Sumpah, Tempat di Semarang Ini Mirip Banget Dengan Grand Canyon di Amerika

Semarang lebih dikenal dengan julukan Little Netherland karena memiliki banyak bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih terawat dengan apik sehingga menimbulkan kesan seperti berada di salah satu kota yang ada di Negeri Kincir Angin. Namun alam di ibukota Jawa Tengah yang ada di pinggiran juga menyimpan kejutan lain. Yaitu sebuah kawasan bertebing yang menyerupai pemandangan di Grand Canyon Colorado, Amerika. Wow!

Brown Canyon, begitulah nama populer yang diberikan untuk kawasan yang berada 2 km selatan TVRI Jawa Tengah ini. Di kawasan ini terdapat tebing-tebing tinggi yang penampakannya terlihat serupa dengan Grand Canyon di Amerika Serikat dan menjadi tempat hits baru di Semarang untuk hunting foto sekaligus rekreasi.

brown-canyon

Brown Canyon, Semarang [image source]

Tebing-tebing ini tidak terbentuk secara alami seperti Grand Canyon melainkan terbentuk karena penambangan yang dilakukan manusia. Dahulu kawasan ini berupa bukit-bukit yang kemudian ditambang pasir serta batu cadasnya dan menyisakan sisa-sisa tebing seperti sekarang. Kalau traveler bertanya kepada warga sekitar alamat Brown Canyon kebanyakan tidak tahu karena tempat ini sebenarnya adalah Proyek Galian C yang lebih dari 10 tahun ditambang.

Waktu terbaik mengunjungi Brown Canyon adalah pada pagi atau sore hari. Selain memiliki pemandangan yang lebih indah, suasana siang hari di kawasan tambang ini sangat terik sebab tak ada satu pohon pun yang tumbuh di sana. Jangan lupa pula untuk membawa serta masker karena proses pertambangan yang masih berlangsung sehingga banyak debu yang beterbangan.

kawasan-tambang-brown-canyon

Kawasan Tambang yang berbentuk seperti Grand Canyon [image source]

Jadi tebing-tebing yang ada tersebut bukan sengaja disisakan karena penambang sadar akan nilai seni yang diciptakan dari sisa potongan bukit melainkan karena struktur tebing tersebut memang keras dan sulit untuk ditambang sehingga dengan terpaksa para penambang menyisakan tebing-tebing tersebut. Tapi begitulah, sisa tebing ini akhirnya malah menjadi surga fotografi para traveler dan juga fotografer.

Bagi yang tertarik hunting foto ke Brown Canyon disarankan untuk membawa motor gigi bukan matic, jika naik mobil sebisa mungkin tidak menggunakan sedan karena jalan yang dilalui cukup terjal. Traveler bisa mengambil Jalan Fatmawati (Pedurungan, Semarang Timur) menuju arah RSUD Kota Semarang. Lanjutkan perjalanan hingga menuju ke perumahan Klipang hingga ke kawasan Klipang Golf. Dari sana akan banyak truk berlalu lalang dari area pertambangan, Anda bisa mengikuti arah keluarnya truk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *