Ini Dia Gereja Ayam di Magelang Menggegerkan Media Internasional

Di dalam negeri nama bangunan gereja ini tidak begitu populer sebelumnya hingga media internasional membicarakannya secara serentak. Barulah orang-orang tahu jika di Magelang terdapat gereja yang bangunannya mirip dengan ayam. Gereja ini disebut dengan Gereja Ayam. Penasaran bagaimana cerita dibalik pembangunan gereja unik ini?

Gereja Ayam terletak tidak jauh dari tempat wisata terkenal Candi Borobudur. Dua situs ini hanya dipisahkan jarak sekitar 2,5 kilometer saja. Gereja berada di Desa Gombong, Magelang. Gereja tersebut menjadi perbincangan hangat di berbagai media asing seperti Daily Mail, Huffingtin Post hingga Oddity Central.

gereja-ayam

Gereja Ayam [image source]

Dilansir Indonesia Flight dari berbagai sumber, mestinya gereja setengah jadi ini dibangun tidak untuk menyerupai hewan ayam melainkan merpati. Sang inisiator sendiri adalah Daniel Alamsjah, seorang kristiani yang bekerja di Jakarta. Pada suatu ketika ia bermimpi mendapat pesan dari Tuhan untuk membuat rumah ibadah dengan bentuk seperti merpati.

gereja-ayam

Gereja Ayam, Magelang [via Instagram]

Dari mimpi tersebut kemudian ia membangun gereja di tengah hutan dan diatas bukit di Desa Gombong, Magelang. Kejadian ini terjadi di tahun 1989,ketika itu ia jalan-jalan berkeliling Magelang dan tidak sengaja melewati kawasan bukit tersebut yang menurut dia sama dengan tempat yang ada di mimpinya. Selanjutnya ia memutuskan untuk membangun rumah ibadah tersebut di sana.

Namun sayang sebelum proses pembangunannya rampung banyak gelombang protes dari warga karena mereka khawatir terjadi kristenisasi besar-besaran di sana. Padahal menurut Daniel ia tidak membangun gereja melainkan rumah ibadah yang bisa digunakan untuk semua orang yang percaya kepada Tuhan. Atas kejadian tersebut, pembangunan pun mandek dan menyisakan sebuah bangunan kosong yang mangkrak tak terurus.

gereja-ayam-bagian-dalam-gereja-01Bagian dalam Gereja Ayam [image source]

Puluhan tahun berselang, keberadaan bangunan ini tercium media asing dan menjadi pemberitaan hangat di luar negeri. Dampaknya dapat dilihat hari ini, ratusan traveler yang penasaran mencari informasi keberadaan bangunan ini dan berkunjung ke sana untuk menyaksikannya langsung. Anda tidak penasaran ingin ke sana juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *