6 Bioskop di Luar Ruangan yang Membuat Liburanmu Makin Menyenangkan

Menonton film terbaru di bioskop menjadi salah satu agenda wisata yang menarik untuk dilakukan di kota-kota besar. Terlebih jika konsep bioskop tersebut adalah drive-inatau bahkan outdoor yang jelas akan memberikan suasana yang berbeda ketimbang menonton di di dalam ruangan. Jika di Indonesia pernah populer dengan film layar tancap di sebuah lapangan yang biasanya digelar dalam rangkaian acara tertentu, maka negara-negara ini juga memiliki bioskop luar ruangan yang eksis hingga saat ini.

Sebaiknya Anda menabung dari sekarang untuk bekal berkunjung ke negara-negara berikut ini. Di sana traveler bisa menemukan berbagai bioskop luar ruangan yang paling keren dan nyaman. Bahkan Anda akan terpesona dengan lingkungan sekitar dan tidak akan lagi komplin dengan jenis film yang diputar. Dikutip Indonesia Flight dari CNN Travel, inilah 8 bioskop luar ruangan paling keren di dunia.

1. Six Senses Ninh Van Bay, Vietnam

Six Senses Ninh Van Bay adalah resor yang terletak di sebuah teluk cantik yang memberikan sensasi seperti sedang berada di pulau sendiri. Tempat dimana resor ini dibangun dipenuhi dengan formasi batuan yang mengesankan dan menghadap ke arah timur laut dari Vietnam. Pantai pasir putih dan perbukitan yang menjulang menambah suasana bercumbu dengan alam kian intim.

six-sense

Six Senses Ninh Van Bay, Vietnam [image source]

Di resor ini pula tersedia bioskop luar ruangan yang ditempatkan pada sebuah dek untuk jamuan minum dan makan para tamu. Ada satu layar lebar yang selalu memutarkan film-film klasik yang tetap asyik untuk ditonton. Six Senses Ninh Van Bay sendiri adalah hotel mewah yang beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi. Terakhir, resor ini dianugerahi penghargaan sebagai hotel terbaik di Vietnam versi Travelers’ Choice 2015 dari TripAdvisor.

2. Sala Montjuic, Bercelona

Salah satu atraksi wisata musim panas terbesar di Barcelona adalah nonton film bareng di luar ruangan. Sala Montjuic menawarkan penduduk lokal dan juga wisatawan sebuah kesempatan langka yaitu menghabiskan malam yang indah sembari menonton film di luar ruangan. Setiap tahun mulai akhir Juni hingga awal Agustus, lapangan dari benteng Sala Montjuic yang berasal dari abad ke-17 dijadikan bioskop terbuka.

sala-montjuic

Sala Montjuic, Bercelona [image source]

Berbagai film kelas dunia hingga konser musik akan digelar bergantian di lokasi tersebut. Dari sana pula para traveler bisa melihat beberapa sisi kota Barcelona dari ketinggian hingga menikmati kerlip bintang di malam hari. Setiap hari Senin, Rabu dan Jumat, lapangan di dalam benteng tersebut disulap menjadi sebuah bioskop terbuka yang akan memutarkan aneka jenis film dari yang klasik hingga yang terbaru. Umumnya pemutaran film akan dilakukan mulai jam 10 malam waktu setempat.

3. Hollywood Forever Cemetery, Los Angeles

Pengalaman liburan dengan menonton film di tempat terbuka dapat Anda dapatkan saat berlibur ke Los Angeles, Amerika Serikat. Bukan hanya mendapatkan pengalaman menarik nonton layar tancap seperti di Indonesia saja namun penyajian bioskop terbuka ini menggunakan pemakaman sebagai lokasi pemutaran film.

hollywood-forever

Hollywood Forever Cemetery, Los Angeles [image source]

Acara ini diselenggarakan oleh Cinespia dan menempati kawasan pemakaman Hollywood Forever Cemetery. Pemutaran film di alam terbuka ini biasanya dilakukan pada bulan Mei hingga September. Dalam acara tersebut tidak hanya film-film Hollywood klasik saja yang diputar namun juga film-film produksi terbaru dan terlaris. Bahkan pada beberapa kesempatan akan hadir pula para pemain dan sutradara top ikut menonton.

Pihak penyelenggara menggunakan proyektor digital yang ditembakkan di dinding Katedral Mausoleum yang menjadi makam Rudolph Valentino dan sineas film legendaris lainnya. So, bagi Anda yang saat ini tengah berada di Los Angeles, bisa mampir ke tempat ini untuk nonton bareng. Jadwal film yang akan diputar juga bisa dicek di laman resminya Cinespia.

4. Cinekamari, Yunani

Selama puluhan tahun Pulau Santorini di Yunani menjadi magnet utama wisatawan untuk berkunjung ke negara tersebut. Namun di dalam pulau ini bukan hanya terdapat desa kuno di tebing pinggir laut yang mayoritas berwarna putih saja namun ada satu spot yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Cinekamari, sebuah bioskop luar ruangan yang keren.

cinekamari

Cinekamari, Yunani [image source]

Cinema Kamari atau lebih dikenal dengan sebutan Cinekamari ini telah berdiri sejak 18 tahun lalu dan hingga kini tetap setia memutarkan film-film keren dengan subtitel menggunakan bahasa Yunani. Konsepnya berada di alam terbuka di tengah kebun dengan panggung utama sebagai tempat proyektor. Hal ini mengadaptasi dari panggung teater kuno zaman Yunani kuno.

Dengan sound sistem yang bagus serta layar proyektor besar, taman ini berubah menjadi bioskop yang menarik untuk menghabiskan malam bersama teman atau kekasih. Film-film yang diputarkan pun bukan hanya film jadul saja, so tidak akan membuat bosan para pengunjung yang datang. Setiap hari bioskop ini buka mulai pukul 20.30 waktu setempat.

5. The Shooting Star RV Resort, Amerika

The Shooting Star RV Resort, nama tersebut mungkin sudah familiar bagi Anda yang pernah nonton film dari dalam mobil di Shooting Star Drive-In, Utah, Amerika Serikat. Ini adalah atraksi wisata yang sama hanya berubah nama karena pergantian pemilik. Dengan konsep yang baru ini setiap traveler tidak sekedar bisa menonton film dari dalam mobil saja namun juga bisa membawa mobil karavan dan berkemah di resort tersebut.

shooting-star

The Shooting Star RV Resort, Amerika [image source]

Bertempat di daerah Escalante, Utah sebuah resor perkemahan yang juga menyediakan bioskop di alam terbuka yang berbatasan langsung dengan Monumen Nasional Grand Staircase-Escalante. Dari sana traveler bisa menikmati suasana gurun yang tandus sembari nonton film di malam harinya. Tempat pemutaran film juga disetting dengan tema yang berbeda-beda diadopsi dari latar film-film klasik dari Hollywood.

6. Hot Tube Cinema, Inggris

Mungkin tidak pernah terfikirkan oleh Anda bisa nonton bioskop sambil berendam air panas, tapi di Inggris Anda bisa melakukannya. Hot Tube Cinema memiliki beberapa bioskop di alam terbuka dengan kolam air hangat sebagai kursi penontonnya. Jadi mereka yang datang akan menonton film sambil berendam di air hangat.

hot-tube

Hot Tube Cinema, Inggris [image source]

Beberapa tempat yang pernah digunakan untuk menggelar bioskop luar ruangan antara lain puncak gedung Hackney dan Netil360 di kota London. Lokasi yang digunakan memang berpindah-pindah namun Anda tetap bisa mencari tahu lewat situs resminya. Hot Tube Cinema juga tidak hanya beroperasi di Inggris saja namun juga ada di Amerika dan Ibiza. Setiap pemutaran film berlangsung disediakan 12 bak mandi berisi air hangat yang bisa diisi oleh 4-5 orang. Setiap traveler yang ingin bergabung harus membayar tiket sebesar 22 Poundsterling.

Konsep pemutaran film yang keren bukan! Indonesia sebenarnya pernah memiliki konsep seperti ini yang kita kenal dengan Layar Tancap. Namun kini eksistensinya mulai hilang dan sulit ditemukan. Mungkin di daerahmu masih ada?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *