7 Pelangi di Permukaan Bumi

Alam selalu memberikan kejutan kepada manusia lewat keindahannya yang menakjubkan. Terdapat banyak keajaiban alam yang bisa dinikmati manusia di bumi ini. Beberapa diantaranya yang paling mengesankan adalah lanskap pelangi dari alam itu sendiri. Fenomena alam unik ini setidaknya bisa ditemukan di 7 tempat berikut ini.

Selama ini yang selalu menjadi bahan pembahasan para traveler dunia adalah keajaiban dunia yang umumnya adalah hasil karya manusia, seperti Tembok Besar China, Menara Miring Pisa maupun Candi Borobudur. Padahal apa yang dilakukan alam lebih menakjubkan dan tak bisa ditandingi. Inilah 7 keajaiban alam berupa “pelangi” di muka bumi.

1. Five Flower Lake, China

Wuhua Hai atau Five Flower Lake adalah danau yang terletak di lembah Jiuzhaigou, Provinsi Sichuan, China. Danau ini disebut-sebut sebagai salah satu danau terindah di dunia. Dikatakan demikian sebab Five Flower Lake memiliki karakteristik unik yang terletak pada warna airnya. Berbeda dengan danau kebanyakan, air danau ini memiliki 5 warna yang berbeda.

Five-Flower-Lake-in-china

Five Flower Lake, China [image source]

Danau yang berada di ujung Sungai Merak ini berisi air berwarna biru laut, biru tua, hijau gelap, kuning, dan merah. Itulah sebabnya mengapa danau yang berada di ketinggian 2.472 mdpl di China ini diberi nama Five Flower yang berarti danau 5 bunga. Hal tersebut merujuk pada warna air danau yang memiliki 5 warna yang menyerupai warna-warna bunga di taman saat musim semi. Aneka warna yang membuat permukaan danau seperti pelangi ini berasal dari kandungan mineral berupa kalsium karbonat dan tumbuhan air (hidrofita) di dalam danau.

2. Laguna Verde, Bolivia

Berada tepat di kaki gunung berapi Licancabur terdapat danau berwarna biru kehijauan bernama Laguna Verde. Danau ini masuk dalam wilayah Bolivia yang berbatasan dengan Chili. Selain warna airnya yang unik danau ini juga menjadi oase di tengah gurun pasir yang tandus di Provinsi Sur Lipez, Bolivia.
laguna-verde-in-bolivia-1
Laguna Verde, Bolivia [image source]
Danau yang memiliki julukan Green Lagoon ini meliputi area seluas 1.700 hektar dan airnya mengandung mineral arsenik serta mineral lainnya yang menyebabkan air danau ini menjadi berwarna. Walaupun letaknya berada di tengah gurun tandus tapi suhu di sekitar danau ini tetap dingin bahkan suhu air danau terendah bisa mencapai -56 derajat selsius. Anehnya dengan suhu yang rendah seperti itu tidak pernah membekukan air danau, hal ini disebabkan karena kandungan kimia di dalam air yang menyebabkan air tidak bisa membeku.

3. Aurora Borealis, Norwegia

Orang-orang yang tinggal jauh dari kutub biasanya berburu warna langit di sore hari saat matahari menjelang tenggelam. Saat itu langit akan berubah menjadi jingga yang begitu mempesona. Tapi orang-orang yang tinggal di dekat kutub akan mengalami fenomena alam yang lebih menakjubkan berupa aurora. Aurora adalah pancaran cahaya berwarna-warni di langit karena adanya interaksi antara medan magnet bumi dengan partikel bermuatan dari cahaya matahari.
aurora-borealis
Aurora Borealis, Norwegia [image source]
Saat terjadi aurora langit seakan menjadi kanvas yang dilukis warna abstrak yang indah. Tempat untuk menyaksikan aurora adalah di daerah-daerah dekat kutub. Aurora yang terdapat di belahan kutub utara dinamakan Aurora Borealis dan tempat yang tepat untuk melihatnya adalah di Kautokeino, Lappland, Norwegia. Anda tidak hanya akan melihat Aurora Borealis berwarna hijau saja tetapi beraneka warna yang cantik menghiasi langit.

4. Blue Lagoon, Islandia

Blue Lagoon merupakan tempat spa air panas yang berada di Islandia dan menjadi salah satu objek wisata terkenal di sana. Laguna ini terletak di sebelah barat daya dari Islandia tepatnya ada di Grindavik atau sekitar 39 kilometer dari Bandara Internasional Keflavík.
blue-lagoon
Blue Lagoon, Islandia [image source]
Laguna merupakan hasil karya manusia namun air yang mengisi di laguna ini berasal dari perut bumi. Warna biru toska yang dihasilkan dari air laguna ini berasal dari kandungan silika dan belerang. Dengan kandungan mineral tersebut, dipercaya bahwa berendam di laguna ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Suhu air yang ada di laguna juga cukup nyaman untuk berendam sebab tidak terlalu panas dan berada di kisaran 37-39 derajat selsius.

5. Ladang Tulip, Belanda

Ingin melihat pelangi di permukaan bumi sungguhan? Datang saja ke pedesaan yang ada di Belanda selama musim semi tiba. Seluruh area pedesaan di Belanda akan berubah menjadi lautan pelangi seperti nampak dalam foto di bawah ini.
ladang tulip belanda
Ladang Tulip, Belanda [image source]
Asal warna yang menyelimuti permukaan bumi tidak lain adalah ladang bunga tulip. Beraneka warna bunga tulip seperti kuning, merah, biru, ungu, putih, dan hijau di tanam di ladang yang sangat luas yang membuat lanskap wilayah tersebut seperti permadani indah berwarna-warni. Kawasan yang paling terkenal di mata wisatawan untuk melihat hamparan bunga tulip ini adalah di Kota Sassenheim dan Lisse. Bunga tulip sendiri telah menjadi ikon nasional dari Belanda sejak bunga ini ditanam pertama kali di tahun 1593.

6. Lac Rose, Senegal

Keajaiban alam lainnya berada di Senegal. Berada tepat di utara Cap Vert Peninsula terdapat sebuah danau yang tak lazim. Warna air danau ini berwarna pink dan bernama Lac Rose atau Lake Retba. Traveler bisa mengunjungi danau ini dengan berkendara dari ibukota Dakar menuju laut Afrika yang berjarak 30 kilometer atau berada di timur laut dari ibukota.
lac rose
Lac Rose, Senegal [image source]
Adalah alga Dunaliella Salina yang menjadi penyebab warna pink di danau tersebut. Alga ini menghasilkan warna merah dan mewarnai seluruh air danau menjadikannya pemandangan yang luar biasa unik, jarang ditemukan di belahan dunia lain. Lac Rose adalah danau yang hampir sama dengan Laut Mati, danau ini memiliki kadar garam yang tinggi dan tak sedikit warga yang memanfaatkannya untuk menambang garam di sana.

7. Morning Glory Pool, Amerika Serikat

Daftar terakhir pelangi di permukaan bumi adalah Morning Glory Pool di Amerika Serikat. Ini adalah sumber air panas yang terletak di Yellowstone National Park, Wyoming. Danau sumber geyser yang terkadang masih suka meletus saat terjadi gempa kecil di lokasi tersebut.
morning glory pool
Morning Glory Pool, Amerika Serikat [image source]
Namun yang paling unik dari danau ini adalah gradasi warna yang membentuk kolam. Warna-warna kuning, biru, oranye dan hijau bersatu menjadi gradasi warna yang cantik dipandang mata. Warna ini dihasilkan oleh bakteri yang hidup di dalam danau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *