Indahnya Kabupaten Brebes, Mumbai van Java!

Traveler yang suka sekali dengan bawang goreng pasti sudah tahu dari mana asal bawang atau kota penghasil bawang di Indonesia. Yap, betul sekali Brebes, daerah ini memang dikenal sebagai penghasil bawang merah maka tak heran juga jika kabupaten yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat ini mendapatkan julukan sebagai Mumbai van Java a.k.a Bombay van Java.

Kali ini Indonesia Flight akan mengajak traveler menyusuri tempat-tempat yang elok di kabupaten Brebes yang katanya bikin gemes lantaran pemandangannya yang sedap dipandang mata maupun pun diabadikan dalam bingkai foto. Langsung saja kita mulai penjelajahan di daerah berpenduduk terbanyak di Jawa Tengah ini yuk.

1. Ranto Canyon, Grand Canyon a la Brebes

Jika Pangandaran Punya Green Canyon sebagai destinasi wisata yang disebut-sebut mirip Grand Canyon maka Brebes punya Ranto Canyon yang juge memiliki lanskap serupa. Awalnya kawasan di kawasan Perum Perhutani, Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes ini dikenal warga sebagai Leuwih Ranto tapi seiring tenarnya tempat ini dan banyak traveler yang menganggap mirip Grand Canyon maka dijulukilah Ranto Canyon.

ranto

Ranto canyon, via instagram

Ranto Canyon memiliki potensi besar untuk dijadikan tempat wisata populer di Brebes. Meski pengelolaannya masih dilakukan oleh swadaya masyarakat namun tempat keren ini sudah mempu menyedot animo pengunjung dari berbagai daerah di sekitar Brebes. Pengunjung akan diajak untuk melakukan river tubing atau berenang di sungai yang memiliki air terjun keren. Sungai ini diapit oleh tebing cadas setinggi 15-20 meter yang membuat daerah tersebut makin privat.

2. Jembatan Sakalibel, Tempat Menarik Untuk Berburu Gambar Epik

Jembatan Sakalibel bukanlah tempat wisata melainkan sebuah jembatan kereta api. Tapi bagi traveler yang hobi fotografi wajib hukumnya datang ke tempat ini kalau mau mendapatkan gambar yang epik. Sakalibel sendiri adalah singkatan dari Saka Lima Belas yang artinya jembatan ini memiliki 15 tiang penyangga.

Sakalibel, via instagram

Sakalibel, via instagram

Jembatan Sakalibel membentang di atas sungai Keruh di kawasan Bumiayu, Brebes. Umur jembatan ini sudah sangat tua karena dibangun pada masa kolonial Belanda yaitu tahun 1917. Dengan panjang 298 meter dan berlatar belakang pemandangan pegunungan yang cantik tempat ini layak untuk dijadikan spot hunting fotografi.

3. Pantai Randusanga, Pilihan Wisata di Pantai Utara Brebes

Dengan wilayah yang berbatasan dengan Laut Jawa di bagian utara, kabupaten Brebes semestinya memiliki banyak pantai yang bisa dipromosikan sebagai destinasi wisata. Namun untuk sementara hanya satu yang ramai dikunjungi dan telah dibuka untuk wisata komersil. Ialah Pantai Randusanga yang terletak di desa Randusanga dan berjarak 12 kilometer dari pusat kota Brebes.

randusanga

Pantai Randusanga, via instagram

Pantai Randusanga memiliki segala ciri khas pantai utara yakni berpasir hitam dan ombak yang landai. Oleh karena itu, pantai yang selalu ramai dikunjungi pada musim liburan ini relatif aman untuk digunakan berenang. Sejumlah fasilitas pendukung juga telah dibangun di sekitar pantai. Sebut saja permainan anak, panggung, arena grass track, serta rumah makan yang menghidangkan menu-menu seafood yang menggugah selera.

4. Agrowisata Kaligua, Destinasi Wisata Alam di Brebes Buat Ngadem Pikiran

Kawasan pegunungan di bagian selatan Brebes yang luasnya tidak seberapa ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang luar biasa. Bukan hanya curug-curug jelita ada pula perkebunan teh yang menghampar luas. Dikenal dengan nama Agrowisata Kaligua, ini merupakan kawasan wisata agro di dataran tinggi yang terletak di desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, kabupaten Brebes.
kaligua-brebes
Agrowisata Kaligua, via instagram

Diketahui bahwa Agrowisata Kaligua ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Teh yang dihasilkan dari perkebunan Kaligua ini adalah varietas teh hitam atau black tea dengan merk “Kaligua.” Mereka yang berkunjung ke kawasan wisata ini bukan hanya disuguhkan dengan pemandangan perkebunan yang lapang serta udara sejuk saja namun juga bisa mencicipi produksi teh hitam asli atau membelinya untuk oleh-oleh.

5. Curug Putri, Potensi Air Terjun di Daerah Yang Mayoritas Wilayahnya Dataran Rendah

Mayoritas topografi kabupaten Brebes didominasi oleh dataran rendah. Namun di sisi bagian selatan masih ada sisa-sisa deretan pegunungan yang berasal dari Gunung Slamet. Di kawasan inilah potensi alam berupa air terjun bisa dijumpai salah satunya adalah Curug Putri yang punya pemandangan cantik jelita.

curug-putri

Curug Putri, via instagram

Curug Putri adalah air terjun setinggi 35 meter di selatan Brebes. Curug ini cukup menarik terlihat dari tebing batunya yang membentuk ornamen unik. Traveler bisa mengunjungi curug ini dengan datang ke Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog. Nikmati sensasi wisata alam yang masih natural, berhawa sejuk dan berisiknya terjunan air yang jatuh dari atas tebing batu.

6. Waduk Malahayu, Kombinasi Waduk dan Alam Yang Sempurna Untuk Rekreasi Keluarga

Bagi traveler yang ingin rekreasi bareng keluarga di Kota Brebes tidak perlu bingung mencari destinasi. Berkunjung saja ke Waduk Malahayu di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jika sudah masuk di kecamatan Banjarharjo, waduk ini bisa dijumpai dengan berkendara sejauh 6 kilometer saja.

waduk-malahayu

Waduk Malahayu, via instagram

Waduk Malahayu dibangun pada masa kolonial Belanda di tahun 1930 sebagai sarana irigasi dan juga pengontrol banjir dan juga tempat rekreasi. Hal ini bisa dilihat dari fasilitas pendukung yang dibangun disekitar waduk seluas 944 hektar tersebut dimana ada kolam renang anak, mainan anak, becak air, perahu pesiar, perahu dayung, panggung terbuka serta disediakan tempat parkir yang cukup luas. Ada mitos menarik terkait keberadaan Waduk Malahayu, konon pasangan pengantin baru yang membasuh muka dengan air di waduk ini akan mendapatkan rumah rumah tangga yang langgeng.

7. Selain Waduk Malahayu, Traveler Juga Bisa Berkunjung ke Telaga Ranjeng Sebagai Destinasi Alternatif

Wisata ke telaga atau waduk juga bisa dilakukan traveler dengan berkunjung ke Telaga Ranjeng. Telaga ini terletak di desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Lokasinya satu kawasan dengan Agrowisata Kaligua, jadi jika ke agrowisata tersebut jangan lupa untuk mampir ke telaga ini.

Telaga Ranjeng [via Instagram]
Telaga Ranjeng [via Instagram]

Telaga yang berada di kaki Gunung Slamet ini dibangun pada tahun 1924 dan merupakan bagian dari kawasan cagar alam milik Perhutani Pekalongan Timur. Luasnya lebih kecil dibanding Waduk Malahayu, hanya sekitar 48,5 hektar. Tapi panorama sekitarnya tak kalah indah karena dikelilingi oleh hutan pohon damar dan pinus serta pegunungan yang mengepung. Konon di telaga ini hidup spesies lele jinak yang dikeramatkan oleh warga sekitar.

8. Menengok Sentra Penghasil Bawang Merah Brebes di Larangan

Di awal sudah dijelaskan bahwa Brebes adalah Kota Bawang yang mengindikasikan bahwa kota ini merupakan daerah penghasil bawang merah di Indonesia. Maka tidak lengkap jika jalan-jalan di Brebes tidak berkunjung ke daerah penghasil bawang di daerah Larangan.

87-larangan

Larangan, via instagram

Larangan adalah nama sebuah desa di kecamatan Larangan, kabupaten Brebes. Daerah ini berada di jalur alternatif kota Jogjakarta menuju Jakarta, sehingga pengendara yang melintasi jalur ini akan disuguhi area persawahan yang luas penuh dengan tanaman bawang. daerah ini dikenal sangat subur dan menghasilkan bawang merah terbaik. Coba saja berkunjung, bukan tidak mungkin traveler akan mendapat harga bawang yang lebih murah jika membeli di petaninya langsung.

9. Main Perahu di Waduk Penjalin Dijamin Menyenangkan

Kembali lagi ke kecamatan Paguyangan, masih ada waduk lain yang musti traveler kunjungi yaitu Waduk Penjalin. Waduk ini dibangun oleh Kolonial Belanda bersamaan dengan Waduk Malahayu di kecamatan Banjarharjo. Waduk ini berada satu kecamatan dengan Telaga Ranjeng dan berfungsi sebagai penyuplai irigasi Sungai Pemali bawah.

penjalin

Waduk Penjalin, via instagram

Selain itu Waduk ini juga menjadi destinasi rekreasi keluarga yang murah meriah. Pada musim liburan akan banyak wisatawan yang berkunjung untuk bersantai atau berkeliling waduk menggunakan perahu. Lebih seru lagi jika datang pada libur lebaran dimana di kawasan waduk ini selalu diadakan lomba menangkap itik yang sangat seru.

10. Curug Sindang Heula, Masih Tersembunyi dan Layak Dikunjungi

Ada curug cantik yang keberadaannya masih tersembunyi dari radar traveler. Letaknya di desa Sindangheula, kecamatan Banjarharja, kabupaten Brebes. Bagian selatan desa ini merupakan rangkaian dari gunung Kendeng, dengan puncaknya gunung Kumbang setinggi 1.218 mdpl.

Curug Sindang Heula [via Instagram]
Curug Sindang Heula [via Instagram]

Dengan topografi yang seperti itu sudah tentu desa ini menyimpan kekayaan alam yang berpotensi menjadi destinasi wisata. Benar saja sebab di dalam desa ini ada curug cantik yang diberi nama sesuai dengan desa keberadaannya yaitu Curug Sindang Heula. Curug yang tidak terlalu tinggi ini memancarkan air dengan debit yang cukup deras. Tebing batu yang gahar makin mempercantik tampilan curug.

Selain dikenal sebagai kota penghasil bawang merah ternyata Brebes juga punya tempat-tempat keren yang berpotensi menjadi obyek wisata populer kan? Masih ada destinasi yang belum disebut Indonesia Flight? Kolom komentar di bawah tersedia buat kamu yang mau melengkapinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *