Melihat Keindahan Alam Bawah Laut Manado di 4 Spot Diving Terkerennya

Jika Anda mengira bahwa Bunaken adalah satu-satunya spot diving keren di Manado maka Anda salah besar. Bunaken memang spot menyelam dan snorkeling yang bagus dan paling terkenal di Manado bahkan sampai ke luar negeri. Namun selain Bunaken setidaknya masih ada tiga spot keren menyelam lainnya yang ada di Manado.

Mengutip dari situs Visit Manado, ada empat spot diving yang menjadi tujuan para penyelam berbagai negara. Tak hanya Bunaken, ada nama lain seperti Bangka dan Sangihe Talaud yang juga memiliki alam bawah laut yang dahsyat. Berikut 4 spot diving paling keren di Manado.

1. Bunaken

Sudah tentu Bunaken berada di urutan pertama sebagai spot diving paling keren dan mendunia. Keindahannya mempu membuat diver manapun kepincut. Lokasinya berada di Taman Nasional Bunaken sekitar 45 menit perjalanan laut dari Pelabuhan Manado yang artinya Anda harus naik feri untuk menuju ke sana.

bunaken

Taman Bawah Laut Bunaken [image source]

Perairan di Bunaken sangat jernih dengan tingkat visibilitas yang tinggi pada kisaran 20-40 meter. Jadi saat berada di perairan dangkal Anda akan dengan mudah melihat dasar laut dari permukaan tanpa harus menyelam. Kawasan Taman Laut Bunaken menyimpan 13 jenis terumbu karang dan 91 spesies ikan. Jadi tak perlu disangkal lagi mengapa Bunaken bisa menjadi spot menyelam yang mendunia. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada bulan Mei hingga Oktober.

2. Bangka

Beranjak ke Pulau Bangka, di sana juga terdapat banyak spot menyelam yang keren. Perjalanan menuju ke Pulau Bangka membutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Manado. Di spot menyelam Bangka Anda bisa bertemu dengan ikan duyung.

bangka

Taman Bawah Laut Bangka via Pariwisata Indonesia

Selain di Pulau Bangka, spot diving keren lainnya dapat ditemui di sekitar Pulau Talise, Kinabohutan, Tindila, Gangga, dan Tamperong. Di Pulau Bangka sendiri spot menyelam yang ciamik terbagi menjadi beberapa wilayah antara lain bernama sekitar Pulau Talise, Kinabohutan, Tindila, Gangga, dan Tamperong. Banyak pilihan deh jika mau menyelam di perairan Bangka.

3. Lembeh

Membahas tentang keindahan alam bawah laut Manado tak lengkap rasanya jika tak memasukkan Pulau Lembeh ke dalam daftar. Di pulau terdapat kekayaan biota bawah laut Indonesia dan yang paling unik adalah perairan Lembeh menjadi rumah bagi berbagai spesies laut yang tidak biasa. Di dalam perairan Lembeh Anda bisa melihat pygmy seahorse, mandarin fish, emperor shrimp, bumblebee shrimp, boxer crab, nudibranch, dan aneka hewan laut keren lainnya. Kerennya lagi pulau Lembeh memiliki 88 spot diving yang siap dijelajahi.

lembeh

Pulau Lembeh via www.azwisata.com

Datanglah pada bulan Juni hingga September, itu adalah waktu terbaik mengunjungi Lembeh. Jika Anda tidak bisa menyelam ataupun berenang Anda bisa bersantai di pantai sambil menikmati keindahan laut dari pinggir. Atau Anda bisa juga berkeliling pulau dengan menyewa perahu nelayan. Mengelilingi pulau membutuhkan waktu hingga 3-4 jam.

4. Sangihe Talaud

Sedikit melipir dari Kota Manado, ada Sangihe Talaud. Tempatnya berada sekitar 220 kilometer dari pusat kota Manado dan butuh 11 jam perjalanan darat dan laut untuk mencapai lokasi. Namun perjalanan panjang akan setimpal dengan apa yang Anda dapatkan di sana. Pernah membayangkan menyelam di atas gunung berapi bawah air? Ya, Sangihe Talaud adalah tempat yang tepat untuk melakukan itu.

sangihe

Sangihe Talaud via thirdbali.blogspot.com

Sangihe Talaud berisi pulau-pulau kecil dengan perairan yang sangat jernih. Masuk ke dalam lautnya ada pemandangan yang eksotis dan tidak dapat ditemukan di spot diving lainnya dalam daftar ini. Keunikan itu berada pada hadirnya gunung api bawah laut yang menciptakan gelembung-gelembung udara dari dasar laut. Ini sangat keren apalagi dipadu dengan ikan warna-warni yang berlalu lalang di sana.

Jika jalan-jalan ke Manado dan diving adalah kegiatan utama yang ingin Anda lakukan maka menjelajahi empat spot diving tersebut sangat layak untuk Anda coba. Namun jangan lupa pula untuk mengecek jadwal waktu terbaik untuk berkunjung di masing-masing spot sebab ini juga berpengaruh terhadap keberhasilan dan kepuasan menyelam Anda. Selamat menjelajahi Manado.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *