Wisata Indonesia yang Paling Pas Dikunjungi di Usia 20an

Selamat jika saat ini kamu telah memasuki usia 20an, kamu bisa melihat dirimu sendiri sekarang ini sebagai orang yang begitu kuat, memiliki semangat yang tinggi, sudah cukup dewasa dan tidak nampak seperti anak-anak lagi. Sebuah usia yang sempurna untuk menjadi seorang traveler. Kamu selalu bisa menemukan cara bagaimana pergi ke suatu tempat yang menarik, bahkan dengan uang yang seminim mungkin. Ketika kamu menginjak usia 20an, sikap dan kepribadianmu mulai terbentuk, sehingga lebih mudah bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Jadi, ketika ada beberapa masalah seperti tidak nyaman dan lain sebagainya, kamu lebih mudah mengatasinya. Jalan jauh demi menghemat uang liburan juga nggak akan jadi masalah karena kemu memiliki stamina yang tinggi.

Meski umur 20an adalah usia yang paling pas, bukan berarti kamu tidak bisa jalan-jalan nanti ketika tua. Tentu saja bisa, namun akan ada banyak perbedaan. Sekarang, kamu mungkin  akan biasa saja ketika harus berbagi kamar dengan teman. Tapi nanti ketika usiamu sudah lebih dari 30 tahun, hal itu bisa saja jadi sesuatu yang sulit dilakukan. Belum lagi ada tuntutan pekerjaan. Kamu akan lebih memilih membangun karir daripada sering-sering traveling, kecuali pekerjaanmu memang mengharuskan untuk melakukan perjalanan. Mumpung masih muda, yuk datang ke beberapa destinasi wisata di Indonesia berikut ini.

1. Bandung

Bandung bisa menjadi tempat yang tepat untuk memulai petualanganmu di usia 20an. Dari dulu hingga sekarang, Kota Kembang tersebut terkenal sebagai tempatnya anak muda menularkan ide dan kreatifitas. Kamu yang memang berbakat dalam hal fashion, desain, film, hingga fotografi bisa liburan sekalian melebarkan sayap di Bandung. Temukan berbagai inspirasi dan motivasi untuk mengembangkan potensi diri.

kawah-putih-bandung

Kawah Putih Bandung [image source]

Selain itu, ada banyak sekali wisata alam di Bandung. Kamu bisa mencobanya satu per satu, sambil merasakan udara Paris van Java yang begitu sejuk. Di pusat kota menyuguhkan surga belanja yang begitu menggoda, kuliner khas juga melimpah menyuguhkan cita rasa yang selalu bikin nagih. Setelah itu, baru menjelajahi ke bukit-bukitnya hingga menemukan kawah putih di Ciwidey.

2. Bali

Jika bicara soal wisata andalan di Indonesia, pasti ingatan kita akan tertuju pada Bali. Daratan yang bersebelahan dengan Pulau Jawa tersebut menyimpan banyak sekali keindahan alam. Di darat kamu akan puas, di laut pun juga nggak kalah seru. Ketika usiamu menginjak 20 tahun, maka Bali sudah seperti magnet yang begitu kuat menarikmu.

bali-1

Bali [image source]

Turis-turis mancanegara saja banyak yang datang ke Bali hanya untuk membuktikan keindahannya, kamu juga nggak boleh kalah. Sebagai destinasi wisata skala internasional, Bali menyediakan banyak sekali fasilitas. Dari mulai akomodasi hingga kuliner, semua bisa kamu dapatkan dengan mudah. Selain itu, penduduk setempat terkenal ramah dan begitu anggun karena selalu menjaga tradisi dan budayanya.

3. Semeru

Kamu boleh bilang kalau nggak suka naik gunung, karena mungkin takut lelah dan lain sebagainya. Tapi apa kamu akan melewatkan begitu saja usiamu yang berharga tanpa mencoba sensasi berjalan setapak demi setapak sambil menikmati keindahan pegunungan? Salah satu gunung yang terkenal ramah untuk para pendaki, bahkan yang pemula adalah Semeru.

ranu-kumbolo

Ranu Kumbolo [image source]

Gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut menyuguhkan kecantikan alam paripurna dan akan membuatmu selalu berdecak kagum dari mulai berangkat hingga sampai di tujuan. Ada sebuah danau luas dikelilingi oleh bukit dan pepohonan yang akan menyambutmu. Lelah tidak akan jadi masalah, karena usahamu akan terbayarkan dengan suguhan surga alam di Semeru.

4. Lombok

Jangan nanggung kalau mau berwisata. Bali memang keren, tapi akan lebih sempurna jika kamu sekalian bergeser ke pulau yang ada di dekatnya yaitu Pulau Lombok. Tempat tersebut juga seperti gudangnya pariwisata yang sebagian besar masih alami. Ada beberapa wisata terkenal di pulau yang masuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut. Tentu saja, yang jadi andalan adalah pesona alam dengan Taman Nasional Gunung Rinjaninya. Selain itu ada juga tempat lain seperti pantai Kuta, Senggigi, hingga gili-gili yang terkenal. Salah satunya adalah Gili Trawangan.
lombok
Lombok [image source]

Ada banyak sekali kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di sana. Karena pantainya cukup jernih dengan ombak tenang, maka kamu bisa mencoba snorkeling atau berenang mengintip kehidupan bawah laut di Gili Trawangan. Begitu juga dengan pantai-pantai Lombok lainnya. Soal kebudayaan, sebagian besar masyarakat asli Lombok masih memegang teguh tradisinya. Hal itu bisa terlihat jika kamu datang ke desa Sade. Bukan hanya rumah adat, tapi kamu juga bisa menemukan berbagai kerajinan dan oleh-oleh khas Lombok, termasuk juga kulinernya.

Itulah beberapa destinasi wisata yang paling pas kamu kunjungi saat usia 20an. Waktu adalah sesuatu yang berharga, jadi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk belajar, termasuk juga belajar dari alam dan keindahan Nusantara. Jadi bukan hanya semata-mata untuk bersenang-senang, tapi untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang lebih baik. Ke mana tujuan favoritmu guys?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *