Menjelajah Indonesia Timur dengan Budget Murah Meriah, Ini Caranya

Wilayah Indonesia Timur kaya akan tempat wisata yang cantik dan menawan. Bahkan masih banyak yang belum terjamah sehingga keasliannya juga masih terjaga. Asalkan kamu tetap menjaga alam, nggak ada salahnya kamu ikut berkunjung ke sana dan menyaksikan dengan kepala sendiri betawa menawan kepingan surga yang berada di Timur Indonesia.

Hanya saja, liburan ke tempat ini bisa dibilang nggak murah. Kamu perlu merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menikmati keeksotisan dan keindahan deretan panorama mengagumkan di Indonesia Timur. Tapi, kamu juga bisa kok menikmati indahnya Indonesia bagian timur dengan budget yang lebih bersahabat. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Ikut Paket Wisata Kelompok

Kalau kamu termasuk orang yang nggak biasa backpacker-an dan nggak tahu bagaimana caranya liburan dan berkeliling sendirian, maka ikut paket wisata bisa jadi pilihan. Usahakan pilih yang menawarkan wisata kelompok atau rombongan, karena dengan demikian, biaya bisa dibagi rata. Sehingga kamu juga bisa lebih hemat dalam mengeluarkan uang.

Raja Ampat [via flickr account: Ratha Grimes]
Raja Ampat [via flickr account: Ratha Grimes]
Sekarang sudah banyak jasa yang menawarkan paket wisata, kamu tinggal pilih mana yang menurutmu memberi fasilitas paling baik dengan harga yang masih bersahabat di kantong. Cari tahu rata-rata harganya dan bagaimana metode perjalanan yang harus kamu lewati untuk harga yang ditawarkan tersebut.

2. Main ke Wisata yang Masih Tersembunyi

Liburan ke tempat wisata yang sudah mainstream jelas akan membuatmu mengeluarkan banyak biaya. Pasalnya akan ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan untuk tiket masuk atau perawatan tempat wisata tersebut. Karena itu, alternatif lainnya adalah berkunjung ke tempat yang masih tersembunyi.

Air Terjun
Air Terjun

Tempat wisata seperti ini biasanya cenderung lebih murah karena masih belum ada sistem tiket. Meskipun nggak jarang perjalanan yang harus kamu lewati juga bakal lebih menantang. Tapi, kalapun nggak ada penjaga dan biaya perawatan, kamu tetap harus turut menjaganya. Ingat, jangan meninggalkan apapun selain jejak, dan jangan mengambil apapun selain gambar.

3. Siasati di Makanan dan Penginapan

Di berbagai foto liburan kota tertentu, biasanya kamu akan mendapati gambar-gambar resort mewah dengan harga selangit. Tapi jangan berkecil hati dulu, bahkan di Raja Ampat juga ada penginapan sederhana dengan harga yang jauh lebih murah.

Penginapan kecil
Penginapan kecil

Selain penginapan murah, homestay juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin sekaligus mencoba lebih dekat dengan kehidupan masyarakatnya. Kemudian untuk urusan makan, cobalah menu-menu tradisional dan khas yang dijual di tempat umum dan nggak harus di hotel atau restoran. Cara seperti ini akan jauh lebih menghemat pengeluaranmu untuk akomodasi.

4. Backpacker

Backpacking ria adalah salah satu pilihan tempat untuk kamu yang suka berpetualang dan menginginkan liburan dengan cara yang lebih hemat. Dengan backpacker-an, biasanya seseorang nggak akan terlalu memikirkan tentang bagaimana mereka tidur atau transportasi seperti apa yang akan digunakan.

Backpacker
Backpacker

Bukan berarti backpacker-an nggak akan mengeluarkan biaya. Tentu saja tetapa ada biaya yang wajib dikeluarkan, tapi setidaknya jadi nggak terlalu banyak. Misalnya, transportasi antar kota bisa disiasati dengan menumpang, makan pilih di tempat yang murah atau sekalian memasak sendiri, tidur bisa di tempat umum seperti pom bensin, atau bahkan sekalian camping di alam terbuka. Pasti seru, kan?

5. Hunting Tiket di Indonesia Flight

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan biar bisa liburan hemat adalah pesan tiket pesawat di tempat dan waktu yang tepat. Cara praktisnya adalah pesan pakai aplikasi Indonesia Flight. Karena aplikasinya langsung ada di smartphone kamu, pesennya jadi lebih praktis dan gampang.

Pesawat
Pesawat

Beli tiket di Indonesia Flight harganya lebih murah dan selalu menyediakan banyak promo, jadi kamu tinggal tungguin aja pengumumannya. Siapa tahu lagi ada promo special yang bisa bikin penerbangan ke Indonesia Timur jadi jauh lebih murah.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan biar liburan ke daerah di Indonesia Timur jadi lebih murah. Makanya, yuk segera nabung sambil cari tahu tempat mana saja yang bisa kamu kunjungi dengan harga yang ramah kantong. Yuk siap-siap berangkat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *