7 Alasan Kenapa Liburan Naik Kereta Api Paling Hemat dan Asyik

Hal pertama yang dilakukan traveler sebelum berangkat jalan-jalan adalah menentukan jenis transportasi yang akan digunakan untuk mengantarnya sampai lokasi tujuan. Buat traveler yang sudah kenyang melanglang buana tentu sudah punya pilihan transportasi favorit yang selalu dijadikan pilihan utama setiap traveling.

Lalu bagaimana dengan traveler yang masih awam? Nah untuk pemula biasanya mengawali petualangannya dengan jalan-jalan ke lokasi yang jaraknya tidak jauh, paling tidak masih dalam satu pulau. Untuk itu transportasi darat menjadi pilihan yang tepat, selain irit juga bisa melihat pemandangan selama perjalanan. Transportasi darat yang aman dari macet tentunya kereta api. Itu hanya satu dari sekian keuntungan traveling dengan alat transportasi ini. Berikut kelebihan naik kereta api saat traveling selengkapnya.

1. Harga Tiket Kereta Api Murah Meriah Euy, Apalagi Kelas Ekonomi

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih kereta api sebagai transportasi saat traveling sudah dapat dinikmati sejak pemesanan tiket. Tiket kereta api relatif jauh lebih murah dibanding moda transportasi lainnya apalagi jika dibandingkan dengan pesawat. Lantas apa yang membuat tiket kereta ini bisa murah?

Harga Tiket Kereta Api Lebih Murah (c) parisbytrain.com

Harga Tiket Kereta Api Lebih Murah © parisbytrain.com

Traveler, dengan naik kereta api Anda tidak perlu membayar biaya tambahan seperti saat naik pesawat yang harus membayar biaya airport tax, kelebihan bagasi dan lain-lainnya. Pengin yang lebih terjangkau lagi? Anda tinggal membeli tiket kereta kelas ekonomi dijamin kantong Anda tetap tebal sesampainya di lokasi wisata.

2. Harga Tiket Kereta Api Paling Stabil

Jika diperhatikan harga transportasi umum yang paling stabil harganya ya cuma kereta api. Meskipun ada namun jarang sekali terdengar ada demo kenaikan tarif kereta api, yang sering terdengar malah protes naiknya tarif bus, angkot dan pesawat. Hal ini menjadi indikator bahwa memang harga tiket kereta itu stabil.

Harga Tiket Kereta Api Paling Stabil (c) conversation.which.co.uk

Harga Tiket Kereta Api Paling Stabil © conversation.which.co.uk

Bayangkan jika Anda naik pesawat, jika ingin pergi traveling pada momen tertentu Anda akan mendapati harga tiket yang bisa melonjak berkali-kali lipat menjelang hari H. Hal ini juga terjadi pada tiket kereta namun kenaikan harga masih dalam kisaran wajar. Mending naik kereta kan?

3. Nyaman Tidak Bikin Capek

Bisa dibilang naik kereta api itu lebih nyaman ketimbang naik pesawat maupun bus. Kenapa demikian? Alasannya ada pada penataan kursi penumpang. Bagi traveler yang sudah pernah naik pesawat, bus dan kereta api coba diingat-ingat lagi longgar mana jarak antar kursi penumpang dari ketiga moda transportasi tersebut?

kereta nyaman dan santai
kereta nyaman dan santai

Pada kelas yang sama, ternyata jarak kursi antar penumpang kereta api lebih longgar sehingga membuat penumpang nyaman duduk di atasnya. Dengan naik kereta Anda juga tidak akan merasakan guncangan seperti saat naik pesawat atau bus. Betul tidak?

4. Tidak Ada Penimbangan untuk Barang di Bagasi, Gratis Pula

Kalau mau traveling untuk waktu yang lama tentu butuh membawa perlengkapan yang tidak sedikit pula. Alhasil barang bawaan menjadi bejibun, jika naik kereta sudah tidak diragukan lagi akan kena biaya tambahan sana-sini terutama biaya bagasi belum lagi jika barang yang dibawa kelebihan muatan perlu biaya tambahan lagi. Ribet!
Naik Kereta Api Bebas Membawa Barang Bawaan (c) jogja.tribunnews.com
Naik Kereta Api Bebas Membawa Barang Bawaan © jogja.tribunnews.com

Hal tersebut tidak perlu Anda alami jika naik kereta api. Barang bawaan Anda tidak akan ditimbang seperti di bandara. Barang akan langsung masuk bagasi dan Anda tidak perlu khawatir dengan bobot perlengkapan yang Anda bawa. Masukkan saja ke gerbong, dan Anda tidak akan dimintai biaya tambahan oleh petugas stasiun.

5. Bebas Berkeliaran di Dalam Gerbong

Kelebihan selanjutnya dari naik kereta api adalah rasa kebebasan yang tak tertandingi. Bayangkan jika naik pesawat, Anda akan diikat pada sebuah kursi dengan sabuk pengaman yang membuat gerak menjadi terbatas. Apalagi jika lampu tanda wajib mengenakan sabuk pengaman dinyalakan pasti boring jadinya.

Bebas kemana-mana di dalam gerbong (c) static.republika.co.id

Bebas kemana-mana di dalam gerbong © static.republika.co.id

Lain halnya dengan naik kereta, Anda bisa bebas bergerak sebab tidak perlu pakai sabuk pengaman. Bonusnya Anda bisa jalan-jalan keliling gerbong selama di dalam kereta sambil menunggu sampai di tempat tujuan.

6. Bebas Macet

Jika dipikir-pikir pesawat juga bebas macet tapi harga tiketnya selangit. Dibanding naik bus yang rentan terjebak macet apalagi jika mengunjungi kota-kota besar atau traveling saat hari libur, kereta api adalah pilihan transportasi yang bisa mengantarmu kemana saja tanpa terjebak macet.

Naik Kereta Api Bebas Macet (c) uniqpost.com

Naik Kereta Api Bebas Macet © uniqpost.com

Kereta api memiliki jalur sendiri dan tidak ada yang namanya lampu merah untuk kereta api. Malah kendaraan lain yang harus berhenti jika kereta api akan lewat. Naik kereta api seperti naik kereta kencananya raja, jadi seperti diutamakan.

7. Menikmati Perjalanan

Naik pesawat yang terlihat hanya awan, naik bus kebanyakan rumah-rumah penduduk, naik kereta api? Nah, inilah yang membedakan naik kereta api dengan yang lainnya. Biasanya kereta api memiliki jalur tersendiri yang melewati tengah sawah dan hutan.

Pemandangan indah dari balik jendela kereta api (c) samleinad.files.wordpress.com

Pemandangan indah dari balik jendela kereta api © samleinad.files.wordpress.com

Pemandangan yang disuguhkan dari balik jendela lebih beragam dengan nuansa alam yang eksotis. Baru di perjalanan saja travelingmu bisa semenyenangkan itu pasti betah deh jika berlama-lama naik kereta api.

Dengan berbagai kelebihan itu tidak ada alasan lagi tidak memilih kereta api sebagai alat transportasi saat traveling. Khususnya untuk menjangkau tempat-tempat yang masih dalam satu pulau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *