Mengunjungi Museum Vacuum Cleaner, Unik dan Seru Abis!

Sekarang traveler mengenal ada dua jenis museum, pertama museum purbakala yang menyimpan benda-benda bersejarah dan berikutnya adalah museum modern yang berisi benda-benda masa kini. Salah satu museum paling unik di dunia adalah museum Vacuum Cleaner di Amerika Serikat yang isinya aneka jenis vacuum cleaner dari yang paling jadul hingga terbaru.

Dilansir dari situs resminya, museum ini bernama lengkap Vacuum Cleaner Museum and Factory Outlet. Museum ini berisi aneka alat yang digunakan untuk bersih-bersih dari zaman bahuela hingga yang kekinian. Museum yang terletak di No 3 Industrial Drive, Saint James, Missouri ini disebut-sebut sebagai museum vacuum cleaner pertama di dunia.

vacuum

Vacuum Cleaner Museum and Factory Outlet [image source]

Mesin vacuum cleaner yang dibuat pertama kali pada tahun 1900-an bisa dijumpai di ruang pamernya. Jenis-jenisnya ada yang paling kuno berbentuk Royal Model 1 dan yang paling modern adalah jenis Hoover yang jamak ada di pasaran sekarang. Jenis-jenis lain yang bisa dilihat di museum tersebut bisa Anda lihat dalam tayangan video berikut.

Mayoritas mesin vacuum cleaner yang dipajang di museum ini berasal dari sang kurator sendiri. Tom Gasko namanya, ia adalah seorang ahli mesin alat pembersih dan menyukainya sejak kecil. Bahkan di usianya yang ke-16 ia sudah mengoleksi aneka jenis mesin vacuum cleaner sebelum akhirnya pernah menjadi penjual di umur 17 tahun.

koleksi-museum-vacuum

Salah satu koleksi di museum vacuum cleaner [image source]

Keahliannya ini juga turut membawanya menjadi tukang reparasi mesin vacuum cleaner. Hingga akhirnya ia bersama rekan-rekan sesama pecinta mesin pembersih ini berkolaborasi mendirikan organisasi pengoleksi vacuum cleaner. Hingga tahun 2000 saja ia berhasil mengumpulkan lebih dari 600 alat.

Vacuum cleaner koleksinya ini kemudian ia tampilkan dalam sebuah museum yang ia dirikan di tahun 2009 yang ia beri nama Vacuum Cleaner Museum and Factory Outlet. Tidak hanya pameran alat pembersih ini saja yang ada di museum itu, pada salah satu lantainya terdapat ruangan yang digunakan untuk memproduksi vacuum cleaner. Anda bisa berkunjung ke sana pada hari Senin hingga Sabtu pada pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Biaya masuknya gratis guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *