Aturan Aneh di Berbagai Negara Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Saat bepergian ke seluruh dunia, adalah ide yang bagus untuk mempelajari aturan apa saja yang berlaku di negara tujuan. Hal ini bukan hanya menghindarkan traveler dari hal-hal yang tidak menyenangkan namun juga akan membantu mendapatkan kepuasan selama berlibur. Akan tetapi terkadang ada aturan-aturan aneh yang sulit untuk dipatuhi. Kalian harus mengetahui aturan-aturan aneh di berbagai negara berikut sebelum memutuskan untuk bersenang-senang di sana.

Peraturan dibuat memang bertujuan mengatur setiap warga agar hidup tertib. Sayangnya beberapa negara menerapkan aturan yang terdengar sebagai lelucon dan sangat aneh. Bayangkan saja salah satu negara di dunia ini memiliki hukum yang melarang warganya mati. Dikutip Indonesia Flight dari berbagai sumber inilah aturan-aturan aneh di berbagai negara di dunia yang bikin geleng-geleng kepala.

1. Hanya Teknisi Listrik Berlisensi yang Boleh Mengganti Bohlam Lampu di Victoria, Australia

Selain Singapura dan Thailand, Australia juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit orang Indonesia. Baru-baru ini saja pemerintah negeri kanguru membuat aturan untuk memudahkan pengurusan visa untuk WNI yang ingin berlibur ke negaranya lantaran turis asal negeri kita menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar di sana. Tapi kita tidak akan membahas tempat wisata di Australia melainkan peraturan aneh yang ada di salah satu wilayahnya.

81-bohlam

Hanya Teknisi Listrik Berlisensi yang Boleh Mengganti Bohlam Lampu di Victoria [image source]

Jika traveler memiliki negara bagian Victoria sebagai tujuan traveling ada baiknya mengenal aturan-aturan apa saja yang berlaku di sana. Pasalnya ada satu peraturan aneh yang ada di negara terpadat kedua di Australia itu. Hukum di Victoria melegalkan seseorang mengganti bohlam lampu apabila ia tidak memiliki lisensi sebagai teknisi listrik. So, jika kamu menyewa villa di sana kemudian menemukan lampu kamarmu mati, lebih baik menelepon teknisi listrik, meski sepele dan sebenarnya jika di Indonesia kamu bisa menggantinya sendiri tapi di sana melanggar aturan ini bisa membuatmu terkena denda sebesar 10 Dollar Australia atau sekitar Rp. 100 ribuan.

2. Thailand Melarang Seseorang Mengendarai Mobil Tanpa Menggunakan Pakaian

Sebagai kiblat pariwisata di Asia Tenggara ternyata Thailand juga punya aturan yang aneh. Peraturan di sana melarang siapa saja mengendarai mobil tanpa mengenakan baju dengan alasan apapun termasuk jika ingin ke pantai sekalipun. Hukum ini tentu terbilang sangat aneh terutama bagi turis asing mengingat Negeri Gajah Putih dikenal sebagai destinasi wisata pantai dimana banyak bule yang bertelanjang dada bagi yang pria dan berbikini buat yang wanita.

68-jerman

Thailand Melarang Seseorang Mengendarai Mobil Tanpa Menggunakan Pakaian [image source]

Ternyata aturan ini hanya berlaku saat berkendara saja. Jadi dengan alasan apapun semua orang yang mengemudi mobil di Thailand wajib mengenakan baju. Jika mereka ingin pergi ke pantai, barulah boleh melepas baju saat tiba di lokasi. Belum jelas tujuan dari aturan ini namun namanya peraturan wajib untuk ditaati apalagi bagi pendatang, kalau tidak urusan dengan pihak berwajib akan jadi jaminan yang pasti.

3. Mengunyah Permen Karet di Singapura Bisa Kena Denda Mahal

Sudah menjadi rahasia umum jika Singapura adalah negara penuh aturan dan denda. Salah sedikit uang bisa raib terkena denda ini itu. Oleh sebab itu walaupun tiket pesawat ke sana murah dan jaraknya juga dekat lebih baik pelajari dulu apa saja aturan yang berlaku di negara mungil ini. Salah satu aturan yang sangat aneh adalah setiap orang yang ada di negara ini dilarang mengunyah permen karet. Aturan ini sudah berlaku sejak tahun 1992 dan dibuat bukan tanpa alasan.

82-no-gum

Mengunyah Permen Karet di Singapura Bisa Kena Denda Mahal [image source]

Aturan ini dibuat lantaran kebiasaan buruk warganya di zaman dahulu yang suka mengunyah permen karet kemudian membuang sisanya di sembarang tempat. Jadi sekitar tahun 80-an aturan larangan mengunyah permen karet ini belum ada. Warga bebas saja memakannya, dan joroknya sisa permen karet yang sudah hambar ditempelkan di kotak surat, lubang kunci, tombol lift, lantai, tangga dan tempat-tempat lainnya. dari situlah kemudian dibuat aturan bahwa mengunyah permen karet adalah tindakan ilegal dan bisa kena denda mahal hingga 1000 dolar Singapura.

4. Orang Boleh Tidak Membayar Makanan di Restoran di Denmark Asal Memenuhi Kriteria Ini

Aturan aneh tidak selamanya sulit dipatuhi atau membatasi kegiatan warga yang tinggal di wilayah tersebut. Tengok saja Denmark yang juga punya aturan nyeleneh bin ajaib tapi tidak merugikan warga atau wisatawan yang berlibur di sana. Negara ini memperbolehkan orang untuk tidak membayar makanan yang mereka makan. Tapi ada kriteria tertentu agar mereka dibebaskan dari kewajiban tersebut.
81-denmark
Wajib mengecek bagian bawah mobil di Denmark [image source]

Hanya mereka yang merasa tidak kenyang saja yang boleh tidak membayar makanan yang dimakan. Mengasyikkan tapi tetap saja jarang sekali ada orang yang menghabiskan menu makanannya tapi tidak merasa kenyang. Aturan aneh lainnya adalah larangan bagi setiap orang yang akan mengemudi mobil tanpa memeriksa dulu kolong mobil. Jadi sebelum menjalankan mesin setiap pengendara wajib hukumnya memeriksa bagian bawah mobil hanya untuk memastikan tidak ada anak kecil di sana. So, hati-hati jika menyewa mobil di Denmark ya.

5. Dilarang Gemuk di Jepang

Aturan aneh berikutnya datang dari Jepang. Negara yang memopulerkan jenis gulat Sumo dengan atletnya yang punya badan gemuk ini ternyata memiliki peraturan yang melarang warganya untuk memiliki badan gemuk. Aneh bukan? Bagaimana bisa negara yang punya tradisi gulat Sumo tapi melarang warganya untuk gemuk.

83-no-gemuk

Dilarang Gemuk di Jepang [image source]

Aturan ini telah disahkan oleh parlemen Jepang di tahun 2009. Pada tahun yang sama disahkan pula ukuran pinggang maksimal yang boleh dimiliki penduduk berusia lebih dari 40 tahun. Untuk pria, mereka hanya boleh memiliki lingkar pinggang maksimal 78 sentimeter sedangkan wanita maksimal hanya boleh punya lingkar pinggang 88 cm.

6. Jangan Mati di Norwegia

Inilah aturan paling aneh di dunia yang bikin geleng-geleng kepala. Aturan ini tidak masuk akal sebab menentang hukum alam dimana seseorang dilarang mati di daerah Longyearbyen, Pulau Svalbard. Aturan ini sangat serius, bahkan yang mengabaikannya dianggap melanggar hukum.

84-norwegia

Jangan Mati di Norwegia [image source]

Lantas apa dasar dari penetapan aturan aneh ini? Menurut beberapa sumber, ternyata aturan tersebut dibuat karena daerah Longyearbyen, Pulau Svalbard memiliki iklim yang sangat dingin dan tergolong ekstrim sehingga jenazah tidak bisa membusuk di sana.

Intinya dengan aturan tersebut bukan berarti negara mencoba mengendalikan kematian, namun jika ada warga atau traveler yang sakit keras maka mereka harus segera dirujuk ke rumah sakit yang ada di daratan utama Norwegia yang punya suhu lebih hangat. Jika meninggal makan jenazah yang dikubur akan bisa membusuk dan terurai.

Seberapapun anehnya aturan-aturan tersebut tapi sebenarnya malah menambah keunikan dari suatu negara. Bagi traveler kalian hanya perlu memahami dan mematuhi saja biar tidak berurusan dengan pihak keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *