Rumah Ibadah Untuk Semua Agama, The Temple of All Religions

Jalan-jalan ke kota Kazan di Rusia Anda akan menemukan sebuah bangunan yang cantik. Sekilas dari luar bangunan ini mirip sekali dengan taman bermain dengan cat warna-warni sangat mencolok. Namun siapa sangka jika itu adalah kuil lintas agama, sebuah kuil yang merepresentasikan semua agama dalam satu tempat.

Dinamakan The Temple of All Religions merupakan sebuah bangunan yang memiliki arsitektur unik yang dibangun di pemukiman Dacha, Kota Kazan, Rusia. Satu kesatuan bangunan ini sebenarnya terdiri dari beberapa ruang yang memiliki kubah berbeda. Kubah -kubah ini mewakili arsitektur religius dari 12 agama utama di dunia.

temple-of-all-religions-kazan-kazan.go2all.ru_

The Temple of All Religions © kazan-kazan.go2all.ru

Anda bisa melihat salib simbol untuk orang Kristen, bulan sabit yang mewakili Islam, Bintang Daud bagi Yahudi dan kubah Cina. Meski disebut sebagai kuil lintas agama dan menyimpan simbol-simbol kegamaan namun tempat ini tidak difungsikan sebagai tempat beribadah.

Bangunan tersebut hanyalah sebuah pusat budaya yang sekaligus menjadi tempat tinggal bagi pemiliknya yaitu seorang seniman lokal bernama Ildar Khanov. Khanov percaya bahwa semua agama adalah sama, dan Kuil Lintas Agama ini adalah cara untuk menyatukan semuanya dalam satu atap.

simbol agama

Simbol berbagai agama di dalam kuil © httptadahii.ru

Bangunan ini sebenarnya masih dalam tahap pembangunan dan belum sepenuhnya selesai. Sang pemilik menginginkan ada 16 kubah yang mencerminkan 16 agama di dunia. Namun sebelum semua bangunan rampung dikerjakan Khanov telah meninggal dulu pada Februari 2013.

Ildar Khanov adalah lulusan Kazan Art School yang begitu eksentrik. Dia mengaku pernah bertemu Yesus saat berusia 3 tahun. Sejak kejadian itu ia mendedikasikan diri menjadi seorang seniman dan telah menghasilkan 70 patung dan benda-benda dekoratif monumental serta ratusan lukisan.

ruangan kuil

Salah satu ruangan di dalam kuil © macos.livejournal.com

Beberapa karya terbaiknya juga bisa ditemui di museum Rusia dan juga alun-alun kota Tatarstan. Selain itu ia juga terkenal atas usahanya dalam pengobatan alkoholisme, kecanduan obat, dan berbagai penyakit lainnya.

Maha karyanya yang paling fenomenal adalah kuil lintas agamanya yang kini menjadi landmark populer di kota Kazan. Di bangunan ini para turis bisa menyaksikan kombinasi agama yang begitu elegan, mulai dari Islam Tatar, Ortodoks Rusia, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *