Tips Memilih Oleh-oleh yang Sempurna Waktu Traveling

Setiap kali kamu traveling, berapa kali sih kamu kebingungan di detik-detik terakhir demi mencari oleh-oleh untuk teman atau keluargamu? Membeli oleh-oleh itu memang kadang cukup membingungkan, belum lagi dengan hari kepulangan yang makin dekat.

Sebenarnya masalahnya bukan karena kamu nggak mau memberikan kenang-kenangan yang spesial dari kegiatan travelingmu. Tapi lebih karena kamu nggak tahu barang apa sebenarnya yang bagus atau cocok untuknya. Nah, kalau kamu termasuk orang yang selalu kebingungan waktu beli souvenir atau oleh-oleh, baca tipsnya dulu berikut ini, ya!

1. Pikirkan dengan Jelas Untuk Siapa Kamu Membeli Oleh-oleh Tersebut

Hal yang paling penting untuk diingat saat membeli souvenir atau oleh-oleh traveling adalah orang yang akan kamu beri barang tersebut. Kenali seperti apakah orang tersebut, hobinya, atau barang seperti apa yang selalu ia simpan di rumahnya dan dijaga dengan baik.

Satu set patung
Satu set patung

Jika temanmu tidak suka barang pajangan tapi kamu membelikannya barang ukiran, atau temanmu adalah tipe pemilih soal pakaian dan kamu membelikannya sweater, kemungkinan besar oleh-olehmu tersebut hanya akan masuk ke dalam lemari dan tidak dilihat lagi. Hindari hal seperti ini dengan memilih barang yang sesuai dengan minat orang yang akan kamu beri hadiah.

2. Jangan Beli di Toko Souvenir

Saat membeli souvenir, ada baiknya kalau kamu nggak membelinya di toko souvenir turis di mall atau toko souvenir hotel. Jika membelinya di tempat-tempat seperti ini, ada kemungkinan barang yang kamu beli itu nggak asli dan bahkan bisa jadi dibuat di negara lain.

Toko Souvenir
Toko Souvenir

Pilih toko lokal atau toko tradisional milik pengrajin. Selain barangnya asli dan unik, kamu juga bisa membantu para penduduk lokal tersebut untuk terus berkembang. Selain itu, menjelajahi toko lokal atau pasar lokal bisa memberimu pengalaman budaya yang seru.

3. Belilah Kerajinan Tangan

Membeli barang kerajinan tangan sebagai oleh-oleh adalah ide yang bagus karena beberapa alasan. Pertama, oleh-oleh semacam ini akan memberikan sepotong pandangan tentang budaya lokal yang kamu kunjungi.

Kerajinan tangan
Kerajinan tangan

Kedua, membeli kerajinan tangan lokal akan memberikan penghasilan bagi seniman lokal. Di banyak tempat, terkadang orang-orang yang kurang beruntung adalah yang membuat benda-benda ini. Dengan membelinya berarti kamu membantu kehidupan mereka juga.

4. Beli Sesuatu yang Bermanfaat

Patung-patung kecil atau barang ukiran memang cantik dan bagus, tapi pada akhirnya benda seperti ini sering kali akan terlupakan begitu saja di atas rak. Kalau bisa, belilah barang yang bermanfaat dan bisa dipakai atau digunakan oleh mereka.

Souvenir
Souvenir

Jika oleh-olehmu berguna, maka teman atau keluargamu yang mendapatkannya akan makin senang. Bahkan kamu yang membelikan juga akan merasa bahagia ketika melihat oleh-oleh yang kamu bawakan ternyata bermanfaat.

5. Beli Barang Khas Lokal

Membeli barang khas lokal juga akan menunjukkan potongan pandangan tentang budaya kota atau negara yang kamu kunjungi. Barang yang dimaksud nggak harus selalu kerajinan tangan. Jika apa yang khas dari tempat yang kamu kunjungi adalah makanan atau kue, jangan ragu untuk membeli beberapa.

Patung
Patung

Tapi jika kamu akan melewati perjalanan jauh dengan oleh-oleh berupa makanan, pastikan makanan tersebut tidak cepat basi. Selain itu, pastikan juga kamu tahu aturan membawa makanan dalam pesawat atau bagasi. Pasalnya, beberapa negara tidak akan mengizinkanmu membawa beberapa jenis makanan tertentu.

Nah, itulah tadi beberapa tips sederhana jika kamu ingin membelikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga. Pastikan barang yang akan kamu bawa itu aman dan nggak membuatmu terlibat masalah. Karena kamu justru akan rugi kalau barang yang kamu bawa itu membuatmu kena denda atau bahkan harus mendekam di penjara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *