Mendinginkan Pikiran dengan Liburan ke Temanggung, Eropa Van Java

Posisi kabupaten Temanggung secara geografis dikepung oleh empat kabupaten lain yaitu Kendal, Semarang, Magelang dan juga Wonosobo. Oleh sebab itu, daerah ini tidak memiliki pantai yang umumnya menjadi daya tarik utama pariwisata. Ketiadaan laut sepertinya tidak menjadi persoalan berarti bagi Temanggung, keindahan daratannya yang dipenuhi dengan pegunungan menjadi pengganti yang sepadan.

Memang nama Temanggung belum begitu diperhitungkan sebagai destinasi wisata. Namun di situlah letak kelebihan kabupaten ini, dengan berkunjung ke sana traveler akan lebih leluasa menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Sebab meski namanya jarang disinggung, Kabupaten Temanggung tidak pernah nanggung untuk memanjakan traveler yang berkunjung lewat keindahan alamnya yang agung. Berikut Indonesia Flight rangkum tempat-tempat mana saja yang keren untuk dikunjungi.

1. Gunung Sumbing, Surga Bagi Petualang, Asyik Untuk Kemping

Ingin merasakan berada di negeri atas awan? Temanggung punya solusi untuk kamu yaitu dengan mendaki Gunung Sumbing. Gunung yang menjadi anggota seven summit pulau Jawa ini menawarkan petualangan seri buat traveler yang hobi petualangan. Menakhlukkan gunung setinggi 3371 mdpl cukup sepadan dengan perjuangan yang akan kalian lakukan.

sumbing

Gunung Sumbing, via instagram

Gunung Sumbing menjadi gunung tertinggi ketiga di pulau Jawa di bawah Gunung Semeru dan Slamet. Pemandangan yang dimiliki gunung ini pun menjadi salah satu yang paling top sehingga pendaki rebutan untuk naik ke puncaknya. Dikenal ada dua jalur pendakian, pertama lewat Wonosobo dan kedua lewat Temanggung. Meski rute dari kabupaten ini lebih panjang namun pemandangan yang akan kalian dapatkan tidak kalah keren seperti yang kalian lihat pada foto di atas.

2. Kledung Pass, Rest Area yang Paling Keren Se-Indonesia

Bagi traveler yang rutin mudik setiap tahun tentu tidak asing dengan nama rest area. Suatu kawasan yang dibangun sebagai tempat istirahat dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seru. Nah, rest area yang ada di Temanggung ini mungkin menjadi yang paling keren se-Indonesia. Pasalnya rest area ini memiliki pemandangan alam berupa gunung kembar yaitu Sindoro dan Sumbing. Jangan kaget jika banyak pengemudi yang sengaja untuk beristirahat sekaligus rekreasi di tempat ini.

Kledung Pass, via instagram

Kledung Pass, via instagram

Namanya adalah Wisata Rest Area Kledung Pass yang terletak di Jalan Raya Kledung Km. 18, Kabupaten Temanggung. Dalam satu hari jalur ini bisa dilewati 700-1000 kendaraan dan tak sedikit pula yang mampir di tempat ini. Mengerti akan potensi yang dimiliki, pemkab Temanggung merencanakan pengembangan daerah tersebut sebagai kawasan wisata. Berbagai fasilitas mulai dibangun seperti hotel, restoran dan bahkan rencana jangka panjang akan dibangun pula kereta gantung di lereng gunung Sumbing.

3. Jumprit, Desa Wisata Menarik dengan Sejarah yang Penuh Intrik

Desa Wisata Jumprit sangat cocok untuk wisatawan yang ingin merefresh otak dan mengecas ulang energi. Desa yang terletak di kecamatan Ngadirejo ini menyimpan pesona alam yang masih alami serta berada di dataran tinggi. Traveler yang berkunjung hanya perlu berkendara kurang lebih satu jam dari pusat kota atau menempuh jarak sekitar 26 kilometer dengan kondisi jalan beraspal mulus dan berkelok-kelok.

jumprit

Desa Wisata Jumprit, via instagram

Desa Jumprit ini berada di ketinggian 800 mdpl atau di kaki Gunung Sindoro sehingga udara sejuk khas pegunungan akan memanjakan traveler setiap detik. Di desa ini terdapat area kemping di tengah hutan pinus yang lebat. Tempat inilah yang kemudian menjadi rebutan para traveler. Dengan segala keindahannya kalian tidak akan menyangka jika sejarah desa ini penuh dengan intrik mulai dari tempat pengasingan raja terakhir Kerajaan Majapahit hingga keberadaan sendang yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

4. Berjumpa Dengan Candi Pringapus yang Melegenda

Masih berada di kecamatan yang sama terdapat sebuah situs peninggalan sejarah berupa Candi Pringapus. Candi Hindu ini terletak di desa Pringapus, kecamatan Ngadirejo berjarak 22 km dari pusat kabupaten Temanggung. Berdasarkan prasasti yang ditemukan di dekatnya, candi tersebut dibangun pada tahun 850 Masehi.
pringapus
Candi Pringapus, via instagram

Candi Pringapus menjadi salah satu tujuan wisata populer di kalangan anak-anak sekolah. Terlebih pada hari libur, jumlah kunjungan bisa meningkat dua kali lipat yang umumnya didominasi oleh traveler di kota-kota sekitar Temanggung. Kalian bisa menjadikan candi ini sebagai destinasi wisata edukasi guys.

5. Wisata Alam Posong, Indahnya Luar Biasa Bikin Bengong

Selain Kledung Pass, untuk menikmati megahnya Gunung Sindoro dan Sumbing juga dapat dilakukan dengan berkunjung ke Wisata Alam Posong. Letaknya di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Tempat ini tergolong masih baru dan terus dikembangkan sebagai destinasi wisata.

posong

Wisata Alam Posong, via instagram

Persembahan alam di kawasan Wisata Alam Posong tidak bisa dipandang sebelah mata, meski tergolong pendatang baru namun tempat ini digadang-gadang menjadi spot golden sunrise yang sejajar dengan daerah Sikunir di Wonosobo. Yang pasti penampakan gunung kembar Sindoro dan Sumbing menjadi daya tarik utama buat traveler yang berkunjung.

6. Curug Onje, Air Terjun di Pedalaman Buat Traveler yang Hobi Petualangan

Curug Onje terletak di desa Duren, kecamatan Bejen. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota sehingga dibutuhkan waktu 1, 5 jam berkendara menuju ke lokasi. Setelah itu kendaraan diparkir di rumah terakhir di desa tersebut dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan dan perkebunan warga.

curug-onje

Curug Onje, via instagram

Curug Onje merupakan sebutan untuk 7 air terjun yang berada di sepanjang aliran sungai di desa Duren. Hingga saat ini potensi wisata di Curug Onje memang belum digali secara optimal. Namun melihat keindahan yang ada di sana bukan tidak mungkin suatu saat nanti kawasan ini akan menjadi salah satu destinasi wisata populer di Temanggung.

7. Situs Liyangan, Kawasan Tambang Pasir yang Penuh Situs Sejarah

Jika di daerah lain area penambangan galian C berupa pasir dan batu menjadi obyek wisata lantaran menyisakan bekas tambang yang mirip Grand Canyon maka lain ceritanya dengan yang ada di Temanggung. Area tambang ini juga menyimpan potensi wisata namun dalam bentuk penemuan situs bersejarah berupa reruntuhan candi dan benda-benda bersejarah lainnya.

situs-liyangan

Situs Liyangan, via instagram

Tempat ini berada di lereng Gunung Sindoro atau tepatnya di dalam kompleks Situs Liyangan. Diperkirakan bahwa area Situs Liyangan ini dulunya adalah wilayah perdusunan di zaman Mataram Kuno pada abad ke-9. Menurut penelitian Balai Arkeologi, kawasan ini terdiri dari tiga bagian yaitu area hunian, peribadatan dan kawasan pertanian. So, banyak hal yang akan kamu pelajari dengan berkunjung ke sana.

8. Embung Kledung, Tempat Rekreasi yang Berasa di Eropa

Embung Kledung adalah penampungan air atau waduk mini berukuran 83 meter x 83 meter yang terletak di Desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Embung ini baru dibangun tahun 2010 silam dengan biaya dari hasil pita cukai rokok. Fungsinya sebagai sumber pasokan air bersih bagi warga sekitar serta kebutuhan pertanian.

embung-kladung

Embung Kledung, via instagram

Selain itu embung ini juga memiliki potensi wisata yang menjanjikan. Dengan latar belakang hutan cemara dan Gunung Sindoro serta Sumbing membuat liburan di sana berasa seperti di Eropa. Tempat ini layak kamu kunjungi selama berada di Temanggung, dan rasakan sensasi liburan yang anti mainstream di kawasan pegunungan.

Tempat favoritmu belum masuk dalam daftar? Jangan kecewa, kalian tetap bisa memperkenalkan potensi wisata di daerahmu dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *