Destinasi KEREN Bertemakan Bangunan Peninggalan Belanda di Pulau Jawa

Salah satu hukum tak tertulis untuk menjadi seorang traveller atau backpacker adalah tempat yang dapat dijadikan destinasi.

Tidak perlu harus bepergian ke luar negeri untuk mendapatkan destinasi wisata yang patut dikunjungi, karena banyak sekali tempat-tempat menarik yang dapat dituju di negeri sendiri dan rata-rata dapat dicapai tanpa harus mengeluarkan biaya berjuta-juta.

Dikarenakan ragam tempat tujuan sangat variatif, oleh karenanya perlu ditentukan terlebih dahulu tema apa yang akan diambil, agar scope penjelajahannya juga tidak melebar dan tidak tentu arah. Tema-tema yang dapat digunakan, seperti tema pantai, perkotaan, pedesaan atau juga yang berbau peninggalan kolonial.

Khususnya untuk yang bertemakan peninggalan kolonial Belanda, ada banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang beberapa di antaranya masih menyimpan bangunan-bangunan kuno zaman penjajahan yang dapat dikunjungi di Tanah Air.

Berikut ini beberapa kota dengan bangunan-bangunan bersejarah zaman kolonial yang dapat dijadikan destinasi tujuan wisata.

1. Jakarta

Apabila Anda berkunjung ke Jakarta, Anda dapat menuju salah satu gedung yang kabarnya dibangun tahun 1707-an dan masih berdiri sampai sekarang, yaitu Museum Fatahillah.

Museum Fatahillah Jakarta
Museum Fatahillah Jakarta

Gedung yang menjadi salah satu spot wisatawan lokal atau manca dan tempat favorit para fotografer ini masih mempertahankan ‘aura’ ke-Belanda-an nya.

2. Malang

Terkenal sebagai Kota Pendidikan, Kota Malang juga merupakan salah satu kota yang mempunyai spot tujuan wisata bertemakan kolonial, tepatnya di daerah sekitar Jalan Ijen dan sekitarnya.

Rumah Belanda di Jalan Ijen, Malang
Rumah Belanda di Jalan Ijen, Malang

Di daerah ini masih banyak berdiri bangunan bekas rumah-rumah peninggalan zaman Belanda yang masih terawat dengan baik.

3. Yogyakarta

Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu spot tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta
Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Sampai saat ini-pun, pemerintah daerah Yogyakarta juga terus merawat dan melestarikan bangunan peninggalan Belanda satu ini agar dapat mendatangkan pendapatan daerah dari para pelancong.

4. Bandung

Pastinya banyak orang mengetahui akan salah satu icon Kota ‘Kembang’ Bandung adalah Villa Isola. Tahukah Anda bahwa ternyata bangunan satu ini juga merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada bulan Juli 1933 dan masih terawat sampai sekarang ini.

Villa Isola, Bandung

Villa Isola awalnya merupakan villa pribadi seorang jutawan Belanda bernama Dominique Willem Berretty yang kini sudah menjadi milik UPI Bandung dan namanya diganti menjadi Bumi Siliwangi.

5. Surabaya

Kota yang terkenal dengan nama Kota Pahlawan karena aksi heroik para pahlawan dalam menggempur Belanda di masa lalu ini juga masih menyisakan beberapa bangunan zaman kolonial yang masih berdiri hingga kini, walaupun fungsinya telah berganti.

Hotel Yamato yang sekarang menjadi Hotel Majapahit, Surabaya
Hotel Yamato yang sekarang menjadi Hotel Majapahit, Surabaya

Bangunan peninggalan zaman penjajahan, seperti Hotel Yamato yang kini menjadi hotel majapahit, yaitu tempat perobekan bendera Belanda dan juga jembatan merah adalah contoh bangunan-bangunan yang didirikan sejak bertahun-tahun lalu dan masih tetap ada sampai sekarang.

6. Semarang

Di Kota Semarang, Anda dapat mengunjungi salah satu bangunan tua nan kuno yang juga kabarnya memiliki aura mistis kuat yang dinamakan Lawang Sewu.

Lawang Sewu, Semarang
Lawang Sewu, Semarang

Walaupun terkenal angker, akan tetapi keeksotisan Lawang Sewu justru menjadi tujuan wisata bagi banyak orang karena keaslian desain arsitekturnya masih terjaga hingga kini.

Dari 6 kota di atas, manakah yang menarik minat untuk Anda kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *