Berbagai Kisah Apes Saat Traveling, Mungkin Salah Satunya Pernah Kamu Alami

Semua orang pasti sepakat sebai apapun persiapan yang dilakukan pasti ada saja hal-hal tak terduga terjadi saat traveling yang tidak bisa dikontrol. Memang betul bahwa kegiatan liburan tidak hanya berupa kisah indah penuh kenangan. Ada banyak kejadian buruk tak diharapkan yang menimpa traveler dan tidak sedikit yang membuyarkan angan-angan tentang indahnya traveling.

Bukan hanya cerita menarik dan oleh-oleh saja yang dibawa pulang oleh seorang traveler. Tapi ada juga cerita tentang kejadian apes yang menimpa traveler selama liburan. Mulai dari hal kecil yang menyebalkan hingga hal-hal yang terjadi cukup fatal yang menyebabkan liburan jadi buyar. Dikumpulkan Indonesia Flight dari berbagai sumber berikut ini aneka kisah apes yang menimpa traveler.

1. Terjebak di Bandara Adalah Keapesan yang Paling Menjengkelkan

Terjebak di bandara bisa menimpa traveler yang berlibur di dalam maupun di luar negeri. Situasi seperti ini tidak hanya membuat suasana menjadi bosan namun juga bisa menjadi pengalaman yang menjengkelkan. Banyak hal yang membuat traveler terjebak di bandara salah satu dan yang paling lazim terjadi adalah adanya delay.

terjebak di bandara

Terjebak di Bandara Adalah Keapesan yang Paling Menjengkelkan [image source]

Delay atau penundaan penerbangan terjadi karena banyak faktor baik secara teknis maupun non-teknis. Selain karena cuaca buruk sebagai penyebab paling jamak, kejadian lain seperti kerusakan sistem, kendala operasional hingga kelakuan buruk dari penumpang juga turut menyumbang kenapa pesawat tiba-tiba delay. Tak sedikit dari para traveler yang rela untuk jadi “gembel” sementara di bandara selama beberapa hari sambil menunggu penerbangan yang akan membawanya benar-benar siap.

2. Apes Itu Saat Booking Hotel Online Tapi Dapatnya Tidak Sesuai Harapan

Cara paling simpel untuk mendapatkan akomodasi di destinasi traveling adalah dengan memesannya secara online. Namun cara seperti ini tidak selalu menjamin traveler mendapatkan hotel yang sesuai dengan ekspektasinya. Hasilnya tentu saja berujung pada kekecewaan meski tak kuasa untuk pindah karena harus mencari hotel lagi dan menambah beban pengeluaran.

hotel

Apes Itu Saat Booking Hotel Online Tapi Dapatnya Tidak Sesuai Harapan [image source]

Keberadaan internet memang sangat membantu traveler untuk merencanakan liburan termasuk mencari penginapan. Banyak situs booking hotel yang beredar di internet namun sayangnya tidak semua foto yang dipajang sesuai dengan keadaan aslinya. Traveler harus lebih teliti sebelum memesan kamar terlebih dengan iming-iming tarif yang murah. Sebaiknya juga untuk membaca review yang diberikan traveler lain yang pernah menginap di hotel yang kamu pilih.

3. Kecopetan, Keapesan yang Tidak Bisa Diprediksi

Traveler tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi padanya selama di destinasi traveling. Meskipun hal ini bisa disiasati dengan menghindari kunjungan ke daerah-daerah rawan kejahatan namun tindak kriminal seperti pencopetan tidak bisa diberantas sampai bersih. Kuncinya adalah untuk tetap selalu waspada dimanapun kamu berada.

kecopetan

Kecopetan, Keapesan yang Tidak Bisa Diprediksi [image source]

Pencopet selalu ada di tempat wisata di seluruh dunia. Keberadaannya hampir kasat mata dan sulit dideteksi. Namun ada langkah-langkah yang bisa kamu ambil agar terhindar dari keapesan yang disebabkan karena copet. Pertama dan yang terpenting selalu bawa tas yang tidak terlalu mencolok, karena tas branded bisa menarik perhatian pencopet. Minimalisir membawa uang tunai dalam jumlah banyak plus hindari berpergian di keramaian dengan mengenakan aksesoris mewah.

Sasaran utama pencopet biasanya adalah dompet yang ditaruh di saku celana jadi hal ini bisa kamu siasati dengan menaruh dompet di kantung khusus yang tidak pernah diduga oleh pencopet. Yang terakhir kamu harus meminimalisir pemakaian smartphone di keramaian karena hal ini bisa meningkatkan kemungkinan kamu jadi target pencopet.

4. Paling Apes Itu Traveling ke Luar Negeri dan Lupa Mematikan Data Seluler

Mungkin kamu pernah mengalami keapesan yang satu ini. Traveling ke luar negeri dan lupa mematikan paket data, hasilnya pulsa ludes terkena tagihan roaming. Bahkan ada pengalaman dari seorang traveler mancanegara yang terkena tagihan roaming hingga satu miliar rupiah hanya karena lupa mematikan paket data seluler.
roaming
Paling Apes Itu Traveling ke Luar Negeri dan Lupa Mematikan Data Seluler [image source]

Kejadian apes ini pernah menimpa seorang traveler asal Australia yang beritanya hingga dimuat di media internasional pada September tahun lalu. Saat itu ia lupa menon-aktifkan roaming di ponselnya saat berlibur ke Eropa. Apesnya lagi ponsel miliknya hilang di sana, setelah pulang ia kaget mendapat tagihan pulsa sebesar USD 517 ribu. Ternyata pencuri sempat menggunakan ponselnya untuk melakukan beberapa panggilan luar negeri termasuk ke Somalia. Semoga kejadian apes seperti ini tidak menimpamu.

5. Kadang Turis Menjadi Sasaran “Gebuk Harga” Saat Makan

Sudah hal lumrah jika suatu tempat wisata memberlakukan tarif yang berbeda antara wisatawan lokal dengan turis asing. Bahkan hal ini juga berlaku saat makan di restoran dan ada saja yang “memalak” turis dengan harga selangit. Kejadian apes seperti ini sudah menjadi cerita klasik yang banyak dialami traveler mana pun dan mungkin juga termasuk kamu.

gebuk harga

Kadang Turis Menjadi Sasaran “Gebuk Harga” Saat Makan [image source]

Kena gebuk harga saat wisata kuliner adalah pengalaman apes yang banyak dialami traveler. Kegiatan yang seharusnya menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan tak jarang malah berujung penyesalan telah memilih tempat itu untuk makan. Kadang kesalahan juga berasal dari traveler sendiri yang lengah tidak menanyakan harga makanan yang ia pesan. Pemilik restoran yang nakal akan memanfaatkan kelengahan tersebut. Jadi sebagai pelajaran, jangan lupa untuk menanyakan harga sebelum memesan guys.

6. Kisah Foto yang Berujung Apes

Kejadian apes juga bisa menimpa saat mau foto selfie. Foto di destinasi wisata adalah agenda wajib untuk dishare di media sosial tapi jangan banyak gaya nanti malah bisa celaka seperti yang sudah menimpa banyak traveler di berbagai dunia. Kamu tentu tidak mau hanya demi foto, keselamatanmu menjadi terancam bukan?

selfie apes

Selfie Apes [image source]

Banyak kisah tentang foto yang berujung pada keapesan salah satu yang mungkin masih kamu ingat adalah kisah seorang traveler yang berlibur di Ubud pada tahun 2014. Bule wanita ini berniat mengambil foto selfie, pada awalnya rencana traveler ini cukup mulus tapi tiba-tiba ada monyet yang mendatangi dan siap menyerang, sontak wanita tersebut kaget ketakutan. Ada juga pengalaman wanita yang ingin foto dengan unta tapi malah apes karena si unta ingin memakan kepalanya. Banyak kejadian apes saat berfoto, jadi jangan banyak gaya ya saat foto-foto!

Itulah berbagai pengalaman apes selama traveling. Apakah kamu pernah mengalami salah satu dari kejadian tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *