7 Negara dengan Tradisi Natal Paling Ajaib

Pada umumnya Natal identik dengan sebuah perayaan, pemberian hadiah, atau mengunjungi gereja. Banyak hal yang dilakukan orang-orang dalam menyambut Natal seperti menghias pohon Natal, menggantung kaos kaki untuk tempat menaruh hadiah saat Santa datang hingga bersenang-senang dengan keluarga. Setidaknya itulah hal-hal umum yang dilakukan orang saat Natal tiba.

Namun dunia ini diisi oleh banyak suku dan ras yang berbeda dan tentu memiliki tradisi yang tidak sama pula. Karena itulah kalian mungkin akan menemukan sebuah tradisi yang nyeleneh dari beberapa daerah di dunia ini dalam hal cara merayakan Natal. Berikut beberapa tradisi Natal yang nyeleneh di seluruh dunia. Kalian bisa traveling ke negara-negara tersebut untuk merayakan Natal yang beda.

1. Pohon Natal dari Pohon Pisang – India

India bukanlah negara yang memiliki populasi penganut agama kristen yang besar. Hanya sekitar 2,3% saja warga India yang beragama kristen namun jumlahnya menjadi sangat banyak hingga 25 juta orang mengingat jumlah penduduk India yang sangat besar. Orang kristen di sana merayakan Natal seperti biasanya yakni dimulai dengan misa malam Natal dan memberi hadiah layaknya orang-orang di dunia.

christmas-banana-tree_Tom-Elliot

Pohon Natal dari Pohon Pisang © Tom Elliot

Satu hal yang membedakan perayaan Natal di India dengan negara lain yaitu pohon Natalnya. Jika biasanya pohon Natal berasal dari pohon cemara atau pinus maka tidak dengan di India. Warga di sana mengganti pohon Natal mereka dengan pohon pisang atau pohon mangga. Para warga menghiasi pohon pisang ini layaknya orang-orang barat menghias pohon Natal mereka, bahkan mereka menggunakan daun-daun pohon pisang ini untuk menghiasi rumah mereka. Cukup nyeleneh bukan?

2. Tradisi Melempar Sepatu Saat Natal Untuk Mendapatkan Jodoh – Slovakia

Di Slovakia terdapat tradisi aneh saat Natal tiba. Tradisi ini umumnya dilakukan oleh mereka yang masih jomblo. Malam Natal mungkin dianggap sebagai malam yang keramat bagi muda-mudi Slovakia sehingga mereka memiliki ritual unik untuk menemukan pujaan hatinya. Mereka yang tidak ingin kesepian dalam merayakan Natal tahun berikutnya selalu melakukan ritual ini.

marriage-shoes_Fotolia

Tradisi Melempar Sepatu Malam Natal © Fotolia

Caranya adalah, saat malam Natal tiba mereka akan berdiri di bawah pintu dengan posisi membelakangi rumah. Kemudian mereka akan melempar sepatu ke arah belakang tubuh mereka. Nah jika sepatu menghadap pintu maka mereka akan segera mendapatkan pasangan dan menikah. Menariknya tidak ada petunjuk mengenai berapa lama mereka akan bertemu dengan pujaan hatinya.

3. Kue Natal – Jepang

Ada yang unik dari perayaan Natal di Jepang. Di sana memiliki tradisi membuat kue Natal yang dilapisi krim, cokelat dan stroberi. Kuenya biasa saja namun tradisinya yang bikin geleng-geleng. Kue-kue Natal itu hanya dibuat dan dijual saat malam Natal saja dan jikapun ada kue yang tersisa dan tidak laku setelah tanggal 25 maka kue itu tidak ada yang akan membelinya. Sayang banget ya.

Christmas-Cakes_make-do-Mend

Kue Natal Jepang © Make do & Mend

Tidak hanya sampai disitu saja, tradisi itu merembet pada kehidupan sosial masyarakatnya. Dimana bagi wanita Jepang yang masih jomblo dan berusia lebih dari 25 tahun akan dijuluki sebagai kue Natal. Maksudnya, nasib mereka sama dengan kue Natal yang tidak laku setelah tanggal 25 Desember. Kasihan sekali jadi wanita Jepang.

4. Membiarkan Patung Kambing Berdiri Hingga Natal – Swedia

Tradisi membuat patung kambing dari jerami saat menjelang Natal sudah dilakukan di Swedia sejak tahun 1966. Patung kambing setinggi 13 meter ini dibangun di alun-alun kota Gavle. Sayangnya ada tengah malam Natal kambing habis terbakar. Namun orang-orang tidak pernah kapok untuk membuat patung yang sama setiap tahunnya begitu pula para orang yang jahil juga tidak pernah berhenti untuk membakarnya.

Swedia_cola-colacompany

Patung Kambing Natal © Cola-Colacompany

Hingga tahun 2011, patung kambing telah dibakar sebanyak 25 kali. Karena seringnya aksi pembakaran patung kambing tersebut maka banyak warga yang menjadikannya ajang untuk bertaruh. Mereka akan menebak umur kambing tersebut apakah akan sampai di hari Natal atau tidak. Tradisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1988. Anda ingin ikut bertaruh, kambing Natal Gavle tahun ini akan utuh hingga Natal atau tidak?

5. Pohon Natal Jaring Spiderman – Ukraina

Alih-alih berkilauan ornamen dan hiasan, pohon Natal Ukraina malah ditutupi dengan jaring spiderman buatan. Tradisi ini terlihat sangat eksentrik karena menghasilkan sesuatu yang berbeda. Namun apa alasan warga Ukraina mendekorasi pohon Natal mereka dengan jaring laba-laba?

Ukrainian-Christmas-trees_robn-L.D-Rees

Pohon Natal Jaring Spiderman © Robin L.D Rees

Menurut cerita rakyat setempat, zaman dahulu ada seorang wanita miskin yang tidak mampu untuk menghias pohon Natal mereka. Namun keesokan harinya, anak-anaknya bangun dan melihat pohon yang ditutupi jaring laba-laba. Ketika cahaya mentari pagi di hari Natal menyinari jaring laba-laba seketika itu pula warnanya berubah menjadi emas dan perak.

Melihat kejadian itu keluarga tersebut tidak meu beranjak dari tempat tersebut dan selalu memandang kagum ke arah pohon itu. Mulai saat itulah warga Ukraina meyakini jika melihat jaring laba-laba di pagi hari saat Natal akan membawa keberuntungan.

6. Letakkan Hadiahku di Sepatu Bukan Kaos Kaki! – Filipina

Natal dirayakan besar-besaran di Filipina sebab penganut agama kristen di sana mencapai 80% dari keseluruhan penduduknya. Perayaan akan berlangsung sepanjang jalan hingga bulan Januari. Namun mereka memiliki tradisi tersendiri yang keluar dari kelaziman perayaan Natal pada umumnya.

christmas-shoes_Magical-Holiday-Home

Sepatu Tempat Hadiah Natal © Magical Holiday Home

Anak-anak di Filipina tidak pernah menggantung kaos kaki mereka sebagai tempat meletakkan hadiah jika Santa datang. Mereka lebih memilih meninggalkan sepatu mereka yang mengkilap di kusen jendela untuk Santa yang akan melewati rumah mereka di malam hari untuk memberikan hadiah Natal. Mungkin maksudnya biar menampung hadiah lebih banyak.

7. Kode Pos Untuk Santa – Kanada

Kemana Anda mengirim surat ke Santa? Orang-orang tahunya Santa tinggal di Kutub Utara, namun kalian pasti tidak tahu di mana tepatnya. Nah sebenarnya Santa itu memiliki kode pos tersendiri, H0H 0H0 (dengan angka nol bukan huruf “O”) dan alamat itu ada di Kanada.

santa-letters_The-Big-Red-Box

Kirim Surat ke Santa © The Big Red Box

Selama 30 tahun terakhir relawan Kanada Post telah membantu Santa membalas lebih dari satu juta surat setiap tahunnya. Surat-surat itu berasal dari anak-anak di seluruh dunia dalam berbagai bahasa, termasuk Braille. Keren kan?

Itulah tradisi nyeleneh perayaan Natal di berbagai belahan dunia. Mungkin ada tradisi unik lain di daerah kalian? Share ceritamu dengan mengisi kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *