Tempat Wisata Mematikan Paling Populer di Dunia

Bayangkan Anda sedang traveling ke tempat-tempat paling berbahaya di dunia seperti mendaki tebing curam atau berselancar di pantai yang memiliki ombak setinggi tujuh meter. Apa yang Anda rasakan? Tempat-tempat ini sangat berbahaya sebagai tujuan wisata namun tidak menyurutkan nyali traveler untuk mengunjunginya.

Berwisata ke tempat-tempat berikut ini memberikan kemungkinan besar cidera serius atau lebih parah lagi bagi traveler yang nekad. Namun demikian beberapa destinasi berikut ini malah tidak pernah sepi pengunjung. Mereka yang bernyali besar dan ingin mendapatkan pengalaman petualangan yang menantang adalah orang-orang yang paling banyak mengunjungi tempat ini. Berikut Tempat wisata paling mematikan di dunia.

1. Half Dome – Taman Nasional Yosemite, California

Half Dome adalah kubah granit yang ada di Taman Nasional Yosemite, California. Traveler penantang adrenalin akan mendaki ke puncak kubah yang memiliki tinggi hampir 1.500 meter di atas lembah Yosemite yang curam. Half Dome sendiri adalah lokasi para trekker yang legendaris.

Yosemite_Doug-Letterman

Half Dome © Doug Letterman/ Flickr

Dibutuhkan satu hari pendakian untuk bisa sampai di puncak Half Dome, dan 120 meter terakhir merupakan trek tersulit dari pendakian tersebut. Traveler akan dihadapkan pada dinding granit vertikal yang mengharuskan mereka untuk mendaki kabel logam sebagai alat bantunya.

Tempat ini menjadi lokasi wisata paling mematikan di dunia. Berdasarkan data yang tercatat ada sekitar 60 orang tewas selama pendakian. Rata-rata mereka terjatuh ke dalam jurang dan sebagian yang lain tersambar petir ketika mencoba mendaki ke puncak Half Dome.

2. Tur Gunung Api Hawaii – Hawaii

Mengunjungi sebuah gunung berapi aktif adalah kegiatan yang paling populer dilakukan para turis yang memiliki jiwa petualangan yang tinggi. Meski wisata ini jauh dari kata aman namun banyak pula traveler yang melakukan perjalanan menantang ini. Salah satu tempat yang paling populer adalah Taman Nasional Gunung Api Hawaii.
gunung api hawaii
Gunung Api Hawaii © Angela Saurine/ Supplied
Di Taman Nasional yang memiliki gunung berapi paling aktif di dunia ini terdapat tur bersepeda melintasi trek di sekitar gunung berapi Kilaluea. Tak sedikit turis yang menjadi korban di sana, setidaknya selama tahun 1992-2002 tercatat ada 40 wisatawan meninggal dan 5 lainnya luka serius selama tur. Kawasan ini sempat ditutup untuk wisatawan tahun 2007 namun kini telah dibuka kembali dan siap menyambut kedatangan para turis yang bernyali.

3. Skellig Michael – Irlandia

Skellig Michael adalah sebuah pulau yang berbaring di Samudera Atlantik, barat Irlandia. Lokasi ini tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1996 sebab di puncak pulau tersebut terdapat biara kuno yang luar biasa.
Skelig_Supplied
Skellig Michael © Supplied
Bagi turis yang hendak menuju biara kuno ini harus melewati tangga yang berada di sisi curam pulau berbatu dan licin, kasar serta tidak stabil. Mereka harus melintasi sekitar 600 tangga batu yang telah berusia lebih dari 1.000 tahun. Pada tahun 2009 dilaporkan ada kasus kecelakaan yang menewaskan dua turis tewas. Namun hingga kini tidak ada alat keselamatan yang dipasang di sepanjang tangga curam ini.

4. Sungai Colorado – California

Sungai Colorado adalah daftar tempat wisata paling mematikan berikutnya. Sungai ini merupakan salah satu lokasi paling tenar di Amerika Serikat namun untuk beberapa waktu ini ketenarannya terganggu dengan banyaknya kasus kecelakaan, cedera dan kematian para turis.
sungai colorado
Sungai Colorado © Getty Images
Tahun 2014 adalah salah satu tahun paling mematikan di sana dengan 15 kasus kematian di tujuh bulan pertama. Pengelola Taman Colorado dan Departemen Wildlife mengklaim bahwa mencairnya salju di hulu sungai menjadi penyebab utama kecelakaan yang berujung maut. Selain itu ditemukan pula bahwa para turis yang mengkonsumsi alkohol paling banyak menjadi korbannya.

5. Pantai Acapulco – Meksiko

Jangan sampai keindahan pantai ini membuat Anda terlena dengan rasa aman yang palsu. Sebab Acapulco, Meksiko ini salah satu wilayah dengan kasus pembunuhan tertinggi di dunia. Ada sekitar 142 kasus pembunuhan per 100.000 penduduk.
Acapulco
Pantai Acapulco © Flickr
Kejahatan-kejahatan ini paling banyak terjadi di dekat apartemen mewah dan pertokoan yang ada di sepanjang garis pantai Acapulco. Itulah sebabnya pantai ini menjadi satu dari beberapa tempat wisata mematikan di dunia.

6. Death Road – Bolivia

Death Road atau yang memiliki nama asli North Yungas Road dianggap sebagai jalan paling berbahaya di dunia. Jalan ini merupakan jalan sepanjang 69 kilometer dari La Paz menuju Coroico, Bolivia.
Death-road_Matthew-Straubmuller_flickr
Death Road © Matthew Straubmuller/ Flickr
Jalan ini diklaim selalu memakan korban sekitar 300 jiwa per tahun. Bagi para biker pemberani, jalan ini menjadi trek menantang yang sering di lalui. Tercatat setiap tahun ada lebih dari 25.000 biker yang menjajal trek ini dan tak jarang dari mereka yang menjadi korban keganasan Death Road.

7. Mont Blanc – Perancis dan Italia

Mont Blanc ditasbihkan sebagai gunung tertinggi di Uni Eropa yang juga terkenal paling mematikan untuk didaki. Meski demikian banyak turis yang datang untuk menakhlukkan puncak gunung ini.
mont blanc
Mont Blanc © Getty Images
Gunung yang menjulang setinggi 4810 meter ini paling banyak memakan korban karena kondisi cuacanya yang sangat cepat berubah serta reruntuhan batu dan longsoran salju menjadi penyebab utama kecelakaan yang terjadi. Pada Juli 2012 dilaporkan ada sembilan pendaki tewas akibat longsoran salju.

8. Gunung Huashan – Cina

Gunung Huashan di Cina memiliki jalun berjalan dari papan kayu yang berada di bibir tebing yang curam sepanjang 2.154 meter. Jalur ini menjadi jalan paling berbahaya di dunia. Para turis yang ingin merasakan luapan adrenalin akan diajak berjalan menyusuri tebing dengan rute pendakian vertikal dan jalur papan kayu dengan rantai sebagai alat gantungnya.
Huashan_Kudumomo
Gunung Huashan © Kudumomo/ Flickr
Turis yang cukup berani melakukan pendakian yang menantang untuk mencapai Biara Tao di puncak akan dihargai dengan secangkir teh. Meski tidak ada catatan resmi tentang korban jiwa namun diperkirakan ada sekitar 100 orang meninggal setiap tahunnya di jalur ini.

9. Teahupoo – Tahiti

Teahupoo adalah sebuah desa di pantai barat daya Pulau Tahiti. Tempat ini terkenal memiliki salah satu gelombang mematikan di dunia. Tercatat sudah ada lima kematian di pantai ini sejak tahun 2000. Nama Teahupoo sendiri berarti “Memutuskan Kepala” atau “Tempat Tengkorak”.
teahupoo_Getty-Images
Teahupoo © Getty Images
Pantai ini juga menjadi situs dari Kompetisi surfing tahunan Tahiti, Billabong Pro yang menjadi bagian dari World Championship Tour (WCT) dari Association of Surfing Professionals World Tour. Hanya peselancar bernyali baja saja yang berani menunggangi gelombang di sini.

10. New Smyrna Beach – Florida

Bersembunyi di bawah air pantai New Smyrna, Florida yang indah predator ganas siap mengintai para turis yang nekad berenang. Pantai ini tercatat memiliki kasus serangan hiu paling banyak di dunia.
New-Smirna_Numinosity-Flickr
New Smyrna Beach © Numinosity/ Flickr

Ada hampir 300 kasus serangan hiu per tahun di pantai ini mulai dari tahun 2004 hingga 2013. Meski kebanyakan kasus tidak fatal namun hiu banteng muda terkenal sangat agresif dan menggigit wisatawan yang sedang asyik berenang di tengah pantai.

Terkadang lokasi wisata tidak selalu indah dan aman untuk dikunjungi. Seperti dalam daftar ini banyak lokasi wisata yang berbahaya namun banyak pula wisatawan yang mengunjunginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *