8 Danau Cantik yang Ternyata Memiliki Sejarah Kelam

Planet yang kita tinggali tidak pernah kekurangan tempat memukau untuk dipamerkan pada manusia yang tinggal di dalamnya. Akan tetapi jika saja tempat-tempat tersebut bisa berbicara mungkin akan membuat banyak orang enggan untuk berkunjung ke sana. Danau-danau cantik ini misalnya, mungkin salah satu atau beberapa danau ini pernah Anda kunjungi tapi Anda tidak tahu jika mereka memiliki sejarah yang kelam.

Kali ini Indonesia Flight akan mencoba fokus pada kisah kelam yang menyelimuti danau-danau cantik yang berhasil mengundang jutaan wisatawan untuk mengunjunginya. Bukan untuk menakut-nakuti melainkan agar traveler tak hanya mengeksploitasi keindahannya saja namun juga peduli dengan sejarah dari tempat tersebut. Inilah 8 danau cantik dengan sejarah yang kelam.

1. Danau Nyos, Kamerun

Di antara danau dengan sejarah yang kelam, Danau Nyos mungkin menjadi salah satu yang teraneh dan paling berbahaya. Danau yang terletak di Kamerun ini dikelilingi oleh gunung berapi yang membuatnya memiliki kandungan gas karbon dioksida layaknya danau kawah lainnya. Namun apa yang terjadi di sana tahun 1986 sungguh menjadi tragedi yang memilukan.

danau-nyos

Danau Nyos, Kamerun [image source]

Pada saat itu danau yang berada di atas kantung magma ini mengalami ledakan gas karbon dioksida dalam jumlah yang melebihi batas. Kejadian ini terjadi pada malam hari, sehingga tak kurang dari 1.746 nyawa manusia melayang dalam satu malam. Korban ini ditambah dengan 3000 hewan ternak yang turut tewas dalam tragedi tersebut. Siapa sangka bukan danau yang kini ramai dikunjungi wisatawan memiliki sejarah sekelam itu.

2. Danau Resia, Italia

Cantik bukan danau yang ada pada gambar di bawah ini. Danau tersebut bernama Resia, letaknya ada di Italia, tepatnya di Tyrol Selatan. Tapi coba perhatikan bangunan yang ada di tengah danau, nampak sebuah menara lonceng yang setengah tenggelam di sana. Mungkin akan timbul pertanyaan di benak Anda, bagaimana menara tersebut ada di sana, mungkinkah dulunya danau tersebut merupakan pemukiman.

danau-resia

Danau Resia, Italia [image source]

Danau Resia kini menjadi salah satu atraksi wisata populer di Italia dengan pemandangannya yang indah. Namun siapa sangka jika danau ini terbentuk setelah sungai yang ada di dekat sana dibendung dan desa mulai dialiri air sehingga terbentuklah danau buatan. Tidak ada korban jiwa memang sebab pembuatan danau ini sudah direncanakan dan warga telah direlokasi. Namun keberadaan menara lonceng gereja ini menjadi sisi mistis danau di mana warga masih sering mendengar lonceng berbunyi di malam hari.

3. Coniston Water, Inggris

Sebuah danau alam yang sangat indah di Inggris utara bernama Coniston Water mampu menarik banyak atlet kano, kayak dan juga wisatawan untuk berkunjung. Perairannya yang tenang sangat sempurna sebagai spot berlayar hingga menyelam. Faktanya, Coniston Water adalah salah satu danau terbesar di Inggris yang dicintai banyak wisatawan.

coniston

Coniston Water, Inggris [image source]

Usut-punya usut di balik kemolekannya Coniston Water memiliki kisah yang kelam.Tidak banyak yang tahu bahwa di danau seluas 4,7 km persegi itu pernah ditemukan mayat seorang guru sekolah yang diduga tewas akibat dibunuh dan ditenggelamkan pada tahun 1976. Mayat ini ditemukan oleh penyelam amatir lebih dari 20 tahun kemudian di kedalaman 20 meter di bawah air.

4. Danau Tinnsja, Norwegia

Tak ada yang mengira jika salah satu danau terbesar dan terdalam di Eropa ini pernah memiliki sejarah yang jauh dari kata indah. Danau Tinnsja, terletak di Norwegia dengan kedalaman maksimal mencapai 190 meter adalah salah satu danau favorit turis untuk berlibur. Berbagai kegiatan menyenangkan seperti memancing dan bersantai bisa dilakukan di danau ini.

tinnsja

Danau Tinnsja, Norwegia [image source]

Kegiatan-kegiatan menyenangkan tersebut tidak akan bisa dilakukan traveler jika datang pada zaman perang. Pasalnya Danau Tinnsja dulunya menjadi pangkalan militer Nazi di mana senjata nuklir diproduksi untuk keperluan Perang Dunia II. Jika saja sekutu saat itu tidak melakukan campur tangan mungkin saja kawasan danau ini tetap akan menjadi tempat produksi senjata nuklir dan wisatawan tidak bisa menikmati keindahannya.

5. Danau Piramida, Amerika Serikat

Beginilah pemandangan luar biasa dari Danau Piramida yang ada di Nevada, Amerika Serikat. Siapa saja pasti terpukau dengan keindahan alam sekitar danau. Penamaannya sendiri didasarkan pada sebuah gundukan besar berupa bukit di tengah danau yang menyerupai piramida. Kombinasi air danau yang jernih dan tenang serta perbukitan sekitar juga menjadi alasan kenapa turis betah untuk berlama-lama di sana.

danau-piramida

Danau Piramida, Amerika Serikat [image source]

Tapi jika menarik sejarah danau beberapa puluh atau ratus tahun lalu, keindahan danau ini akan terselimuti cerita mengerikan yang membuat bulu kuduk merinding. Konon, dahulu kala Danau Piramida dijadikan lokasi untuk membunuh bayi yang lahir cacat atau prematur. Kebiasaan ini dilakukan oleh suku setempat yang tinggal di dekat danau. Cerita tersebut sangat melegenda bahkan hingga kini ada saja yang menceritakan bahwa sering terdengar tangisan anak-anak di malam hari dari kawasan danau.

6. Crater Lake, Amerika Serikat

Tahun 1997, diberitakan bahwa muncul UFO melintas di kawasan danau Crater. Bahkan jauh hari sebelum berita misterius tersebut beredar, danau yang terletak di Oregon, Amerika Serikat ini telah kental dengan cerita bahwa danau tersebut menjadi lokasi pembuangan mayat. Tak pelak banyak orang yang enggan untuk berkunjung ke sana.

crater-lake

Crater Lake, Amerika Serikat [image source]

Tapi kini cerita tersebut hanya menjadi pemanis saja yang membuat wisatawan justru penasaran dan datang langsung untuk membuktikannya. Crater Lake yang juga merupakan nama dari sebuah Taman Nasional di Oregon ini tercatat sebagai taman nasional tertua kelima di Amerika yang kini menjadi tujuan wisata yang cukup banyak dikunjungi.

7. Danau Cameron, Kanada

Satu lagi danau paling misterius dengan cerita masa lalu yang kelam adalah Danau Cameron. Datanglah ke Kanada untuk melihat langsung danau ini dan rasakan kemistisannya. Keindahan panorama sekitar sontak menjadi sampul yang senantiasa menutupi apa yang ada di dalam danau.

cameron

Danau Cameron, Kanada [image source]

Selama bertahun-tahun, di bawah danau sedalam 600 meter tersimpan bangkai pesawat lengkap dengan penumpangnya. Tidak ada penjelasan kenapa pesawat nahas beserta penumpangnya tersebut tidak dievakuasi hingga kini. Selain itu kabar tentang adanya hewan raksasa yang tinggal di dalam danau turut membuat Danau Cameron yang cantik terlihat mistik.

8. Danau Dendam Tak Sudah, Indonesia

Yang terakhir ada di negeri sendiri, namanya Danau Dendam Tak Sudah. Danau yang berada di Bengkulu ini memiliki kisah yang menyedihkan di masa lalu. Sesuai dengan namanya, danau ini merujuk pada sebuah kisah yang dialami muda mudi yang sedang jatuh cinta namun tidak direstui orang tua si gadis.

dendam-tak-sudahDanau Dendam Tak Sudah, Indonesia [image source]

Karena saking cintanya dan mereka telah berjanji sehidup semati maka mereka nekad untuk bunuh diri dengan cara tenggelam di danau tersebut. Sejak kejadian itu, kabarnya di dalam danau hidup sepasang lintah raksasa yang dianggap sebagai penjelmaan muda-mudi tersebut.

Itu hanya sebagian dari danau-danau cantik di dunia yang memiliki sejarah yang kelam. Mungkin ada danau lain di sekitar Anda yang juga memiliki masa lalu yang mengerikan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *