Sedih, Paspor Indonesia Termasuk Paling Lemah di Dunia

Kehebatan sebuah dokumen bernama paspor sangat dirasakan bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri. Dalam banyak hal, hanya gara-gara benda kecil satu ini seseorang harus menjalani proses administrasi tambahan yang berbelit-belit bahkan tidak sedikit yang gagal pergi ke negara impian.

Beberapa negara di dunia memiliki paspor yang sangat “sakti” sehingga warga negaranya bisa keluar masuk negara lain tanpa permisi. Berbeda dengan negara-negara yang kekuatan paspornya biasa-biasa saja, mereka harus mengurus visa dengan berbagai syarat yang kadang sulit untuk dipenuhi terutama bagi traveler dengan budget pas-pasan. Sebab banyak negara yang menetapkan syarat jumlah saldo minimal untuk mengurus visa ke negaranya.

111paspor

Ilustrasi Paspor Indonesia [image source]

Belum lama ini Kantor Imigrasi Inggris bersama dengan firma survei kependudukan Henley & Partners melakukan sebuah survey mengenai paspor paling “sakti” sedunia. Mereka memeriksa kekuatan paspor dari 199 negara terhadap kemampuan akses ke 218 negara di dunia. Survey tersebut dilakukan dengan menggunakan data dari International Air Transport Association (IATA), pusat informasi perjalanan terlengkap.

Hasil survey seperti dikutip Indonesia Flight dari laman CNN menunjukkan bahwa paspor terkuat di dunia bukanlah milik negara adikuasa Amerika, melainkan Jerman. Bagaimana tidak pemilik paspor Jerman bisa keluar masuk ke 177 negara tanpa perlu mengajukan visa. Negara ini menggeser posisi Inggris yang pada tahun 2013 menduduki peringkat teratas dengan kemampuan paspornya menembus gerbang 175 negara namun kini hanya menempati peringkat ketiga bersama Finlandia, Prancis, Italia, dan Spanyol.

Berada di posisi kedua ada negara Swedia yang mana paspornya memungkinkan si pemilik untuk bebas berkunjung ke 176 negara disusul Amerika Serikat di peringkat empat dengan 174 negara yang juga setara dengan Belgia, Denmark, serta Belanda. Lantas bagaimana dengan nasib pemegang paspor Indonesia, berada di posisi berapakah negeri ini?

Paspor Indonesia termasuk paspor yang lemah yang hanya bisa digunakan untuk bepergian ke 55 negara di dunia baik secara bebas visa atau pun visa on arrival. Itupun dengan rincian 21 negara di Asia, 9 Afrika, 9 Eropa, 6 Oseania, 5 negara masing-masing di Amerika Tengah dan Selatan. Bandingkan dengan negara tetangga Singapura yang masuk dalam jajaran 5 besar negara dengan paspor terkuat yang bisa menggunakan paspornya ke 173 negara.

Berikut 10 besar negara dengan paspor terkuat di dunia:
1. Jerman, 177 Negara
2. Swedia, 176 Negara
3. Finlandia, Perancis, Italia, Spanyol, Inggris, 175 Negara
4. Belgia, Denmark, Belanda, Amerika Serikat, 174 Negara
5. Austria, Jepang, Singapura, 173 Negara
6. Kanada, Irlandia, Korea , Luksemburg, Norwegia, Portugal, Swiss, 172 Negara
7. Yunani, Selandia Baru, 171 Negara
8. Australia, 169 Negara
9. Malta, 168 Negara
10. Hungaria, Republik Ceko, Islandia, 167 Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *