Jajan Martabak dan Terbul Kekinian Paling Yummy di Surabaya

Soal wisata Indonesia adalah jagonya. Soal kekayaan alam, negara kita juga punya banyak sekali hasil yang melimpah, baik di laut maupun darat.  Lalu bagaimana dengan kulinernya? Ya, tentu saja kamu akan menemukan banyak sekali jenis makanan khas. Cara pembuatannya juga unik-unik dan pastinya rasa yang ditawarkan akan langsung membuat lidahmu bergoyang. Salah satu makanan yang mudah ditemui sebagai camilan adalah martabak dan terbul atau terang bulan. Kamu mungkin sudah tahu apa perbedaan dua makanan tersebut. Ada sebagian daerah yang menyebut terang bulan sebagai martabak manis.

Jika kamu adalah pencinta dua makanan tersebut, maka jangan buang-buang kesempatan untuk berburu martabak dan terang bulan sewaktu berada di Surabaya. Kota Pahlawan tersebut menyimpan nuansa kuliner yang cukup istimewa, termasuk untuk menu martabak. Berikut ini adalah hidangan menu tersebut dari berbagai kedai di Surabaya. Hati-hati ya saat membacanya, bisa langsung bikin ngiler lho.

1. Royal Cream Terang Bulan

royal-cream

Royal Cream [via instagram @royalcreamterangbulan]

Martabak di sini begitu lezat dan rasa gurihnya sangat pas. Salah satu yang terkenal dan banyak dibeli adalah martabak sapi mozarella. Kejunya cukup banyak dan menyatu dengan martabak, menghadirkan cita rasa lezat yang bikin lidah puas. Ada menu unik seperti terang bulan Pokeball, Dreamball dan Premiereball yang ditambah dengan bahan seperti cheese cream, white chocolate, hingga strawberry. Royal Cream Terang Bulan beralamat di Jl. Raya Rungkut Madya No.71, Surabaya.

2. Terang Bulan Volcano

volcano

Volcano [via instagram @terangbulanvolcano]

Jika dulu menu martabak hanya ditambahkan daging dan telur saja, kini sudah semakin kreatif dan resepnya juga berkembang. Begitu juga dengan terang bulan yang makin banyak variannya. Kamu bisa puas menyantap martabak dan terang bulan jika ada di Surabaya. Datang saja ke kafe Volcano yang ada di outlet G-Walk, Citraland.  Martabak dengak keju bisa kamu nikmati. Untuk informasi lebih lanjut seputar harga dan pemesanan, kamu bisa mengintip halaman Instagramnya yaitu @terangbulanvolcano.

3. Terang Bulan dan Martabak Deli

deli

Deli [via instagram @terangbulandeli]

Jika kamu punya kesempatan untuk datang ke outlet khusus menu martabak dan terang bulan ini, maka dijamin kamu akan menikmati rasa yang begitu enak. Cara memasak martabak di sini juga cukup unik.  Sebut saja martabak hitamnya, kamu akan mencicipi rasa gurih karena dibuat dengan dibakar. Kisaran harga yang dipatok juga wajar untuk rasa yang senendang itu, antara Rp. 60 hingga Rp. 90 ribu. Buktikan sendiri dengan datang ke Terang Bulan dan Martabak Deli di Jalan Raya Diponegoro 127, Surabaya. Ada juga di kawasan G-Walk, Citraland.

4. Martabak Pandega Surabaya

martabak-pandega

Martabak Pandega [via instagram @martabakpandegasby]

Nama Pandega sudah terkenal di Surabaya sebagai salah satu destinasi kuliner maratabak dengan rasa mantap. Begitu juga dengan terang bulannya, toping yang ditaburkan sangat banyak dan macam-macam jenisnya. Kamu bisa membeli sesuai daftar menu atau memilih sendiri. Sesuaikan saja dengan seleramu. Kamu akan menemukan kedai Martabak Pandega jika datang ke  JL. Manyar kertoarjo No.67, Surabaya.

5. Markobar 1996

markobar

Markobar [via instagram @markobar1996]

Kalau yang satu ini mungkin kamu nggak akan  menemukan di Surabaya saja, karena outlenya cukup banyak dan tersebar di beberapa kota besar lain. Mulai dari  Solo, Jogja, Semarang, Jakarta, Manado, Bekasi, Bandung, hingga Makassar. Untuk outlet yang di Surabaya dapat kamu temukan di alamat Jl. Pucang Anom Timur 4 No. 4. Banyak menu yang bisa kamu pilih, semuanya nampak lezat dan enak. Disediakan juga tempat nongkrong, jadi kamu bisa menyantap makanan langsung di sana.

6. Martabak & Terang Bulan Dejavu

dejavu

Dejavu [via instagram @dejavuholic]

Martabak di sini enaknya sampai ke dalam-dalamnya. Berbagai warna dari pilihan rasa begitu menarik siapapun untuk segara menyantapnya. Begitu juga dengan martabaknya, ada tambahan keju mozarella dan daging yang banyak. Nikmati langsung di kedai Martabak & Terang Bulan Dejavu. Menemukannya juga nggak begitu sulit kok, kamu bisa menuju Jalan Gubernur Suryo no.24, Surabaya.

7. Lacha Terbul

lacha

Lacha [via instagram @lacha.terbulmini]

Jika sebelumnya terang bulan disajikan dalam ukuran yang besar dan perlu diiris dulu kecil-kecil, kamu akan langsung bisa menyantapnya di kedai Lacha Terbul. Ukurannya jauh lebih kecil, namun nggak kelah enak dari martabak lainnya. Lacha Terbul terletak di Jl. Raya Ngagel Jaya No. 1-2, Surabaya. Kamu bisa melakukan pemesanan lewat telepon. Cari tahu lebih lanjut dengan mengakses Instagram dan melihat akun @lacha.terbulmini.

8. Mama Mini

mama-mini

Mama Mini [via instagram @mama.mini]

Kamu yang suka banget dengan cokelat bisa datang ke Mama Mini. Namun sajian yang kamu nikmati berupa terang bulan. Cokelatnya begitu banyak dan membuat terang bulan yang kamu santap jadi makin lezat. Kamu juga bisa meminta pelengkap seperti es krim atau keju. Sama seperti yang ada di Lacha, ukuran terang bulan di Mama Mini terbilang kecil. Tapi dalam satu porsi kamu bisa mendapatkan beberapa terang bulan dengan aneka rasa. Mama Mini ada di  Jl. Biliton No. 45, Surabaya.

9. Terang Bulan Premium

premium-e1472894594474

Premium [via instagram @terbulpremium]

Kamu akan mendapatkan kuliner yang serba premium jika membeli makanan di sini. Untuk membuktikannya kamu bisa datang ke sebuah bangunan yang terletak di Jalan Raya Mulyosari No. 45, Surabaya. Selain itu, kamu akan merasa senang melihat sajian terang bulan dengan banyak warna mewakili beberapa rasa. Selain terang bulan, ada juga menu lain seperti pancake. Intip sendiri penampakan menu-menunya lewat akun Instagram @terbulpremium.

10. Martabak Mafia

martabak-mafia

Martabak Mafia [via instagram @martabakmafia]

Jelajah kuliner maratabak kita kali ini ditutup oleh menu dari Martabak Mafia. Berada di sebuah food truck, martabak ini sudah cukup terkenal apalagi di kalangan anak muda. Nggak heran memang, karena rasanya memang unik. Nggak akan cukup sekali gigit saja untuk memuaskan perut dan luidahmu. Saat ini outlet Martabak Mafia dapat kamu temukan di Lapangan Parkir Gor Koni di Jalan Raya Kertajaya Indah No. 75-77, Surabaya.

Jadi nggak sabar kan keliling Surabaya untuk berburu martabak dan terang bulan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *