Rangkaian Mitos Yang Menyelimuti Pantai Parang Tritis

Parangtritis, pantai yang berada di tepi ganasnya samudera hindia menyimpan berbagai pesona yang tak terelakan dan sangat kontras dengan berbagai macam mitos yang menyelimutinya. Seakan tak memperdulikan dengan berbagai macam mitos yang ada pantai ini menjadi obyek wisata yang sangat terkenal di Yogyakarta dengan keunikan yang mungkin tidak ada di pantai-pantai yang lainnya yang berada di Indonesia.

Di pantai ini terdapat banyak gunung-gunung pasir dan biasanya ada kelompok-kelompok atau komunitas tertentu yang menggunakan lahan tersebut untuk bermain selancar diatas pasir, gunungan pasir ini biasa disebu dengan gumuk. Dengan dikelolanya pantai ini oleh PemKab setempat pantai ini sudah tersedi aberbagai macam fasilitas mulai dari penginapan bagi wisatawan dan juga kios-kios kecil yang menjajakan dagangan berupa souvenir-souvenir khas pantai dan juga makanan-makanan kecil. Di sana juga kita dapat menyewa kereta kuda ataupun motor ATV untuk menelusuri pantai mulai dari timur ke barat atau juga kita bisa bermain aeromordeling disana.

parangtritis_beach_0

Parangtritis Beach ( sumber wisata.blog.amikom.ac.id )

Selain itu di pantai ini juga terdapat pemandian yang bernama parangwedang, masyarakat sekitar menganggap jika kita membasuh tubuh kita disini segala bentuk penyakit yang berada dalam tubuh kita dapat sembuh terutama penyakit kulit karena setelah diteliti air di pemandian ini mengandung belerang.

wisatawan pantai parangtritis

Pantai Parangtritis Menggoda Wisatawan Untuk Hadir [via Instagram]

Di masa-masa liburan pantai ini sangat dipadati oleh paa pengunjung dari luar kota maupun dalam kota. Dan disisi lain pantai ini juga menyimpan berbagai mitos yang berkembang sejak dulu di masyarakat sekitar lokasi pantai. Diantaranya tempat pertemuan antara Raja Yogyakarta dan Pengusan pantai selatan Kanjeng Ratu Nyi Roro Kidul yaitu di pantai parang kusumo yang letak nya bersebelahan dengan pantai parangtritis ini. Serta larangan memakai baju hijau jika berkunjung ke pantai ini. Tapi semau itu sudah membaur menjadi satu dengan keindahan yang terdapat di pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *