5 Alasan yang Sering Bikin Kamu Gagal Traveling dan Bagaimana Mengatasinya

Siapa sih yang nggak suka traveling? Menjelajah tempat-tempat baru dan indah itu adalah pengalaman yang menyenangkan. Nggak cuma bisa meredakan rasa stres akibat rutinitas sehari-hari yang melelahkan, tapi juga bisa memperluas wawasan dan membuat kamu jadi lebih terbuka.

Tapi sayang, nggak banyak orang yang bisa melakukan traveling. Selalu ada saja alasan yang membuat orang-orang akhirnya nggak mencoba untuk keluar dari zona nyaman mereka dan hanya berdiam diri saja. Berikut ini beberapa alasan yang sering diungkapkan.

1. Biayanya Nggak Ada

Alasan yang paling umum diungkapkan adalah biaya traveling itu mahal dan nggak punya cukup uang untuk bisa melakukannya. Mulai dari harga pesawat, hotel, tiket wisata, uang makan, dan banyak lagi hal lain yang selalu menjadi kekhawatiran. Traveling sebenarnya nggak harus mahal kalau kamu cukup pintar untuk mengatur pengeluarannya.

Traveling
Traveling

Kalau kamu liburan seperti seorang turis yang harus tinggal di hotel besar, makan di restoran, dan kemana-mana naik mobil, tentu saja kamu membutuhkan banyak uang. Padahal di luar sana banyak hotel atau tiket penerbangan murah yang bisa kamu pilih. Tiket pesawat murah juga bisa dengan gampan kamu dapatkan dengan membelinya pakai aplikasi Indonesia Flight. Sementara untuk urusan makan, nggak harus di restoran mahal, streetfood atau warung-warung murah yang bersih juga banyak bertebaran. Berapapun pemasukanmu, kalau kamu bisa menabung dan berhemat, kamu akan selalu bisa traveling.

2. Nggak Punya Cukup Waktu

Alasan selanjutnya adalah nggak punya waktu. Entah karena kerja, sekolah, keluarga, dan banyak lagi alasan lainnya. Tapi, apakah kamu yakin nggak akan menyesal jika setelah tua nanti pada akhirnya kamu nggak pernah pergi kemanapun dan hanya membayangkan traveling impianmu yang pada akhirnya nggak pernah terwujud?

Jalan-jalan
Jalan-jalan

Kamu berhak libur sebentar dari pekerjaanmu. Hal tersebut bagus untuk keseimbangan psikologis, emosi dan spiritualmu. Tidak perlu sampai berminggu-minggu, satu atau dua minggu juga sudah cukup untuk menjelajahi beberapa tempat menakjubkan di Indonesia. Pada akhirnya kalau kamu benar-benar ingin traveling, kamu pasti akan menyempatkan waktu untuk melakukannya.

3. Nggak Punya Teman Traveling

Traveling itu nggak harus rame-rame bareng teman. Justu kadang traveling sendirian bakal memberimu pengalaman baru yang lebih menyenangkan dan berkesan dalam hidupmu. Dengan traveling sendirian, kamu benar-benar bisa menjadi diri sendiri dan mengekspresikan diri secara sepenuhnya.

Menjelajah
Menjelajah

Kalau masalahnya adalah karena kamu takut traveling sendirian, maka kenapa nggak mencoba ikut traveling kelompok? Ada banyak perusahaan travel atau tur di luar sana yang bisa kamu ikuti. Jadi coba saja lihat apakah ada yang membuatmu tertarik dan kamu bisa ikutan gabung di tur kelompoknya. Siapa tahu kamu malah dapet teman baru.

4. Belum Pernah Melakukannya

Beberapa orang merasa takut traveling karena belum pernah melakukan traveling sebelumnya. Tapi, kalau kamu tidak berani keluar dari zona nyamanmu, kamu juga tidak akan pernah tahu hal kerena dan menakjubkan seperti apa yang bisa kamu dapatkan.

Liburan
Liburan

Kalau nggak sekarang, kapan lagi kamu akan mencoba mengembangkan dirimu sendiri? Kamu akan belajar lewat pengalaman, jadi jangan takut untuk mulai mengambil langkah sekarang juga.

5. Nanti Akan Ada Waktunya Sendiri

Orang-orang sering kali sudha punya rancangan sendiri dalam kepala mereka tentang apa yang ingin mereka lakukan dan bagaimana hidupnya akan berjalan. Kamu mungkin sudah membayangkan kapan lulus sekolah, bekerja, kapan menikah, beli rumah, punya anak, dan lain sebagainya. Kamu mungkin akan bekerja selama 30 tahun, dan jika kamu memang masih sehat, kamu mungkin bisa traveling sambil menikmati masa pensiunmu.

Wisata
Wisata

Merencanakan hidup seperti ini tentu bukan masalah. Tapi menunda liburanmu sampai nanti yang entah kapan terkadang malah hanya bisa membuatnya menjadi sekedar impian saja. Setiap tahun, kamu menundanya, semakin jauh juga impian untuk traveling terwujud. Jadi kenapa nggak sekarang saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *