10 Hal Ajaib yang Benar-Benar Ada di Bumi, Anda Akan Sulit Mempercayainya

Alam memang begitu indah dan menakjubkan. Terkadang alam menciptakan suatu keajaiban yang benar-benar sulit untuk diterima akal sehat namun benar-benar nyata terjadi. Seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari, kadang orang mengalami beberapa hal gila yang membuatnya selalu memikirkan tentang kejadian itu. Alam pun juga begitu, banyak hal menakjubkan yang membuat manusia sulit untuk percaya padahal semuanya itu nyata.

Air terjun darah di Antartika, hutan bawah air di Kazakhstan dan air laut yang bersinar di Maladewa adalah beberapa keajaiban alam yang sulit untuk dipercaya. Masih banyak lagi keajaiban lainnya yang terjadi di bumi, inilah 10 hal ajaib di bumi yang sulit untuk dipercayai.

1. Air Terjun Darah, Antartika

Di Antartika memiliki sebuah fenomena alam yang ajaib dan terkesan menyeramkan yaitu air terjun darah. Sesuai dengan namanya, air terjun yang berada di gletser Taylor, McMurdo Dry Valleys, Antartika ini mengalirkan air yang berwarna merah seperti darah.

air-terjun-darah

Air Terjun Darah [image source]

Fenomena ini memang sulit untuk diterima akal sehat namun para ilmuwan memiliki penjelasan ilmiah tentang kejadian ini. Ternyata jutaan tahun lalu lokasi air terjun darah itu merupakan danau purba yang kemudian tertutup air laut saat permukaan air laut meninggi dan membeku di atasnya. Di bawah permukaan es, miliaran mikroorganisme tetap hidup dengan pasokan oksigen yang rendah sehingga menyebabkan melimpahnya kandungan zat besi di danau purba. Inilah yang membuat air terjun tersebut berwarna merah darah.

2. Pohon Kayu Putih Pelangi, Kailua, Hawaii

Eucalyptus deglupta dikenal sebagai rainbow eucalyptus atau pohon kayu putih pelangi biasanya ditemukan secara alami di New Britain, New Guinea, Seram, Sulawesi dan Mindanao. Uniknya pohon ini berbeda dengan pohon lainnya, kulit pohon ini berwarna pelangi alias colorfull.

eucalyptus

Pohon Kayu Putih Pelangi [image source]

Kulit berwarna-warni adalah fitur yang khas dari pohon jenis ini. Seperti halnya yang terdapat di Kailua, Hawaii, di sana juga terdapat pohon jenis ini yang menjadi rebutan para fotografer dunia. Pohon kayu putih pelangi ini bisa melepaskan kulitnya dan menampilkan warna yang berbeda-beda seperti hijau, biru, oranye dan merah marun.

3. The Wave, Arizona, Amerika Serikat

Keajaiban alam berikutnya akan membawamu seolah-olah sedang berada di planet lain. The Wave begitulah tempat ini dinamakan. The Wave adalah suatu formasi batuan merah bergelombang yang terletak di perbatasan antara Arizona dan Utah, Amerika Serikat.

the-wave-arizona-woe3-690x425

The Wave, Arizona [image source]

Tempat ini menjadi favorit fotografer-fotografer dunia karena memiliki keunikan tersendiri. Meski gambarnya sudah sering digunakan sebagai wallpaper desktop namun ternyata tempat ini belum begitu populer karena lokasinya yang hanya bisa diakses dengan jalan kaki sejauh 5 kilometer. Jika Anda sedang berada di Amerika tidak ada salahnya mampir ke sini.

4. Pantai yang Berkilau, Pulau Vaadhoo, Maladewa

Anda percaya jika air laut bisa menyala? Inilah keajaiban yang ada di pantai Pulau Vaadhoo, Maladewa. Pantai di sana bisa mengeluarkan sinar membuat bibir pantai menjadi berkilauan layaknya langit yang penuh taburan bintang berkerlap-kerlip.

vaadhoo-maldives

Vaadhoo, Maladewa [image source]

Penyebab terjadinya fenomena langka nan aneh ini adalah adanya mikroba laut yang disebut dengan fotoplankton yang mampu mengeluarkan sinar dari dalam dirinya. Jumlah yang sangat banyak dari mikroorganisme inilah yang merubah air laut menjadi berkilauan. Kejadian serupa juga pernah terjadi di Australia belum lama ini dan fenomena ini tidak terjadi secara terus menerus melainkan pada saat-saat tertentu.

5. Pilar Cahaya, Moskow

Pilar Cahaya merupakan sebuah fenomena cahaya yang menyalah dan mengarah ke langit membentuk seperti sebuah pilar. Penyebab utama dari terbentuknya pilar cahaya ini karena adanya pantulan cahaya dari kristal es di permukaan bumi. Fenomena ajaib ini biasa terjadi di daerah dekat kutub atau daerah lain di dekat es.

light-pillars

Pilar Cahaya. Moskow [image source]

Cahaya yang dipantulakn ini bisa berasal dari cahaya matahari, bulan atau pun lampu jalan. Biasanya pilar cahaya warna-warni ini terjadi saat musim dingin ketika salju atau es kristal memantulkan cahaya dari sumber yang kuat seperti matahari atau bulan.

6. Dataran Garam yang Memantulkan Bayangan Sempurna, Bolivia

Dataran garam atau Danau Garam sebenarnya adalah danau yang memiliki permukaan sedimen yang terdiri dari klorida, sulfat, nitrat dan unsur lainnya. Danau seperti ini terbentuk akibat terjadinya penguapan yang cukup tinggi dalam jangka waktu yang lama.

salar-de-uyuni-sea-of-salt-6

Salar de Uyuni, Bolivia [image source]

Dataran garam ini akan membentuk sebuah keajaiban yang menghipnotis orang. Seperti dataran garam Salar de Uyuni di Bolivia, siapa saja yang datang ke sana langsung dibuat melamun. Ini merupakan dataran garam terluas di dunia yang mencakup wilayah seluas 10.582 km persegi. Apa yang Anda lihat bukanlah air, ini adalah tanah yang tertutupi lapisan kerak garam sehingga memiliki sifat reflektif yang mampu memantulkan gambar dengan sempurna. Keren!

7. Cenote, Kolam Bawah Tanah, Meksiko

Alam tidak pernah berhenti memberikan keajaibannya dan kadang-kadang membuat manusia bingung bahkan sulit untuk mempercayainya. Seperti halnya mata air bawah tanah di Meksiko. Dikenal sebagai Cenote, merupakan lubang alami yang terbentuk karena runtuhnya batuan kapur di permukaan hingga akhirnya membentuk lubang yang memperlihatkan air bawah tanah yang jernih.

cenotes-mexico-36

Cenote, Meksiko [image source]

Meksiko terkenal sebagai rumah bagi ribuan cenote yang kebanyakan ditemukan di semenanjung Yucatan. Bahkan tercatat ada kolam bawah tanah yang memiliki kedalaman 160 meter dan membentuk dunia air tersendiri yang menyimpan berbagai spesies baru.

8. Petir Vulkanik

Fenomena alam yang ajaib berikutnya ini bisa terjadi di wilayah yang memiliki gunung berapi aktif. Petir Vulkanik atau populer disebut dengan badai kotor merupakan fenomena cuaca yang terjadi saat petir terbentuk dalam kepulan asap atau awan vulkanik.

petir-vulkanik

Petir Vulkanik [image source]

Menurut studi, petir vulkanik terbentuk karena adanya tabrakan antara abu vulkanik dengan batuan yang tersembur saat gunung meletus dan menciptakan listrik statis. Letusan gunung berapi juga melepaskan air dalam jumlah banyak yang dapat membantu menjadi bahan bakar badai ini.

9. Pohon Hantu, Pakistan

Banjir yang menimpa beberapa daerah di Pakistan beberapa tahun lalu menyimpan cerita menakjubkan tersendiri. Saat itu banjir menggenangi beberapa wilayah di sana yang membuat jutaan laba-laba migrasi ke pohon-pohon untuk menghindari banjir.

pohon-hantu

Pohon Hantu, Pakistan [image source]

Mereka memanjat dengan menggunakan jaring laba-laba mereka yang halus dan membuat rumah di sana. Hasilnya seperti yang nampak dalam foto di atas, pohon-pohon berubah menjadi seperti kepompong yang diselubungi jaring laba-laba pekat. Penduduk sekitar menyebutnya dengan pohon hantu.

10. Hutan Bawah Air, Danau Kaindy, Kazakhstan

Gempa yang besar selalu menyisakan kerusakan parah di permukaan bumi. Akan tetapi tidak semua yang hancur itu menjadi hilang, Sunken Forest misalnya, hutan bawah air yang tercipta karena gempa besar yang melanda Kazhakstan terlihat masih utuh hingga kini.

kaindy

Danau Kaindy, Kazakhstan [image source]

Hutan bawah air adalah bagian dari Danau Kaindy yang terletak di Pegunungan Tian Shan sekitar 129 kilometer dari kota Almaty. Danau ini terbentuk sebagai hasil dari longsoran batu kapur yang sangat besar yang dipicu gempa besar tahun 1911. Uniknya di dasar danau ini terdapat sisa-sisa hutan yang terlihat utuh dan tidak membusuk. Ajaib bukan? Adakah keajaiban alam di daerahmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *