5 “Negeri di Atas Awan” yang Ada di Pulau Jawa

Jika Anda pernah menonton film layar lebar, Everest, yang memperlihatkan keindahan alam ketika dilihat dari atas. Ada hamparan awan yang menutupi seluruh daratan dengan kilauan cahaya matahari yang menembus celah-celah dari ‘kapas putih’ tersebut.

Menjadi satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan jika Anda ingin menikmati keindahan seperti itu, selain melalui jendela pesawat terbang. Namun jangan berkecil hati, ada beberapa tempat wisata menarik di Jawa yang disebut dengan “Negeri di Atas Awan,” sebagai pengobat keinginan Anda untuk menikmati pemandangan hamparan awan dari atas tersebut.

Berikut ini adalah ‘Negeri-negeri di Atas Awan” yang ada di Jawa dan siap untuk Anda kunjungi.

1. Bukit Mbanyon

Berada di ketinggian sekitar 1.175 dpl, ketika berada di Bukit Mbanyon, pemandangan berupa hamparan awan yang menutupi daratan akan Anda dapatkan. Bukit Mbanyon yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan, Gandusari, Kabupaten Trenggalek dan juga dikenal dengan nama Bukit Cinta ini dapat dijadikan spot tepat ketika Anda ingin menikmati sunrise atau sunset.

bukit-mbanyon-image-source

Bukit Mbanyon [image source]

Untuk menuju tempat satu ini, Anda tidak perlu lagi bersusah payah atau berjalan kaki karena sudah ada akses yang dapat dilewati sepeda motor. Bahkan ‘Negeri di Atas Awan” Trenggalek yang sudah diresmikan sebagai destinasi wisata oleh pemerintah daerah setempat ini dapat dimasuki secara bebas tanpa pungutan biaya masuk alias gratis.

2. P-29

Memang Anda dapat menikmati pemandangan hamparan seperti awan berupa kabut yang menyelimuti padang pasir di sekitaran Gunung Bromo dari Tosari atau Penanjakan, akan tetapi akan menjadi satu pengalaman berbeda jika Anda menikmatinya dari P-29.

p-29

P-29 [image source]

Dari puncak P-29 yang berada di Dusun Pundak lembu, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo ini, pandangan mata Anda tidak akan terbentur dengan bukit atau gunung lain karena di tempat ini adalah titik tertinggi (sekitar 2.900 dlp) yang sangat tepat untuk menikmati pemandangan alam berupa hamparan awan yang sangat indah. Sayangnya, untuk mengunjungi tempat satu ini, dibutuhkan tenaga ekstra karena medan yang dilalui dapat menguras energi.

3. B-29

Selain dari puncak P-29, Anda juga dapat menikmati pemandangan berupa hamparan awan nan eksotis dari suatu tempat yang berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, sekitar 40 kilometer dari Lumajang, yaitu B-29.

b-29

B-29 [image source]

Seperti halnya ke puncak P-29, untuk menuju titik B-29, Anda diharuskan memiliki stamina ekstra karena akan ada banyak jalanan berliku sepanjang lereng Gunung Semeru dari arah Kecamatan Senduro. Setelah itu, Anda masih harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan menantang ke Desa Argosari. Dari desa tersebut, maka jalanan beraspal akan membawa Anda ke puncak B-29.

4. B-30

Masih di kawasan yang sama, yaitu Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Anda juga dapat menikmati pesona alam hamparan putih awan dari atas puncak B30. Untuk menuju tempat ini, Anda hanya perlu mengendarai sepeda motor dari arah puncak B-29 dengan waktu sekitar 15 menit saja.

b-30

B-30 [image source]

Jika lapar atau haus, Anda dapat membeli makanan atau minuman yang dijual di warung-warung yang didirikan oleh penduduk sekitar di areal B-30. Tentu saja, dikarenakan tidak ada tempat menjual makanan dan minuman lainnya, harga yang ditawarkan akan sedikit mahal dibandingkan dengan umumnya.

5. Dieng

Dieng memang terkenal dengan segala keeksotisan alamnya yang memikat para pengunjungnnya. Ada banyak pesona alam yang disediakan oleh alam Dieng, salah satunya adalah hamparan awan yang seperti terpecah oleh sinar matahari yang menyelimuti daratan jika Anda melihat dari atas.

dieng-image-source

Dieng [image source]

Selain pemandangan “Negeri di Atas Awan” Dieng ini, Anda juga dapat menikmati pesona alam lain seperti Golden Sunrise atau cahaya matahari terbit dari Bukit Sikunir sampai dengan mengunjungi komplek Candi Arjuna di Desa Dieng.

Jika Anda beranggapan bahwa pemandangan “Negeri di Atas Awan” hanya dapat ditemui di luar negeri saja, maka ubah pemikiran tersebut karena Indonesia juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang tak kalah menarik dari pesona alam eksotis yang ditawarkan oleh negara-negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *