Jalan Ini Punya 48 Kelokan, Kelok 44 di Sumatera Barat Lewat!

Nama Kelok 44 di Sumatera Barat mungkin sudah tidak asing di telinga traveler. Jalan ini sangat terkenal setelah beberapa kali menjadi rute dari balap sepeda internasional bertajuk Tour de Singkarak. Jalan yang memiliki nama lokal Kelok Ampek Puluh Ampek ini merupakan jalan dari Bukittingi menuju Danau Maninjau. Akan tetapi keekstriman jalan ini masih kalah sama Stelvio Pass di Italia yang punya 48 kelokan.Wow!

Beberapa waktu lalu CNN Travel sempat merilis daftar 10 jalan paling berbahaya di dunia. Tiga dari keseluruhan daftar terdapat di Eropa dan salah satunya adalah Stelvio Pass yang terletak di berada di daerah Stilfs, Provinsi South Tyrol di bagian utara Italia. Bahkan banyak traveler yang geleng-geleng kepala melihat penampakan jalan ini dari atas gunung.

stelfio-pas

Stelvio Pass saat musim dingin, via Instagram

Jalan dikatakan berbahaya karena terletak di lereng gunung, di pinggir jurang atau di atas es. Meski berbahaya ternyata malah mengundang traveler untuk datang karena rasa penasaran. Selain itu umumnya jalan berbahaya ini memiliki pemandangan yang keren abis. Seperti halnya Stelvio Pass ini, terletak di ketinggian 2.757 memiliki pemandangan Pegunungan Alpen yang sangat indah.

tikungan stelvio pass

Stelvio Pass memiliki tikungan 360 derajat, via Instagram

Terang saja lanskap yang menjadi rute Stelvio Pass sangat indah soalnya jalan ini menghubungkan dua destinasi wisata ski yang penuh lanskap alam yang cantik yaitu Valtellina dan Meran. Jalannya pun bukan jalan yang baru dibangun di era modern, pembangunan Stelvio Pass telah dimulai sejak tahun 1825 yang berarti kini sudah berumur 190 tahun guys!

Meski umurnya hampir menyentuh 2 abad lamanya namun kondisinya masih sangat baik dan terawat. Kendaraan bisa lewat dengan aman asalkan si pengemudi berhati-hati dalam menyetir. Soalnya pada beberapa bagian tikungan jalan ini bisa membentuk sudut 360 derajat. Pengendara yang lewat jalan ini pun harus pandai-pandai membanting setir saat melewati belokan tersebut.

stelvio

Pengemudi harus ekstra hati-hati saat melintasi Stelvio Pass, via Instagram

Trek curam dari Stelvio Pass memiliki panjang 25 km dengan total kelokan sebanyak 48. Namun kengerian itu sedikit tertutupi dengan pemandangan alam yang luar biasa indah berupa pegunungan hijau di musim semi dan badan gunung putih berselimut salju saat musim dingin. Selain sebagai jalan umu, Stelvio Pass juga menjadi salah satu rute Giro d’Italia, semacam balap sepeda di negara tersebut. Penasaran ingin melihat langsung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *