Buleleng Dive Festival 2016, Suguhan Bawah Laut Bali yang Wajib Kamu Intip

Bali memang tempatnya sejuta festival yang seru dan menarik. Salah satu yang ditunggu-tunggu dan sebentar lagi akan digelar adalah Buleleng Dive Festival. Dari sebutannya saja, kamu mungkin sudah bisa menebak jika acara utamanya adalah menyelam dan menyingkap keindahan bawah laut. Selama ini, Buleleng dikenal sebagai tempat dengan wisata yang lengkap. Di darat kamu bisa melihat air terjun , hingga desa-desa tradisional dengan segala tradisi dan budayanya. Namun di laut, kamu akan melihat terumbu karang dengan berbagai biota keren.

Buleleng juga menjadi pusat keramaian dengan ibu kotanya yaitu Singaraja. Dari kawasan berbentuk  kabupaten tersebut kamu bisa bertualang menuju Jembrana, Karangasem, Bangli, Tabanan, hingga Badung di bagian selatannya. Namun sebelum itu, sempatkan untuk ambil bagian dalam Buleleng Dive festival 2016. Keseruan apa saja yang akan kamu dapatkan? Berikut ini ulasannya.

1. Untuk Mengembangkan Potensi Wisata di Buleleng

Ada banyak cara untuk mengenalkan sebuah tempat wisata, namun tidak semuanya menunjukkan hasil yang memuaskan. Selain keindahan alam, juga harus ada magnet yang kuat agar sebuah tempat wisata dibanjiri oleh pengunjung. Magnet tersebut bisa berupa festival. Bentuk dan konsep acaranya bisa bermacam-macam yang pasti untuk menyenangkan dan membuat para pengunjung jadi senang. Di Buleleng sendiri ada beberapa festival rutin. Salah satunya adalah kegiatan menyelam skala besar.

bahari-buleleng

Wisata bahari Buleleng [image source]

Berbagai pihak memiliki harapan kuat agar potensi wisata di Buleleng terus berkembang dengan adanya festival seperti itu. Para pengunjung yang datang akan ramai membicarakan tentang keindahan alam Buleleng. Semakin banyak yang datang, maka kesempatan untuk mengenalkan Buleleng sebagai destinasi wisata andalan akan semakin terbuka lebar.

2. Menarik Wisatwan Mancanegara

Mengintip keindahan bawah laut adalah daya tarik dan tantangan yang akan selalu membuatmu penasaran jika belum mencobanya. Sekalipun sudah, kamu akan ketagihan melakukannya lagi dan lagi. Nggak percaya? Coba saja buktikan sendiri dengan ikut serta Buleleng Dive festival tahun ini. Ada promosi besar-besaran, tidak hanya di dalam negeri saja, tapi juga sampai ke beberapa wilayah negara lain.

diving-buleleng

Penyelam [image source]

Akibatnya, banyak wisatawan mancanegara tertarik untuk ambil bagian dalam menyibak pesona bahari di Buleleng. Jika kamu juga suka menyelam, jangan sampai melewatkannya. Kamu akan bertemu dengan para penyelam-penyelam mulai dari pemula hingga yang profesional dari berbagai negara seperti Norwegia, Swedia, dan Prancis.

3. Sekilas Buleleng Dive festival Tahun 2015

Menyadari tentang potensi wisata di Buleleng, maka pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dibantu berbagai pihak menggelar Buleleng Dive Festival pertama kali tahun 2015. Acaranya berskala internasional dan diikuti oleh penyelam dari berbagai negara. Kegiatannya tidak hanya seputar menyelam dan melihat terumbu karang saja, tapi juga merawat dan melestarikan lingkungan.

bbdf

Buleleng Bali Dive Festival [image source]

Rumah-rumah buatan sebagai perlindungan ikan juga akan ditenggelamkan di area selam Buleleng. Lokasi yang dipilih untuk festival tahun kemarin berada di kawasan Pantai Pemuteran karena pantai itu memiliki area terumbu karang yang cantik. Selain itu aparat dari jajaran TNI Angkatan Laut juga melakukan atraksi terjun payung, keren sekali pokoknya. Lalu bagaimana dengan acara tahun ini?

4. Kembali Degelar Tahun Ini

Setelah mengalami kesuksesan pada tahun kemarin dan pariwisata di Buleleng semakin membahana, maka pihak penyelanggara ingin kembali mengulang keberhasilan tersebut. Tentu kondisi biota laut dan terumbu karang jadi lebih cantik dari hari ke hari, kamu nggak akan menyesal hadir di  Buleleng Bali Dive Festival (BBDF) yang rencananya akan digelar pada 23 hingga 26 Oktober mendatang. Masih lama memang, namun kamu harus mempersiapkan berbagai hal seperti transportasi, hingga penginapan. Karena mendekati pelaksanaan festival sebagian besar penginapan di Buleleng sudah dipesan.

pantai-pamuteran

Pamuteran Bay [image source]

Lagi-lagi Desa Pamuteran dipilih kembali menjadi tuan rumah BBDF, memang keindahan taman lautnya begitu keren dan susah kamu dapatkan di tempat lain. Sama seperti sebelumnya, BBDF juga memiliki misi penting untuk mengenalkan manfaat dari konservasi terumbu karang. Tidak hanya menyelam, kamu akan dihibur dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya seperti Parade Seni Bawah Laut, hingga Lokakarya Konservasi Terumbu KarangDalam acara tersebut juga akan dilakukan pelepasan patung Bedawang Nala yaitu sosok yang menjadi ikon BBDF 2016

Itulah beberapa ulasan tentang Buleleng Dive Festival 2016. Yuk segera tandai kalendermu dan pesiapkan perjalanan menuju Buleleng 23 Oktober mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *