Surga di Bawean, Gak Kalah Indah Dari Danau di Eropa

Terkadang karena terlalu fokus dengan danau-danau cantik di daerah lain yang wara-wiri di media sosial seringkali traveler tidak tahu jika daerahnya sendiri punya yang seperti itu. Seperti kasus Danau Kastoba ini, siapa yang menyangka coba jika danau keren ini ternyata ada di Gresik, kota yang selama ini dikenal sebagai daerah industri dengan pariwisatanya yang paling menonjol adalah ziarah makam wali.

Sudah saatnya kamu mengubah gaya travelingmu dari mengunjungi tempat-tempat mainstream menjadi “Si Bolang” sejati yang suka mengeksplorasi kekayaan alam yang masih tersembunyi. Beranilah untuk melipir lebih jauh kalau perlu menyeberangi lautan untuk menemukan tempat yahud. Kalau di Gresik kamu bisa menyeberangi lautan sejauh 120 km dan bertemu surga tersembunyi bernama Pulau Bawean.

bawean

Danau Bawean, Gresik, via Instagram

Pulau Bawean berada di tengah Laut Jawa yang masih termasuk di dalam wilayah Gresik. Pulau ini menyimpan sejuta pesona wisata yang belum begitu terjamah oleh manusia. Salah satunya adalah danau Kastoba yang terletak di tengah Pulau Bawean tepatnya berada di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak. Danau ini bisa kamu capai hanya dengan berjalan kaki menuju tengah pulau yang berupa dataran tinggi.

Selama perjalanan kamu akan melihat rerimbunan pohon yang telah berumur ratusan tahun dan dihuni oleh banyak spesies serangga endemik yang tidak ditemukan di daerah lain. Bahkan jika beruntung kamu juga akan bertemu dengan Rusa Bawean, spesies endemik yang menjadi maskot Kabupaten Gresik. Setelah melintasi jalan setapak, kamu akan dihadapkan hamparan luas Danau Kastoba.

kastoba

Berenang adalah kegiatan menyenangkan di Danau Kastoba, via Instagram

Danau Kastoba memiliki nama yang mirip-mirip dengan danau Toba di Sumatera Utara, dan bukan sengaja pula jika keindahan kedua danau ini bisa disejajarkan. Danau Kastoba telah menjadi bagian dari Cagar Alam sejak tahun 1979 sehingga menjamin alamnya tetap alami karena terlindungi. Kamu yang berlibur ke sana boleh menikmati dengan berenang atau mandi tapi jangan sampai mengotori. Sampah yang kamu bawa wajib kamu bawa kembali untuk dibuang ditempat semestinya.

Kamu akan mendapatkan suasana yang tenang dan damai selama di danau seluas 725 hektar ini. Lokasinya yang berada di atas bukit membuat udara sekitar terasa sejuk, otomatis kamu akan betah berlama-lama di sana. Air danau ini juga cukup jernih jadi saat berenang kamu bisa melihat dengan jelas ikan berenang kesana kemari. Ada lagi satu mitos tentang danau Kastoba, konon airnya bisa bikin awet muda. Wah kamu harus mencoba untuk membuktikannya!

danau-kastoba

Keindahan Danau Kastoba, via Instagram

Menemukan tempat-tempat baru yang masih jarang dikunjungi dan turut andil berpromosi memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Namun kamu juga memiliki tanggung jawab atas kelestarian tempat wisata tersebut. Jangan sampai meninggalkan prinsip traveler sejati yaitu traveler yang tidak pernah mengambil apapun kecuali foto, tidak pula meninggalkan apapun kecuali jejak dan kenangan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *