Festival Senggigi 2016, Pameran Adat Lombok dan Keindahan Alam yang Serasi

Senggigi selama ini dikenal sebagai Kutanya Pulau Lombok. Kamu akan menikmati semilir angin pantai dengan suara ombak yang bergemuruh. Kemudian ada hamparan pasir pantai yang luas, mengingatkanmu pada Pantai Kuta di Bali. Memang tidak terlalu luas, namun keindahannya sudah cukup membuat kamu terpesona. Sampai saat ini, pihak setempat yang berwenang masih terus melakukan upaya untuk meningkatkan pesona Senggigi dengan memperbaiki berbagai fasilitas agar para pengunjung semakin nyaman liburan di Pantai Senggigi. Salah satu strategi jitu untuk menarik wisatawan adalah dengan menggelar sebuah festival dan pesta rakyat.

Di Lombok, adat dan tradisi masih dipegang dengan teguh. Dari generasi ke generasi, terus melestarikan warisan turun temurun. Kamu bisa melihatnya jika datang ke beberapa desa adat di Pulau Lombok, termasuk juga di kawasan Senggigi. Jadi sembari menikmati keindahan alamnya, wawasanmu akan bertambah dengan suguhan pertunjukan adat dari masyarakat setempat. Penasaran seperti apa festival tersebut? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Bertajuk Festival Senggigi

Gelaran acara rakyat yang menarik itu disebut dengan Festival Senggigi. Tahun ini acara tersebut kembali digelar dengan konsep dan kegiatan yang lebih meriah. Selama hampir sepekan, Senggigi yang secara administratif masuk dalam wilayah Nusa Tenggara Barat itu akan ramai dengan berbagai acara. Karena dianggap sebagai event promosi jitu, maka Festival Senggigi diadakan secara rutin setiap satu  tahun sekali. Hampir di setiap perhelatan tidak luput menampilkan pertunjukan dengan nuansa seni, budaya, pendidikan, hiburan. Ada juga pameran hasil kerajinan yang dibuat oleh penduduk setempat. Tentu saja, kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Festival Senggigi

Festival Senggigi [image source]

Tempatnya yang sudah terkenal yaitu di Senggigi dengan pantai pasir putih cantiknya saja sudah menjadi alasan kuat kenapa kamu nggak boleh melewatkan acara tersebut. Ditambah lagi dengan keragaman budaya yang disuguhkan untuk menghibur para pengunjung. Beberapa hari di Senggigi tidak akan membosankan dan waktu jadi terasa begitu cepat. Tahun 2015 kemarin saja, banyak turis mancanegara yang datang jauh-jauh untuk melihat secara langsung jalannya Festival Senggigi. Bagaimana dengan tahun ini?

2. Rangkaian Acara Festival Senggigi 2016

Karena akan digelar dalam beberapa hari, maka rangkaian acaranya juga banyak. Semuanya menarik untuk disaksikan karena menyuguhkan pertunjukan yang keren dan bagus. Tentu saja sentuhan budaya nggak bisa dilepaskan dari setiap acaranya karena memang salah satu tujuan diadakannya Festival Senggigi adalah untuk mengenalkan budaya Lombok, khususnya adat masyarakat Senggigi. Sebelum pembukaan acara, biasanya Senggigi sudah ramai dengan berbagai aktivitas warga. Ada yang menyiapkan upacara, hingga yang membuat ogoh-ogoh semenarik mungkin.

festival-sengigi2

Festival Senggigi [image source]

Kamu mungkin sedikit tahu tentang ogoh-ogoh. Yaitu sebuah patung berukuran besar dengan berbagai macam bentuk serta rupa. Nantinya Ogoh-ogoh yang telah jadi akan diarak keliling dalam kegiatan pawai. Selain itu, ada juga gelaran yang disebut dengan Malean Sampi. Istilah tersebut digunakan sebagai sebutan untuk kegiatan mengejar sapi. Tentu ada makna dibalik itu semua dan yang melakukannya adalah petani dan peternak sapi. Puas dengan itu semua, kamu juga akan disuguhi dengan atraksi Gendang Beleq yaitu pertunjukan musik tradisional khas Lombok.

3. Makin Lengkap dengan Menikmati Alam Senggigi

Di sela-sela Festival Senggigi 2016, kamu juga bisa menikmati keindahan alamnya yang begitu eksotis. Tentu saja, liburanmu di Lombok jadi makin menyenangkan karena kamu bisa mendapatkan banyak hal. Hiburan dari penduduk setempat dan alam. Ada banyak destinasi wisata lain yang ada di sekitar pantai Senggigi. Sebut saja Pulau Gili Trawangan. Kamu pasti pernah mendengar namanya kan? Nggak heran jika semakin hari, Gili Trawangan semakin menjadi buah bibir karena keindahan alamnya. Di sana kamu bisa mengintip kecantikan bawah laut dengan melakukan snorkeling. Setelah puas, kamu tinggal bersantai sambil menyaksikan momen matahari terbenam ditemani sahabat dan kuliner khas Lombok.

gili-trawangan

Gili Trawangan [image source]

Liburan ke suatu tempat nggak akan afdol jika nggak membawa oleh-oleh. Tentu kamu ingin berbagi kebahagiaan dengan orang terdekat yang nggak ikut menikmati Lombok  bareng kamu. Tenang saja, karena di lokasi Festival Senggigi sudah ada banyak sekali penjual oleh-oleh berupa kerajinan khas lombok. Di antaranya ada kain tenun dengan motif unik dan aneka ukiran.

Itulah beberapa hal tentang Festival Senggigi 2016. Kosongkan jadwalmu pada tanggal 6-19 September 2016 nanti, karena pada saat itulah Festival Senggigi akan diadakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *