Wow, Di Masa Depan, Jendela Pesawat Terbang Pakai Teknologi Layar Sentuh

Tentu sangat asyik saat naik pesawat dan melongok keluar jendela melihat berbagai landmark terkenal dari daerah yang dilewati kemudian muncul informasi lengkap mengenai tempat tersebut di layar kaca jendela. Nah tidak lama lagi mimpi yang seperti ini akan segera terwujud. Produsen pesawat terbang Airbus asal Prancis sedang mengembangkan teknologi seperti itu.

Airbus baru-baru ini tengah getol merencanakan pengembangan teknologi canggih untuk pesawat komersil mereka. Rencananya mereka akan membuat seluruh jendela pesawat produkan Airbus menjadi kaca layar sentuh yang dapat memunculkan informasi mengenai destinasi wisata yang dilewati kepada penumpang.

kaca layar sentuh

Ilustrasi kaca layar sentuh Airbus (Daily Mail)

Rencana Airbus untuk menyematkan teknologi layar sentuh kedalam kaca jendela pesawatnya dimulai dengan mendaftarkan hak paten atas teknologi yang akan mereka gunakan kepada US Patent, sebuah badan paten asal Amerika per tanggal 19 Maret lalu.

Bukti lain keseriusan produsen pesawat terbang ini adalah dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi Windows dan juga Ipad. Kerja sama ini diharapkan dapat segera menciptakan kaca layar sentuh seperti apa yang diimpikan oleh Airbus.

rancangan bangku penumpang

Rancangan bangku penumpang (Daily Mail)

Nantinya jendela pesawat akan dilapisi dengan layar OLED (Organic Light-Emitting Diode) yang berbahan dasar lapisan organik nan fleksibel. Layar jenis ini sangat tipis yang hanya berukuran kurang dari 1 mm sehingga akan sangat fleksibel saat dilapiskan pada seluruh kaca jendela pesawat.

Seperti dilansir Indonesia Flight dari Daily Mail, pihak Airbus menggambarkan semisal pesawatnya sedang melintasi London Eye di London maka penumpang bisa menyentuh layar kaca dan seketika itu juga informasi mengenai London Eye bisa ditampilkan secara detil mulai dari sejarah hingga ukuran bangunannya.

pesawat airbus

Pesawat Airbus via Daily Mail

Ini bukanlah satu-satunya rencana ambisius Airbus untuk pesawat masa depannya. Ada inovasi lain seperti membuat kaca tembus pandang di atap pesawat, mendesain bangku pesawat lebih longgar, dan menciptakan alat pengatur suhu otomatis di setiap bangku penumpang adalah hal-hal lain yang juga sedang dikembangkan oleh produsen pesawat ini.

Dengan rencana pengembangan berbagai teknologi canggih di pesawat Airbus ini bisa dipastikan bahwa pesawat masa depan akan berkali-kali lipat memberikan kenyamanan pada penumpangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *