5 Biaya Tambahan yang Nggak Terduga Tapi Sering Muncul Waktu Traveling

Oke, kamu mungkin sudah merencanakan acara travelingmu sedetail mungkin. Mulai dari gimana berangkatnya, tempat menginap, tujuan wisata, sampai cara pulangnya. Dengan segala perencanaan tersebut, kamu tentu sudah menyiapkan berapa kira-kira anggaran dana yang akan akan kamu keluarkan selama liburan.

Tapi setelah liburan usai dan kamu menghitung kembali uangmu. Ups, ternyata kamu mengeluarkan uang jauh lebih banyak dari anggaran dana yang sudah kamu rencanakan. Nah, biaya tambahan seperti ini sering banget muncul waktu kamu liburan alias traveling. Hanya saja, sering kali kita nggak sadar ke mana sih larinya uang tersebut?

Inilah beberapa biaya tambahan yang nggak kamu perhitungkan dan ternyata malah jadi faktor kamu keluar lebih banyak uang.

1. Beli Makanan dan Minuman

Saat traveling memang sudah wajar kalau kamu mengeluarkan uang untuk makanan dan minuman. Karena itu, kebanyakan orang biasanya sudah memperkirakan berapa uang yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan ini. Sayangnya, harga makanan dan minuman bisa sangat mahal saat kamu traveling, apalagi waktu berkunjung ke tempat wisata yang terkenal dan ramai.

Cafe
Cafe

Satu botol air minum ukuran 1 liter yang biasanya hanya 4 sampai 5 ribu rupiah harganya bisa melonjak sampai 10 ribu rupiah. Belum lagi dengan jajanan yang banyak dijual di tempat wisata yang biasanya juga mematok harga jauh lebih mahal dari seharusnya. Pengeluaran dengan harga yang nggak standard seperti inilah yang sering kali menguras kantong lebih cepat. Karena harga yang dipatok bukanlah harga standard yang banyak dijual di tempat umum lainnya.

2. Biaya ATM

Ya kalau menarik uang di ATM bank kamu sendiri, biasanya memang nggak ada potongan biaya yang terlalu banyak. Bahkan kadang malah nggak pernah. Masalahnya, saat kamu sedan perjalanan ke luar kota atau bahkan luar pulau, apakah bank tempat kamu menabung sudah memiliki cabang ATM di sana?

ATM
ATM

Nah, pasalnya mengambil uang dari rekening bank yang berbeda akan ada biaya tertentu tergantung kebijakan masing-masing bank. Jadi, mengambil sedikit demi sedikit ke ATM milik bank yang berbeda akan membuatmu terus terkena potongan. Tapi tentu saja bawa uang terlalu banyak bisa mengundang kecurigaan dan kejahatan. Bawalah uang secukupnya, dan jika tempatmu berkunjung tidak ada ATM yang sesuai, maka ada baiknya kamu bawa uang tunai tapi sembunyikan di tempat yang benar-benar aman. Jadi kamu nggak bolak-balik terkena potongan.

3. Bagasi Pesawat

Sudah sejak lama layanan penerbangan mematok harga tambahan untuk kelebihan bagasi. Kadang sebagian orang lupa dengan hal ini dan langsung saja membawa barang-barang yang dirasa perlu dalam perjalanan mereka. Begitu berada di bandara, barulah mereka sadar bahwa barang yang dibawa itu ternyata lebih berat sehingga harus mengeluarkan biaya ekstra.

Bagasi Pesawat
Bagasi Pesawat

Biaya ini sebenarnya juga gampang dihindari kok. Kebanyakan pesawat nggak akan meminta biaya tambahan untuk tas yang bisa dimasukkan ke dalam wadah barang di dalam kabin yang terletak di bagian atas tempat duduk atau di bawah kursi. Jadi, kalau kamu bisa mengepak semua barang yang dibutuhkan dalam satu atau dua tas ukuran sedang, biaya ini bisa dihindari.

4. Nilai Penukaran Uang

Kebanyakan negara punya peraturan tetap tentang siapa saja yang bisa melakukan penukaran uang dan nilainya sudah ditentukan oleh negara. Para traveler bisa lega karena nilainya nggak akan berbeda di antara dua bank di jalan yang sama, meski kadang juga beberapa negara mengizinkan tempat penukaran uang menarik biaya untuk jasa menukarkan uang.

Mata uang
Mata uang

Namun, di negara yang nggak terlalu mengatur masalah ini, menukarkan uang kadang bisa menambah biaya juga. Setiap orang dengan uang lebih bisa membuat tempat penukaran uang sendiri dan menarik biaya atau memanipulasi nilai tukar uang semaunya sendiri.

5. Transportasi

Saat traveling, urusan transportasi sering terlewatkan dan nggak terlalu dipikirkan masak-masak. Apalagi sekarang dengan banyaknya resort dan tempat wisata yang sudah menyediakan tempat hiburan dan makan sekaligus. Jadi, para turis nggak perlu repot bepergian untuk cari makan atau hiburan.

Transport
Transport

Traveler yang berniat menjelajah hingga di luar wilayah resort tahu bahwa urusan transportasi bisa membuat perjalanan jadi unik, atau bahkan merusaknya. Nggak cuma itu saja, transportasi juga punya efek besar dalam masalah biaya total traveling.

Kadang kita sudah menyiapkan rencana traveling kita beserta biayanya dengan sedemikian rupa agar semua berjalan lancar. Tapi, pengeluaran ekstra yang seperti inilah yang kadang luput dari perhatian. Nah, jadi sebelum kamu membuat planning buat traveling, pastikan kamu menyisakan sedikit uang untuk pengeluaran ekstra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *