Rafting Paling Seru Langsung Aja Berkunjung ke Sekian Tempat Ini

Rafting alias arung jeram kini sudah bukan cuma sebagai cabang olahraga saja, tapi juga sudah menjadi salah satu kegiatan wisata yang diminati oleh banyak orang. Kegiatan meluncur di sungai yang berkelok-kelok dengan arus yang cukup deras menjadi tantangan tersendiri buat mereka yang suka dengan olahraga ekstrim.

Buat kamu pencinta rafting, bersyukurlah tinggal di Indonesia. Pasalnya, di negara kita banyak sekali sungai-sungai yang cocok digunakan untuk aktivitas menantang ini. Kalau kamu pengen mencoba rafting, yuk langsung aja berangkat ke beberapa sungai berikut ini.

1. Sungai Alas di Aceh

Aceh nggak hanya cocok sebagai tempat untuk wisata religi saja. Provinsi ini juga hadir dengan wisata alamnya yang mempesona. Sementara itu sungai Alas di Aceh juga sangat cocok sebagai lokasi rafting. Sungai ini mengalir melewati Taman Nasional Gunung Leuser.

Rafting di Sungai Alas [via instagram account: ubaidiselian]
Rafting di Sungai Alas [via instagram account: ubaidiselian]
Aliran sungainya cukup deras dan memiliki banyak tikungan-tikungan tajam. Kamu harus punya stamina, keberanian, dan insting yang kuat untuk bisa menaklukan sungai ini. Selain keseruan melewati arus sungainya yang deras, kamu juga akan berkesempatan menikmati pemandangan alam sekitar yang masih sangat alami. Jangan kaget karena kamu nanti juga bisa saja melewati monyet, rusa, atau gajah yang sedang asyik minum di tepi sungai.

2. Sungai Citarik di Jawa Barat

Sungai Citarik berlokasi di Taman Nasional Gunung Haliumun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat. Aliran sungai ini cukup menantang dengan arus deras yang akan menguji keberanianmu.

Rafting di Sungai Citarik [via instagram account: ubaidiselian]
Rafting di Sungai Citarik [via instagram account: ubaidiselian]
Bukan cuma arusnya saja yang deras, tapi di sini juga ada keindahan lainnya berupa air terjun. Ada beberapa air terjun di kawasan sungai Citarik yang akan membuatmu terkagum-kagum dengan keindahannya.

3. Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Kalimantan terkenal dengan hutannya yang lebat dengan pepohonan besar. Nah, di sini kamu akan banyak menemukan sungai yang begitu besar dan panjang yang cocok untuk aktifitas seru semacam Rafting. Salah satunya adalah Sungai Lamandau di Kalimantan Tengah.

Rafting
Rafting

Sungai ini terletak di desa Riam Tinggi. Menikmati arung jeram di sini akan membuatmu serasa seperti berada di dunia lain. Bagaimana tidak, kamu akan melewati sungai yang deras dengan dikelilingi pepohonan tinggi besar yang lebat di kanan kirimu. Sungguh pengalaman yang luar biasa menakjubkan!

4. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Saat berkunjung ke Sulawesi Utara, jangan lupa untuk mampir juga ke sungai Nimanga. Sungai ini terletak di desa Timbukar, Minahasa. Rafting di sini akan memberikanmu pengalaman yang berbeda dan luar biasa.

Rafting di Sungai Nimanga [via instagram account: nepenthesnia]
Rafting di Sungai Nimanga [via instagram account: nepenthesnia]
Sungai Nimanga memiliki jeram level 5. Nggak heran karena ada jeram yang tingginya mencapai 4 meter! Bermain rafting di sini akan membutuhkan keberanian dan kekompakan yang benar-benar kuat untuk bisa melewatinya. Mengarungi sungai ini bisa memakan waktu sampai 5 jam lamanya. Jadi jika kamu lelah, menepilah sejenak di tepi sungai dan menikmati keindahan alamnya yang luar biasa.

5. Sungai Elo, Jawa Tengah

Magelang juga memiliki spot rafting yang menarik untuk kamu penggemar arung jeram, sungai Elo namanya. Sungai yang terletak di Desa Blondo, Magelang ini cukup dekat dengan Candi Borobudur dan hanya berjarak 40 menit perjalanan dari Jogja.

Rafting di Sungai Elo [via instagram account: progorafting]
Rafting di Sungai Elo [via instagram account: progorafting]
Sungai Elo cocok untuk para pemula. Tapi kamu tetap perlu waspada karena arusnya juga cukup deras. Struktur sungainya cukup miring dan jeram-jeramnya juga cukup berat, sehingga kamu tetap perlu ekstra hati-hati.

Nah, itu tadi beberapa tempat keren buat main rafting di Indonesia. Tinggal pilih aja nih mau nyobain yang mana. Sudah siapkah kamu berpetualang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *