Ternyata Kematian Karena Tongsis Lebih BANYAK Ketimbang Serangan Hiu

Traveling di alam liar memang membutuhkan kewaspadaan yang tinggi karena serangan hewan buas bisa datang kapan saja. Sekalipun sedang berada di pantai Anda tetap harus waspada. Beberapa pantai di dunia tercatat memiliki kasus serangan hiu yang tinggi terhadap wisatawan dan bahkan ada yang berujung pada kematian. Tapi tahukah Anda jika angka kematian yang disebabkan oleh serangan hiu tidak lebih besar ketimbang “serangan” tongsis?

Serangan tongsis di sini bukanlah sekumpulan traveler yang melakukan aksi kekerasan ke traveler lain menggunakan tongsis sebagai alat pukulnya. Melainkan efek negatif dari penggunaan tongkat narsis untuk mengambil foto selfie. Dikutip Indonesia Flight dari CN Traveler, bukan hanya serangan hiu yang harus diwaspadai oleh traveler, namun tongsis juga perlu mendapatkan perhatian serius.

tongsis berbahaya

Tongsis lebih berbahaya ketimbang serangan hiu [image source]

Fakta yang terjadi di lapangan sangat mengejutkan di mana sepanjang tahun 2015, kematian akibat serangan hiu lebih rendah ketimbang kematian konyol yang diakibatkan oleh foto selfie menggunakan tongsis. Hingga bulan Agustus terjadi 8 kasus serangan hiu di dunia yang berujung pada kematian. Jumlah ini lebih sedikit dibanding 10 kasus selfie berujung maut di dunia pada kurun waktu yang sama.

Sumber berita lain yaitu Reuters menyebutkan bahwa Russian interior Ministry turut mengamini fakta tersebut. Mereka menyebutkan bahwa tren selfie menggunakan tongsis di tempat-tempat berbahaya adalah penyebab utama tingginya kasus kematian akibat tongsis. Kini banyak beredar foto-foto ekstrim yang diambil dari puncak gedung, pinggir jurang, dekat rel kereta api, bahkan di dekat kandang hewan buas.

selfie ekstrem

Selfie paling ekstrim [image source]

Sebenarnya menjadikan tongkat narsis sebagai satu-satunya kambing hitam dalam tingginya angka kematian traveler bukanlah hal yang bijak. Kebiasaan dari traveler itu sendirilah yang menyebabkan mereka berada pada posisi yang berbahaya. Meski menggunakan tongsis untuk foto selfie asal melakukannya di tempat yang aman dan di situasi yang tepat maka bukan menjadi persoalan.

Karena kebiasaan buruk traveler yang suka sembarangan foto selfie menggunakan tongsis inilah kemudian mendorong beberapa pengelola destinasi wisata di dunia melarang pengunjung membawa alat bantu foto tersebut. So, jika Anda adalah traveler yang suka foto narsis menggunakan tongsis, gunakan benda tersebut dengan bijak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *