Liburan SUPER HEMAT dan Wisatanya LENGKAP, Hanya di Blitar

Blitar adalah satu dari 29 kabupaten dan 9 kota di Jawa Timur yang memiliki sejarah panjang. Secara administratif, daerah yang wilayahnya berada di sisi selatan pulau Jawa ini terbagi atak kabupaten dan kotamadya. Di dalam kota ini pula presiden pertama RI, yaitu Bung Karno disemayamkan dan menjadi salah satu destinasi wisata ziarah yang banyak dikunjungi.

Sebagai daerah yang memiliki banyak julukan seperti Kota Proklamator, Kota Patria, Kota Peta hingga Kota Koi, Blitar juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Selain mengandalkan alamnya, keberadaan reruntuhan candi dari zaman Majapahit juga menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Berikut Indonesia Flight rangkum tempat-tempat menarik di Blitar yang layak untuk kamu singgahi.

1. Candi Penataran, Kemegahan Candinya Takkan Terlupakan

Rasanya kurang afdol jika berkunjung ke Blitar namun tidak mengunjungi ikon wisatanya. Tempat pertama yang wajib kamu kunjungi adalah candi Penataran. Lokasi candi ini berada di kaki Gunung Kelud atau tepatnya berada di desa Penataran, kecamatan Nglegok, kabupaten Blitar. Memiliki nama lain sebagai candi Palah, candi Penataran ini disebut-sebut sebagai candi paling besar dan megah di Jawa Timur.

13-candi-penatara

Candi Penataran, via Instagram

Menurut penelitian candi Penataran dibangun pada tahun 1194 oleh Raja Kerajaan Kediri yang bernama Raja Çrnga. Kemudian pada saat Inggris menguasai Indonesia, candi ini ditemukan oleh Letnan Gubernur Jendral Sir Thomas Stamford Raffles, persisnya di tahun 1815. Pembangunan candi Hindu Siwa ini dipercaya sebagai tempat pemujaan warga zaman dahulu untuk menghindarkan desanya dari bahaya letusan Gunung Kelud.

2. Mengunjungi Kompleks Makam Bung Karno, Presiden Pertama Indonesia

Meski tidak lahir di Blitar namun presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno dimakamkan di kota ini. Traveler bisa berkunjung ke makam Bung Karno di alamat Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan, sekitar 3 km dari pusat kota.

14-makam-soekarno

Kompleks Makam Bung Karno, via Instagram

Kompleks pemakaman Bung Karno menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi bukan saja wisatawan dari dalam negeri namun juga mancanegara. Oleh sebab itu pihak pengelola membangun fasilitas pendukung yang lengkap untuk memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Di area seluas 1,8 hektar ini tersedia pula pusat cindera mata yang dapat dijadikan oleh-oleh. Setelah dari makam Bung Karno, kamu bisa melanjutkan kunjungan ke Istana Gebang yang merupakan kediaman orang tua Soekarno.

3. Rambut Monte, Wisata Alam Berupa Telaga yang Dihuni Ikan Dewa

Beranjak menuju desa Krisik, kecamatan Gandusari terdapat tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga yaitu Wisata Rambut Monte. Lokasinya tidak begitu jauh dari pusat Kota Blitar hanya berjarak sekitar 30 km saja. Di kawasan tersebut terdapat telaga, candi, dan juga petilasan atau tempat untuk bersemedi. Semuanya dikelilingi oleh pepohonan hijau dan persawahan warga.
15-rambut-monte
Wisata Rambut Monte, via Instagram
Telaga yang ada di kawasan wisata Rambut Monte ini punya air jernih yang menggodamu untuk berenang di dalamnya. Tapi jangan buru-buru masuk, sebab ini area terlarang untuk direnangi pasalnya kolam tersebut dihuni oleh ikan dewa yang dipercaya warga sebagai ikan keramat. Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sana adalah bersantai di gazebo sambil menikmati sejuknya udara lereng Gunung Kelud.

4. Memacu Adrenalin Dengan Arung Jeram Soko Adventure

Agar lebih bersemangat lagi mengelilingi Blitar sebaiknya kamu berkunjung dulu ke Arung Jeram Soko Adventure. Ini merupakan destinasi untuk mereka yang suka tantangan dan pecandu adrenalin. Berada di Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar kamu bisa berarung jeram di dua sungai yakni Sungai Tiko dan Sungai Lekso.

Sambil menaiki perahu karet dan menakhlukkan arus sungai yang deras dan medan yang terjal kamu juga akan disuguhi pemandangan alam pedesaan yang damai. Setiap peserta akan dibekali dengan peralatan keselamatan yang lengkap dan juga didampingi oleh tenaga profesional yang menjamin kegiatan ini aman untuk dilakukan. Bagi yang takut air, bisa mencoba kegiatan lain yang juga tak kalah seru seperti outbond, kemping atau bersantai di kafe.

5. Bermain Air di Pantai Tambakrejo yang Menawan

Sebagai salah satu daerah yang berada di pesisir selatan Jawa maka sudah barang tentu jika Blitar memiliki segudang wisata pantai. Oleh sebab itu jika berkunjung ke sana wajib hukumnya untuk kamu menyambangi satu persatu pantainya yang menawan. Pantai pertama yang harus kamu sambangi adalah Pantai Tambakrejo.
16-pantai-tambak-rejo
Pantai Tambakrejo, via Instagram
Pantai Tambakrejo berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Jaraknya hanya sekitar 30 km dari pusat kota ke arah selatan yang berarti bisa traveler sambangi kurang dari satu jam perjalanan. Pantai ini menjadi obyek wisata yang paling banyak dikunjungi traveler sebab memiliki panorama yang indah dengan pantai berpasir putih dan ombak yang tidak begitu besar sehingga cukup aman untuk digunakan bermain-main hingga berenang.

6. Pasetran Gondo Mayit, Pantai Perawan di Blitar

Bagi traveler yang suka blusukan Indonesia Flight rekomendasikan Pantai Pasetran Gondo Mayit. Pantai ini masih satu lokasi dengan Pantai Tambakrejo sama-sama berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Hanya saja kedua pantai ini terpisah oleh sebuah bukit yang musti kamu panjat sebelum menemukan pantai indah ini.
gongo-mayit
Pasetran Gondo Mayit, via Instagram
Untuk menyambangi pantai ini jelas langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah datang ke Pantai Tambakrejo. Pantai Pasetran Gondo Mayit berada di sebelah timur, kamu harus menyeberang sungai dan memanjat bukit kemudian trekking di sana. Barulah kamu akan menemukan pantai indah yang memiliki nama seram. Konon nama Gondo Mayit diberikan lantaran banyak ditemukan mayat pada zaman dahulu di sana.

7. Pantai Peh Pulo, Pantai yang Mulai Naik Daun di Blitar

Pantai lainnya di Blitar yang wajib kunjung adalah pantai Peh Pulo. Nama pantai ini mulai familiar di telinga banyak traveler karena memang tengah naik daun lantaran memiliki panorama yang indah. Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Panggung Rejo, jarak tempuhnya dari pusat kota cukup lama yaitu lebih dari satu jam perjalanan melintasi jalan terjal berbukit.
peh-pulo
Pantai Peh Pulo, via Instagram
Namun pemandangan laut yang dibagi menjadi tiga yaitu Wedhi Ombo, Wedhi Ciut dan juga Wedhi Kembar ini bisa menjadi penawar lelah yang mujarab. Traveler yang datang diharap membawa bekal sendiri sebab belum banyak toko dan warung yang beroperasi di sana. Selain ketiga pantai yang sudah disebutkan Indonesia Flight, Blitar masih punya sederet pantai keren lain yang layak untuk kamu kunjungi seperti pantai Pangi di Kecamatan Bakung, Pantai Jolosutro di Kecamatan Wates, Pantai Serang di kecamatan Panggungrejo dan sederet pantai lainnya.

8. Menjelejahi Keindahan Gua Embultuk, Satu-satunya Gua di Blitar

Selain punya pantai Blitar juga punya gua yang indah. Namanya adalah Gua Embultuk, berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar gua ini cukup mampu untuk memuaskan traveler yang hobi sekali cavingan. Untuk menyusuri lorong sepanjang 1,5 km yang ada di gua ini kamu harus menyeberangi sistem sungai bawah tanahnya.
Gua Embultuk [via Instagram]
Gua Embultuk [via Instagram]
Dari pusat kota traveler musti berkendara selama 1 jam dan menempuh jarak 40 km untuk menyambangi gua ini. Lokasinya belum begitu ramai dikunjungi traveler sehingga pas untuk kamu yang suka dengan privasi. Akses jalan yang dilalui sudah cukup lebar karena pemerintah telah membangun jalan menuju ke sana. Coba, kita tantang kamu untuk menjelajah ke dalam gua dan seberapa dalam kamu berani menjelajahinya.

9. Kebun Teh Sirah Kencong, Nikmati Kesegaran Alam Pegunungan Blitar

Menutup perjalananmu di Blitar kamu bisa berkunjung ke Perkebunan Teh Sirah Kencong. Di sana kamu bisa menikmati kesegaran suasana pegunungan layaknya di perkebunan teh Puncak, Bogor. Bedanya kebun teh di Blitar ini berada di kaki Gunung Kawi. Tepatnya ada di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.
kebun-teh
Kebun Teh Sirah Kencong, via Instagram
Bukan hanya memandangi hijaunya hamparan kebun teh saja saat kamu berada di sana. Di lokasi setinggi 1.200 mdpl ini traveler bisa menemukan air terjun Wana Tirta Kencana dan juga candi Sirah Kencong. Untuk mencapainya kamu harus berkendara dari pusat kota selama kurang dari setengah jam dengan menempuh jarak sekitar 35 km saja ke arah timur.
Rasanya tidak cukup sehari untuk kamu menjelajahi kota indah ini. Luangkan waktumu dan menginaplah barang dua tiga hari biar semua obyek wisata di Blitar dapat kamu singgahi. Daftar di atas hanya sebagian saja dan masih banyak tempat menarik lain yang layak untuk dikunjungi. Kamu yang punya rekomendasi bisa turut berbagi dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *