Pengen Maen Tubing? Langsung Aja Berangkat ke 5 Tempat Keren Ini

Banyak hal yang bisa dilakukan jika kamu berwisata air. Kamu bisa berenang, diving, snorkeling, dan banyak lagi. Nah, tubing adalah salah satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di kawasan perairan. Tubing mirip dengan permainan arung jeram, hanya saja alatnya menggunakan ban dan satu ban berisi satu orang saja.

Nah, di Indonesia ada beberapa tempat keren untuk menikmati permainan tubing. Jadi kalau kamu mau mencoba permainan seru yang memompa adrenalin ini, langsung saja berangkat ke beberapa tempat keren berikut ini.

1. Tampaksiring, Bali

Selain wisata pantai, di Bali kini kamu juga bisa menikmati river tubing. Tukad Pakerisan Tampaksiring menyediakan tempat yang seru untuk menikmati kegiatan seru river tubing. Di sini, kamu bisa menikmati river tubing selama 1,5 jam dari titik awal hingga finish point.

River Tubing di Bali [Image Source]
River Tubing di Bali [Image Source]
Selama perjalanan, kamu juga bisa mengabadikan kegiatan serumu dengan berfoto. Mendekati finish point, akan ada terjunan yang cukup tinggi. Di titik itulah nyalimu akan diuji dengan meluncur mengikuti arus sungai.

2. Goa Pindul, Jogja

Di Jogja ada wisata keren dan unik untuk menikmati pemandangan goa, yaitu river tubing di Goa Pindul. Goa Pindul sendiri merupakan rangkaian 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah. Bayangkan, kamu diajak menyusuri sungai bawah tanah yang ada di dalam perut bumi!

River Tubing Goa Pindul [Image Source]
River Tubing Goa Pindul [Image Source]
Kamu diajar bertubing ria menyusuri gelapnya perut bumi sepanjang 300 meter selama kurang lebih sekitar 45-60 menit. Airnya sungai di gua ini nggak terlalu dingin, dan jika cuaca sedang cerah, kamu akan menemui cahaya matahari yang menerobos melewati celah-celah di atap gua.

3. Green Canyon Pangandaran

Grand Canyon Pangandaran punya pesona alam yang cantik berupa bukit bebatuan dengan pepohonan rimbun serta sungai tropis berwarna kehijauan yang menakjubkan. Di tempat yang begitu asri dan teduh inilah kamu bisa menikmati body rafting alias tubing. Kamu akan merasakan keseruan mengikuti arus air sungai dengan pemandangan menakjubkan di sekitarnya.

Grand Canyon Pangandaran [Image Source]
Grand Canyon Pangandaran [Image Source]
Tubing di sini akan terasa lebih menantang karena memiliki jeram dengan tingkat kesulitan yang beragam. Ada banyak jeram dan tebing air terjun yang bakal memacu adrenalinmu selama bermain tubing di sini.

4. Sungai Citumang, Pangandaran

Selain Grand Canyon Pangandaran, di Pangandaran juga terdapat sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan air yang bening kebiruan. Tempat yang asri ini juga sangat cocok untuk aktifitas seru river Tubing.

Sungai Citumang [Image Source]
Sungai Citumang [Image Source]
Tubing di Citumang akan terasa lebih santai karena airnya berasal dari bawah tanah dengan arus yang lebih tenang. Air ini mengalir melalui bebatuan kapur dan menghasilkan warna hijau tosca yang cantik. Sungai ini juga begitu jernih dan nggak terpengaruh oleh musim hujan. Jadi, tempat ini sering menjadi alternatif jika Grand Canyon sedang banjir atau keruh.

5. Ledok Amprong, Malang

Malang juga punya tempat seru untuk menikmati river tubing yaitu di Ledok Amprong, Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo. Ledok Amprong sendiri adalah hulu sungai Amprong dan deras alirannya berkisar antara 10 sampai 30 kilometer per jam.

Ledok Amprong [Image Source]
Ledok Amprong [Image Source]
Di sini, ada 3 pilihan trip tubing. Yang paling ringan berjarak 700 meter, kemudian ada yang berjarak 1500 meter, dan yang paling jauh berharap 2500 meter. Hempasan air sungai di sini cukup kuat dan jelas sangat cocok untuk kamu yang hobi berolahraga ekstrim.

Itulah tadi deretan tempat seru untuk mencoba river tubing dan menguji adrenalin. Nah, sudah siapkah kamu bermain di sana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *