Berburu Keindahan di Lhokseumawe, Wisatanya Keren-keren

Lhokseumawe adalah daerah pesisir utara Aceh yang ramai dengan berbagai aktivitas. Kota tersebut juga memiliki nilai sejarah dan peran yang cukup penting bagi Aceh. Jika kamu memiliki rencana untuk liburan ke sana, maka sebaiknya kamu melakukan persiapan terlebih dahulu agar kegiatanmu bisa berjalan dengan baik dan seru.

Ada beberapa tempat wisata keren di Lhokseumawe. Mungkin sebagian sudah pernah kamu dengar dan akrab di telingamu. Jangan cuma keliling pusat kotanya saja, coba sesekali melancong sampai ke pantai-pantainya. Di sana ada pelabuhan yang ramai dengan kapal-kapal atau mungkin menikmati kesejukan udara dari atas bukit. Biar kamu nggak penasaran, simak ulasannya berikut ini.

1. Dermaga Pertamina Lhokseumawe

Ada sejuta pesona di Lhokseumawe, menemukan keindahan di salah satu kota Aceh ini nggak begitu sulit. Kamu bisa menuju ke arah pantai dan menikmati senja di kala matahari akan terbenam. Cahayanya yang kemerahan akan membias di lautan yang begitu tenang. Semilir angin tipis-tipis juga akan menerpa kulit wajah dan tubuhmu, membawa aroma laut yang begitu khas. Nuansa seperti itu bisa kamu dapatkan jika datang ke kawasan Dermaga Pertamina Lhokseumawe. Letaknya ada di pantai utara Aceh, dilengkapi dengan jembatan di atas laut. Dari video di atas, kamu bisa menyaksikan bagaimana keindahan salah satu pelabuhan penting di Lhokseumawe tersebut. Selain nyantai, kamu juga bisa berburu kuliner di sekitarnya.

dermaga-pertamina

Dermaga Pertamina

2. Waduk Pusong

waduk-pusong

Waduk Pusong

Lhokseumawe banyak menyuguhkan wisata air, setelah dermaga yang keren, kali ini ada waduk. Kamu bisa melihat sebuah hamparan perairan menyerupai laut atau danau yang luas dikelilingi oleh pemukiman yang asri. Warga setempat menyebutnya dengan nama Waduk Pusong. Di waktu tertentu, waduk tersebut digunakan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda. Sampai sekarang pun, pemandangan seperti itu akan kamu temukan di sekitar waduk, terutama saat malam hari. Momen paling keren yang muncul di Waduk Pusong adalah ketika sunset. Ada jalur yang bisa kamu gunakan untuk joging di pagi atau sore hari. Di sepanjang jalur tersebut, terdapat penjual makanan dan minuman. Mampir saja sebentar untuk bersantai dan memandang gedung Islamic Center di kejauhan.

3. Waduk Jeulikat

waduk-jeulikat

Waduk Jeulikat

Waduk Jeulikat berada di lereng bukit yang hijau, nampak seperti lembah asri dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Saat hari libur, waduk akan dipenuhi oleh wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati udara yang sejuk. Letak waduk tersebut berada di Gampong Jeulikat, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe. Fasilitasnya cukup lengkap dengan gazebo-gazebo untuk berteduh. Selain itu, jika kamu ingin menyebarangi waduk, bisa menyewa perahu atau rakit. Di bagian tengahnya terdapat air mancur, membuat penampilan waduk jadi makin oke.

4. Pelabuhan Krueng Geukueh

pelabuhan-krueng

Pelabuhan Krueng

Jangan cuma berdiam di rumah saja, yuk langkahkan kakimu untuk jalan-jalan keliling Lhokseumawe. Dermaga Pertamina  itu bukan satu-satunya tempat keren di Lhokseumawe lho. Jika kamu ingin melihat kapal-kapal besar di pinggir pantai bisa datang ke Pelabuhan Krueng Geukeuh. Tempat ini saat ini menjadi sektor penting dan pusat kegiatan ekonomi. Berbagai pengiriman barang dengan kapal juga dilakukan dari pelabuhan ini. Begitu juga barang-barang yang masuk ke Aceh juga banyak yang lewat Krueng Geukeuh. Kapal-kapal dan perahu sudah seperti pernak-pernik yang membuat bibir pantai jadi semakin indah.

5. Pantai Rancong

pantai-rancong

Pantai Rancong

Pantai Rancong berada di sebuah pulau yang keren dengan hamparan pasir dan ombak menggulung cantik. Saat ini sebutan yang lebih akrab di telinga masyarakat setempat adalah Pantai Seumadu. Nama tersebut mulai dikenal setelah ada warung di pantai bertajuk Seumadu. Bukan hanya pantainya saja yang bisa kamu nikmati, tapi kuliner khas seperti Mie Aceh jadi andalan di Rancong. Ada juga fasilitas lain seperti akomodasi untuk kamu yang ingin bermalam di Rancong, seru sekali kan?

6. Buket Paloh Batee

buket-paloh

Buket Paloh

Buket Paloh Batee adalah hamparan keindahan di Aceh yang akan membuatmu tertegun. Setelah sampai di puncaknya, kamu akan puas banget melihat pemandangan alam Lhokseumawe yang begitu eksotis. Di kejauhan, bukit-bukit lain menjulang tinggi ditutupi tumbuhan dan pepohonan yang hijau dan rindang. Saat ini, Bukit Paloh cukup terkenal sebagai lokasi foto. Penampakannya banyak muncul di sosial media seperti Instagram, membuktikan jika Buket Paloh Batee memang memiliki panorama indah.

7. Pantai Ujong Blang

ujong-blang

Pantau Ujong Blang

Pantai Ujong Blang menawarkan pengalaman mantai yang seru. Dari mulai berenang hingga mengarungi lautan dengan boat bisa kamu lakukan di Pantai Ujong Blang. Tentu saja yang menjadi daya tarik utama di tempat ini adalah pemandangannya yang super keren. Untuk sampai di Pantai Ujong Blang, kamu harus menempuh perjalanan menuju Kecamatan Banda Sakti. Fasilitas untuk para pengunjung juga terbilang lengkap. Ada toilet dan penjual makanan, jadi kamu bisa lebih nyaman saat liburan di sana.

Itulah beberapa tempat wisata yang super keren di Lhokseumawe yang wajib kamu datangi. Semoga liburanmu mendatang bisa lebih seru dengan sedikit informasi di atas ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *