4 Alasan Mengunggah Foto Tiket Perjalanan di Sosmed Adalah Tindakan Ceroboh

Saking senangnya mau jalan-jalan kadang membuat traveler melakukan hal-hal di luar nalar seperti pamer tiket pesawat dengan cara mengunggah gambarnya di sosial media. Mereka tidak sadar jika banyak kejahatan yang bermula dari dunia maya dan mungkin saja ia menjadi salah satu target kejahatan karena postingan tiket yang ia unggah di internet.

Di dalam sebuah tiket pesawat terdapat data diri dan daerah tujuan yang akan dikunjungi. Jika ada oknum yang nakal, bisa saja menggunakan data tersebut untuk melakukan hal-hal tidak menyenangkan yang ujung-ujungnya merugikan kamu sendiri. Oleh karena itu setidaknya ada 4 alasan mengapa mengunggah foto tiket di sosial media itu adalah tindakan yang ceroboh. Kamu harus menghindarinya.

1. Sejumlah Data Penting Pada Tiket yang Kamu Posting Bisa Disalahgunakan Orang

Situs sosial media terhubung dengan internet itu artinya apa saja aktivitas yang kamu lakukan di sana bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Foto yang kamu upload secara otomatis juga akan bisa dilihat siapa saja yang menggunakan internet. Padahal tidak semua pengguna internet itu orang baik semua, bisa jadi ada salah satu dari mereka yang memiliki niat jahat dan memanfaatkan data penting yang ada di foto tiket yang telah kamu unggah.

london-boarding-pass

Sejumlah Data Penting Pada Tiket yang Kamu Posting Bisa Disalahgunakan Orang [image source]

Perhatikan, tiket pesawat selalu berisi nama lengkap serta jadwal dan kode penerbangan. Data ini bisa saja disalahgunakan orang untuk melakukan tindak kejahatan. Bayangkan secara tidak langsung kamu memberitahu kemana kamu akan pergi pada semua orang. Atau kasus sepele yang tak kalah merugikan adalah orang bisa iseng mengaku sebagai kamu dan mengubah itinerary. Kalau terjadi bisa berabe bukan?

2. Tiket Mencantumkan Identitas Diri

Setiap tiket dilengkapi dengan identitas diri dari calon penumpang. Memang tidak lengkap seperti Kartu Tanda Penduduk namun cukup dengan mengetahui nama lengkapmu, seseorang yang punya niat jahat sudah bisa memanfaatkannya untuk melakukan tindak kejahatan. Seseorang bisa saja mengaku sebagai kamu dan memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan kotor.

identitas-diri

Tiket Mencantumkan Identitas Diri [image source]

Sebuah contoh, misalnya seseorang mencatut namamu dan membuat akun palsu yang bisa digunakan untuk melakukan aksi penipuan. Terlebih jika kamu adalah orang yang memiliki jabatan strategis dalam sebuah perusahaan. Akan sangat menguntungkan bagi pelaku kriminal untuk menggunakan namamu sebagai alat tipu. Maka berhati-hatilah dalam mengunggah sebuah dokumen yang mencantumkan data diri termasuk tiket pesawat.

3. Dalam Tiket Ada Daerah Tujuan Yang Berarti Kamu Memberitahu Posisimu

Ini hal yang paling tidak kamu sadari saat mengunggah tiket di media sosial. Disana tertulis kemana tujuanmu pergi jadi secara otomatis orang-orang akan tahu keberadaan dirimu. Dengan begitu bisa saja akan datang banyak masalah yang membuat liburanmu makin tidak asyik.

passport

Dalam Tiket Ada Daerah Tujuan Yang Berarti Kamu Memberitahu Posisimu [image source]

Contoh yang paling sepele misalnya teman-teman kamu tahu kemana kamu akan berlibur lewat foto tiket yang kamu unggah. Bukan tidak mungkin mereka akan berbondong-bondong minta dibelikan oleh-oleh dan berbagai hal lainnya. Atau contoh yang paling mengerikan, bisa saja ada orang jahat yang sudah menunggumu di negara tujuan karena tahu kamu akan datang ke sana. Yang pasti semakin banyak yang tahu kamu pergi kemana, dijamin deh liburanmu akan jauh dari kata menyenangkan.

4. Postingan Tiket di Sosmed Bisa Mengundang Kejahatan

Kejahatan yang mungkin menimpamu akibat dari memposting foto tiket di media sosial tidak hanya terjadi di tempat tujuan namun juga di tempat tinggalmu. Secara logika, dengan mengetahui kapan kamu pergi berlibur bisa saja ada orang yang memiliki niat jahat untuk menyambangi rumah kosong yang kamu tinggalkan tersebut.

postingan-tiket-di-sosmed

Postingan Tiket di Sosmed Bisa Mengundang Kejahatan [image source]

Perlu traveler ketahui bahwa setiap kejahatan itu datang bukan hanya karena ada niat dari pelakunya tapi juga karena ada kesempatan. Kamu memposting foto tiket secara tidak langsung kamu juga ikut memberi kesempatan pada pelaku kriminal untuk berbuat jahat. Pada intinya banyak celah yang bisa dimanfaatkan orang lain saat foto tiket kamu upload di media sosial. Alangkah baiknya demi keamananmu, hal tersebut tidak perlu kamu lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *