Pulau Cingkuak, Wisata Sejarah dalam Balutan Panorama Eksotis

Nama Pulau Cingkuak memang belum terlalu populer di kalangan para wisatawan. Namanya masih belum sepopuler Cubadak atau Sikuai, tapi pulau di pesisir selatan Sumatera Barat ini ternyata menyimpan keindahan tersendiri yang nggak kalah menakjubkan dari pulau-pulau wisata lainnya.

Lokasinya masih berada di sekitar Pantai Carocok. Jadi untuk menuju tempat ini, kamu bisa menyeberang menggunakan perahu di Pantai Carocok untuk mencapai Pulau Cingkuak. Jangan khawatir dengan fasilitas perahu, karena di sini sudah disediakan banyak perahu wisata di dermaga dengan biaya antar jemput sekitar 20 ribu rupiah.

Begitu tiba di Pulau Cingkuak, kamu akan dibuat terpesona dengan pemandangan yang ada. Pulau Cingkuak tampil dengan pantai berpasir putih dengan air kebiruan yang begitu jernih. Pantainya landai sehingga kamu bisa dengan leluasa menikmati pemandangan lautan lepas yang menghampar luas. Selain itu, pasirnya yang berwarna putih terasa begitu empuk dan lembut di kaki sehingga kamu akan merasa nyaman menginjakkan kakimu di sini.

Pantai Pulau Cingkuak [via instagram account: delviyenty]
Pantai Pulau Cingkuak [via instagram account: delviyenty]
Tidak cuma itu saja, rerimbunan pohon kelapa dan tanaman lainnya akan menyejukkan suasana pantai. Jadi, kamu nggak perlu repot mencari tempat berteduh saat hari mulai panas, karena pohon-pohon di sini siap menjadi naunganmu.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berenang, atau sekadar bersantai di pinggir pantai. Di sini juga sudah terdapat banyak permainan watersport yang akan membuat liburanmu makin seru. Ada fasilitas jetski, banana boat, perahu donat, atau bahkan snorkeling.

Snorkeling di Pulau Cingkuak [via instagram account: danadit]
Snorkeling di Pulau Cingkuak [via instagram account: danadit]
Pulau ini memang nggak berpenghuni, tapi ada banyak fasilitas yang sudah tersedia. Dengan segala permainan serta fasilitas ini, pengunjung bisa menikmati liburan pantai yang istimewa dan menyenangkan tanpa khawatir. Harga untuk sewa peralatan permainan watersportnya juga terbilang cukup terjangkau yaitu sekitar 20 sampai 100 ribu.

Puas bermain-main air di lautnya, cobalah untuk menjelajah masuk ke bagian dalam pulau. Karena kamu akan menemukan kejutan lain yang membuatmu terpesona. Ya, pesona Pulau Cingkuak bukan cuma panorama dan keindahan pantai serta lautnya saja. Tapi jika kamu melangkah masuk ke dalamnya, kamu akan menemukan peninggalan bersejarah yang berharga yaitu puing-puing bangunan Portugis yang tersembunyi di antara semak belukar dan pepohonan.

Pulau Cingkuak [via instagram account: adityaherlando]
Pulau Cingkuak [via instagram account: adityaherlando]
Dari bibir pantai, terdapat sebuah jalan setapak yang mengarah ke puing-puing benteng Portugis. Jadi, kamu nggak perlu takut tersesat jika ingin menjelajahi peninggalan bersejarah ini. Dulunya, benteng ini pernah dijadikan benteng pertahanan VOC. Bahkan di tempat ini juga berdiri kantor perwakilan VOC. Pada masa kejayaannya, Pulau Cingkuak menjadi pelabuhan kapal internasional yang sangat ramai. Namun serangan mendadak dari pasukan Inggris akhirnya berhasil menghancurkan VOC dan benteng pertahanan tersebut.

Bukan cuma puing benteng saja yang bisa kamu temukan di sini. Pulau Cingkuak juga menyimpan batu nisan tua yang ditulis dalam bahasa Perancis. Nisan tersebut dibuat oleh keturunan Madame van Kempen, istri dari Thomas van Kempen pada tahun 1911. Keduanya adalah residen atau penduduk dari Pulau Cingkuak.

Puing di Pulau Cingkuak [via instagram account: muhammadihsan1205]
Puing di Pulau Cingkuak [via instagram account: muhammadihsan1205]
Keindahan yang unik dari Pulau Cingkuak inilah yang membuatnya begitu dikagumi oleh para wisatawan yang mampir ke sana. Bukan cuma hamparan pantai eksotisnya saja, tapi juga dengan puing-puing bangunan bersejarah yang ada di sana. Kombinasi antara wisata pantai yang cantik dengan sejarah yang menakjubkan membuat Pulau ini sayang sekali untuk dilewatkan.

Nah, itulah tadi beberapa keistimewaan Pulau Cingkuak yang lain dari tempat wisata lainnya. Jadi jangan sampai melewatkannya begitu saja, ayo buruan berangkat dan menikmati pesona peninggalan bangunan bersejarah yang diselimuti oleh panorama eksotis pulau tropis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *