba. Jangan sampai kamu nggak tahu akan tidur di mana karena di malam hari, kota jalanan juga bisa berbahaya. Jangan sampai kamu terjebak di stasiun pada malam hari dan nggak tahu harus ke mana.

Tidur di Kereta
Tidur di Kereta

Simpan semua catatan alamat hotel dan nomor teleponnya di kota yang kamu kunjungi. Jika perlu, cari tahu juga nomer telpon beberapa jasa taxi yang ada di sana agar kamu bisa pulang sebelum matahari terbenam.

Nah, itulah tadi beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan sebelum traveling sendirian. Dengan traveling, kamu bisa menambah luas wawasanmu, tapi pastikan kamu tetap melakukannya dengan aman. Kalau sudah siap berangkat, jangan langsung saja pesan tiketnya pakai aplikasi Indonesia Flight yang praktis dan lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *