3 Hal yang Patut Anda Lakukan untuk Melawan Serangan Kutu Busuk saat Bepergian

Mungkin Anda hanya mengira bahwa hewan yang dikenal dengan nama Tinggi atau kutu busuk ini hanya ada di Indonesia saja. Ternyata hewan penghisap darah ini juga ada di banyak negara, bahkan di Amerika Serikat sekalipun.

Dalam Bahasa Inggris, hewan kecil satu ini dikenal dengan nama bedbug dan menjadi salah satu hal yang menjengkelkan bagi banyak orang, khususnya para turis, backpacker atau traveler. Kenapa? Karena ketika mereka menyewa kamar hotel yang mana di tempat tidurnya merupakan sarang dari serangga tersebut, maka saat meninggalkan hotel itu, si pengganggu beraroma busuk ini akan ikut serta, bahkan berpindah ke tempat tinggal Anda nantinya.

Oleh karenanya, ada beberapa tips yang wajib Anda lakukan ketika bepergian ke suatu tempat, daerah atau negara lain dan menyewa tempat singgah di sana agar tidak terkena serangan kutu busuk.

1. Jauhkan Bawaan Dari Tempat Tidur Atau Sofa

Ada baiknya Anda untuk menghindari meletakkan tas, jaket, celana atau apapun yang memiliki bahan dasar kain di tempat-tempat yang diperkirakan menjadi sarang dari kutu busuk, seperti tempat tidur atau sofa.

Kutu busuk ini mampu bersembunyi di sela-sela lipatan yang tersembunyi di tempat tidur atau sofa. Apalagi jika 2 barang tersebut dalam keadaan atau kondisi yang kurang begitu bersih. Bahkan, kutu busuk dapat dengan cepat memanjat, berpindah dan bersembunyi di pakaian atau tas yang Anda miliki ketika barang-barang tersebut Anda letakkan di daerah teritori asal mereka.

Menghindarkan barang bawaan [Image source]

Menghindarkan barang bawaan [Image source]

Dianjurkan untuk meletakkan barang bawaan Anda di lantai, di atas lemari atau bahkan di bak mandi. Tentunya jika Anda memilih untuk meletakkan di kamar mandi, maka lakukan hal tersebut setelah Anda menggunakan kamar mandi itu.

2. Memeriksa Secara Manual

Anda dapat memeriksa setiap sudut, lipatan atau bahkan bagian-bagian di tempat tidur atau sofa yang ada di dalam kamar hotel, losmen atau villa. Jika Anda tidak memiliki senter sebagai sarana penerangan, Anda dapat menggunakan lampu yang ada di dalam smartphone atau gadget.

kutu

Memeriksa secara manual [Image source]

Setiap barang yang memiliki serat merupakan tempat tinggal atau sarang kutu busuk. Bahkan, Anda harus dengan cepat membunuhnya ketika mendapati si kutu itu terlihat oleh mata. Memang sudah dan memakan waktu, akan tetapi jika tidak dilakukan, Anda sendiri yang akan kerepotan nantinya.

3. Meminta Ganti Kamar

Anda berhak untuk meminta ganti kamar jika masih ada kamar kosong kepada pihak pengelola tempat singgah tersebut. Anda jua wajib menjelaskan dan memperlihatkan bukti bahwa memang tempat tidur di kamar Anda banyak dihuni kutu busuk.

ganti kamar

Ganti kamar [Image source]

Bagi orang normal, mungkin gigitan kutu busuk ini tidak akan berimbas apa-apa kecuali sedikit gatal pada kulit, akan tetapi bagi orang yang memiliki kulit sensitif, maka hal tersebut justru dapat membuatnya menderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *