5 Museum Saksi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia

Indonesia punya sejarah yang panjang sebelum akhirnya bisa berdiri menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Perjuangan kerasnya ini juga melewati berbagai peperangan dan penderitaan yang jelas memakan banyak nyawa bangsa kita.

Lewat keberadaan museum perjuangan, kita diharapkan mampu memahami apa yang dilewati para pejuang pada zaman dahulu demi merebut kemerdekaan. Dengan mengetahui perjuangan mereka, kita bisa bangkit menjadi sosok yang cinta pada tanah air dan rela berjuang untuk semakin memajukan negara kita.

1. Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Memasuki museum ini, kamu akan disambut dengan patung Sultan Thaha Saifudin yang berdiri di antara dua harimau sumatera. Patung ini menggambarkan perjuangan rakyat Jambi melawan penjajahan Belanda yang dipimpin oleh Sultan Thaha pada tahun 1855-1904.

Museum Perjuangan Rakyat Jambi [via Instagram account: ayokemuseum]
Museum Perjuangan Rakyat Jambi [via Instagram account: ayokemuseum]
Karena memang museum perjuangan melawan Belanda, kamu akan menemukan banyak gambaran dan kisah perjuangan rakyat Jambi di dalamnya. Museum ini memamerkan senjata-senjata perang yang digunakan pada masa itu. Selain itu, kamu jgua bisa melihat diorama yang menggambarkan perjuangan rakyat Jambi mulai dari masa kemerdekaan Nasional hingga saat Belanda menolak mengakui kemerdekaan Indonesia.

2. Museum Brawijaya

Di kota Malang juga terdapat museum yang menyimpan banyak sejarah masa penjajahan, yaitu museum Brawijaya. Di sini, kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang bagaimana perjuangan Tentara Keamanan Rakyat alias TKR pada masa Agresi Militer Belanda I dan II.

Museum Brawijaya [via Instagram account: nopnouph]
Museum Brawijaya [via Instagram account: nopnouph]
Selain itu, di sini juga dipamerkan dokumentasi perjalanan Panglima Besar Soedirman serta koleksi furniture dari kantor Gubernur Jawa Timur yang dulu pernah digunakan untuk Konferensi Meja Bundar. Di halaman tengahnya juga terdapat sebuah gerbong maut yang dulu dipakai untuk mengangkut tahanan para pejuang Indonesia.

3. Museum Perjuangan Bogor

Museum yang terletak di Bogor ini menyimpan banyak koleksi benda bersejarah pada masa perjuangan melawan Belanda. Koleksi yang tersimpan di sini meliputi beragam senapan yang digunakan saat merebut kemerdekaan serta hasil rampasan dari Jepang dan Inggris. Di sini juga ada beberapa koleksi pakaian pejuang yang sebagian diantaranya masih memiliki noda darah asli.

Museum Perjuangan Bogor [via Instagram account: lendakmi]
Museum Perjuangan Bogor [via Instagram account: lendakmi]
Selain senjata-senjata dan mata uang zaman VOC, kamu juga akan menemukan koleksi diorama dari pertempuran yang terjadi di Bogor. Ada diorama pertempuran Bojong Kokosan, Pertempuran Maseng, Pertempuran di Kota Paris, Pertempuran Bantammer Weg, serta Pertempuran Cemplang.

4. Museum Perjuangan Jogjakarta

Sejarah perjuangan bangsa Indonesia juga bisa kamu pelajari di museum perjuangan Jogjakarta. Muesum ini menyimpan banyak kenangan bangsa Indonesia mulai dari dari senjata yang dulu digunakan sampai replica para pejuang kemerdekaan.

Museum Perjuangan Jogjakarta [via Instagram account: natsir_dabey]
Museum Perjuangan Jogjakarta [via Instagram account: natsir_dabey]
Di tempat ini kamu juga akan menemukan banyak senjata tradisional yang dulu pernah digunakan untuk merebut kemerdekaan. Selain itu, di museum ini juga ada relief yang melukiskan zaman peperangan serta replikan senjata Belanda.

5. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Gedung ini dibangun sebagai monumen peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, yaitu saat merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dulunya bangunan ini adalah rumah Laksamana Maeda dan baru difungsikan sebagai museum sejak tahun 1992.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi [via Instagram account: pendekar_payung_pink]
Museum Perumusan Naskah Proklamasi [via Instagram account: pendekar_payung_pink]
Di sini, kamu akan menemukan ruangan yang menjadi tempat naskah proklamasi dirumuskan. Ada juga ruangan yang digunakan untuk rapat oleh Soekarno dan Hatta bersama yang lainnya serta ruangan tempat bapak negara kita ini menandatangani naskah proklamasi.

Itulah tadi sebagian museum yang bisa kamu kunjungi jika ingin mengetahui banyak hal tentang sejarah perjuangan Indonesia. Selain 5 tempat tersebut, tentu masih ada tempat-tempat lain yang tidak kalah bersejarah. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk melupakan sejarah perjuangan Indonesia begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *