5 Etika Meja Makan di Dunia yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Bepergian ke Luar Negeri

Kamu mungkin terbiasa makan dengan sopan dan mengikuti segala etika yang ada. Tapi, saat kamu berada di negara lain, tata caranya bisa sangat berbeda dengan yang biasa kamu kenal dan lakukan. Apa yang sopan di negara asal, belum tentu berlaku yang sama di negara lainnya.

Nah, mengenali etika penting seperti ini tidak cuma akan membantumu menghindari situasi yang nggak menyenangkan gara-gara dianggap nggak sopan. Mengikuti etika yang baik juga bisa membantumu punya teman baru. Makanya, ada baiknya kamu belajar etika meja makan di berbagai negara di dunia ini sebelum bepergian ke luar negeri.

1. Thailand

Ketika kamu makan di Thailand, jangan memasukkan makanan ke mulutmu dengan menggunakan garpu. Jika menu tersebut mengandung nasi, garpu cuma digunakan untuk mengarahkan makanan ke sendok dan kamu bisa memasukkan makanan ke mulut dengan menggunakan sendok tersebut.

Menu Thailand
Menu Thailand

Tapi, ada beberapa pengecualian lagi. Beberapa menu dari Thailand Utara atau Timur Laut biasanya dimakan langsung menggunakan tangan. Serta menu makanan yang tidak mengandung nasi bisa menggunakan garpu.

2. Korea

Di Korea, jika seseorang yang lebih tua menawarimu minum, angkat gelasmu dan terima minuman yang dituangkannya dengan menggunakan dua tangan. Melakukan hal ini adalah simbol menghormati orang yang lebih tua, suatu hal yang penting dalam budaya Korea.

Sajian Korea
Sajian Korea

Setelah menerima minuman tersebut, kamu harus menoleh dan minumnya seolah minum sembunyi-sembunyi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, jangan mulai makan sampai pria tertua sudah makan duluan. Serta jangan meninggalkan meja sebelum orang tersebut selesai makan.

3. Timur Tengah, India, Afrika

Di India Selatan, kamu nggak boleh makan dengan menggunakan tangan kiri. Bahkan menyentuh piring dengan tangan kiri juga dianggap tidak sopan. Hal ini karena tangan kiri diasosiasikan dengan kegiatan toilet sehingga dianggap kotor.

Sajian menu India
Sajian menu India

Bukan cuma urusan makan saja, kamu juga tidak boleh memberikan dokumen penting dengan menggunakan tangan kirimu. Kalau kamu adalah orang yang kidal, maka nggak masalah memakai tangan kiri asalkan tangan kananmu diam

4. China

Saat makan ikan, kebanyakan orang biasanya akan membaliknya setelah satu sisi sudah selesai semua dimakan. Tapi jika kamu berada di China terutama di China Selatan dan Hong Kong, jangan melakukan kebiasaan tersebut.

Ikan
Ikan

Membalik ikan dalam bahasa China adalah “dao yue”, sebuah frasa yang mirip dengan “nasib sial”. Selain itu, membalik ikan dianggap sama seperti mengatakan kapal nelayan akan terbalik. Bahkan orang yang sangat percaya mitos biasanya nggak akan memakan bagian bawah ikan sementara yang lainnya akan menarik semua tulangnya dulu agar bisa memakan bagian bawahnya.

5. Jepang

Di Jepang, jangan pernah menancapkan sumpit pada nasi dengan posisi berdiri. Posisi seperti ini hanya digunakan pada saat pemakaman dan untuk orang yang sudah meninggal saja.

Sushi
Sushi

Jika kamu ingin meletakkan sumpit sejenak saat makan, sumpit harus diletakkan dengan posisi rapat tepat di depanmu dalam posisi paralel dengan meja. Atau jika ada tatakan khusus untuk sumpit, letakkan di tempat tersebut.

Negara dengan budaya yang berbeda akan memiliki etika yang berbeda pula. Karena itulah belajar budaya dan etika di negara lain akan membuka pikiran dan menambah wawasanmu dengan lebih luas lagi. Dengan demikian, kamu nggak perlu merasa kaku atau rikuh saat berada di negara lain serta kamu bisa lebih mudah mendapatkan teman baru di sana.

Karena itulah, jangan takut traveling dan mulailah liburan ke tempat-tempat yang baru. Langsung pesan tiketmu pakai aplikasi Indonesia Flight yang akan memudahkanmu membeli tiket pesawat. Jadi, kamu bisa traveling kemanapun sesuka hatimu dengan lebih gampang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *